x

Iklan

Sherly Awalya

Mahasiswi UIN SMH BANTEN
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Sabtu, 1 April 2023 16:22 WIB

Perencanaan Strategi MSDI

Untuk memenuhi Salah Satu Tugas (UTS) Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr.H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM. CHCM.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PERENCANAAN STRATEGIK MSDI

 

1. Definisi Perencanaan Sumber Daya Insani

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perencanaan SDI merupakan kegiatan meramalkan kebutuhan masa depan untuk SDI. Dengan adanya prediksi ke depan maka organisasi dapat melakukan kegiatan rekrutmen dan seleksi personil. Perencanaan sumber daya insani adalah fungsi pertama dalam MSDI. Perencanaan didesain oleh perencana hingga mendapatkan rancangan yang telah ditentukan dan panduan dalam operasi serta menjadi alat kendali. Pendekatan perencanaan MSDI bisa menggunakan kombinasi teknik kualitatif maupun kuantitatif untuk mengidentifikasi dan memahami penyebab permasalahan SDI.

Perencanaan sumber daya insani merupakan hal penting karena dari perencaan ini ditentukan apa yang akan dilaksanakan, baik dalam jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka Panjang. Termasuk didalam pengelolaan sumber daya insani, perencanaan merupakan langkah strategis yang penting untuk merumuskan jumlah dan kualifikasi sumber daya insani yang dibutuhkan.

Jumlah dan kualifikasi yang tidak sesuai akan merugikan organisasi sebab jumlah yang berlebihan dan pemborosan dan sulit melakukan pengawasan, sedangkan jumlah yang kurang tidak sesuai menunjukkan bahwa organisasi tidak menempatkan orang yang cocok untuk suatu pekerjaan tertentu yang akan berdampak negatif dalam banyak hal. Keberhasilan penyusunan SDI secara komprehensif menjadi modal awal dan landasan pokok dalam melancarkan program kerja yang sesuai dengan sasaran dan tujuan sebuah Lembaga, organisasi maupun perusahaan.

 

B. Langkah dan Tingkat Perencanaan SDI Dalam perencanaan SDI, diperlukan langkah-langkah berikut untuk dilakukan oleh organisasi:

  1. Perencanaan didesain untuk masa depan
  2. Perencanaan didesain agar organisasi dapat melakukan adaptasi dengan keadaan masa depan
  3. Perencanaan didesain untuk menarik minat tenaga kerja potensial
  4. Perencanaan pengembangan didesain untuk menjamin keberlanjutan SDI berkualitas dan professional

 

C. Perumusan Strategi

Management mendefinisikan atau menegaskan visi misi dan nilai perusahaan dengan melengkapi arah strategi organisasi:

  1. Perumusan strategi diterjemahkan ke dalam tujuan strategis dan bagian kegiatan yang luas meliputi program proyek dan proses yang akan mencapainya
  2. Perumusan strategi menetapkan konteks bagi pendefinisian perencanaan operasi dan tujuan serta pengalokasian sumber daya melalui proses keputusan anggaran dan modal
  3. Unit tim maupun individual mendefinisikan rencana kegiatannya dengan tujuan kemampuan tertentu

 

D. Rencana Kegiatan SDI

Rencana kegiatan disebut dengan rumusan strategi merupakan perusahaan yang merencanakan suatu pelaksanaan yang memunculkan adanya hal yang menentang terhadap pelaksanaan perusahaan. Namun, dengan munculnya hal tersebut membuat suatu pemikiran terhadap rencana kegiatan yang tergabung dengan program-program skala utama beberapa tahun dan pertanggungjawaban untuk pengukuran-pengukuran hasil.

Oleh karena itu, perusahaan memberikan pilihan termudah dalam pelaksanaan (praktik) manajemen yang diterapkan terhadap kebutuhan yang dianggap perlu. Misalnya, memfokuskan pengembangan keterampilan manajemen dimasa depan dengan perencanaan perubahaan dan upaya untuk mendaftarkan secara bertahap.

 

#Quote Of The Day#

"Kita Melakukan hal buka karena nilai, melainkan karena butuh".

 

Ikuti tulisan menarik Sherly Awalya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu