x

Iklan

Siti Maemunah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Maret 2023

Kamis, 30 Maret 2023 12:23 WIB

Pelatihan Menulis Puisi di MTs Assa’idiyyah Cipanas

Artikel ini bentuk luaran dari pengabdian kepada masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

 

Pelatihan Menulis Puisi di MTs Assa’idiyyah Cipanas

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mahasiswa merupakan seorang yang sedang belajar di perguruan tinggi. Pada dasarnya makna dari mahasiswa tidak sesempit itu, tetapi menjadi mahasiswa mengandung pengetian lebih luas lagi. Sebagai mahasiswa tidak hanya mempelajari bidang yang ditekuni, tetapi juga mengaplikasikan bidang tersebut untuk mampu berinovasi dan berkreativitas tinggi serta menjadi agen pembawa perubahan. Mahasiswa sebagai seorang insan berintelektual harus berupaya mewujudkan status tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. Peran dan fungsi mahasiswa yaitu bergelut dengan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya dan memberikan perubahan yang lebih baik dengan intektual yang ia miliki tesebut.

Sejalan dengan peran dan fungsi mahasiswa, terdapat salah satu kegiatan yang dibentuk sebagai wadah untuk perwujudan bakti sosial mahasiswa kepada masyarakat, kegiatan tersebut adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM dibentuk bertujuan untuk menuangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa sebagai pemecah masalah yang didapat dalam kehidupan sosial. PKM menjadi salah satu kegiatan dalam tugas pokok dari perguruan tinggi sebagai bukti aksi sebagai mahasiswa sebagai peranan intektual.

Salah satu perguruan tinggi swasta yang melaksanakan kegiatan PKM sebagai salah satu perwujudan bakti sosial mahasiswa kepada masyarakat adalah Universitas Pamulang. Seluruh mahasiswa Universitas Pamulang turut serta berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan PKM ini. Salah satu yang termasuk yaitu mahasiswa dari Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia. Pada program studi tesebut, para mahasiswa di support untuk ikut berkontribusi kepada masyarakat dengan mengamalkan bidang keilmuan sastra dan linguistik yang dimiliki mereka. Selain itu, mahasiswa juga diarahkan untuk menjadi insan yang berintektual dengan mengamalkan ilmu yang mereka miliki dan memberikan manfaat sehingga memberikan perubahan yang lebih baik lagi sebagai bentuk wujud bakti sosial kepada masyarakat.

Salah satu bentuk bukti nyata PKM yang telah dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia yaitu dengan mengenalkan dan menulis puisi. Kegiatan ini berfokus pada pengenalan dan mengajarkan keterampilan menulis puisi yang merupakan bagian dari bidang ilmu kesusastraan. Bentuk kegiatan PKM ini telah dilaksanakan oleh sekelompok mahasiswa semester 8 yang terdiri dari 5 mahasasiswa dan 1 dosen pendamping sekaligus ketua PKM. Yakni Ibu Siti Maemunah, S.Pd, M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing dan Muhammad Farhan Manal, Alika Putri Utami, Fani Aulia Sari, Ani Mulyani, serta Eva Nurdiana sebagai anggota. Kegiatan PKM ini telah selesai dilaksanakan di MTs Assa’idiyyah Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kedatangan kami disambut dengan sangat baik oleh Bapak Mohammad Idham Fithri, S.H.I sebagai Kepala Sekolah MTs dan rekan guru lainnya.

Program PKM ini memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa-siswi MTs Assa’idiyyah. Kegiatan awal dalam pelaksanaannya, mahasiswa yang ikut serta dalam menyukseskan program ini menjelaskan dan memberikan pengetahuan materi tentang puisi. Respon siswa-siswi tersebut sangat semangat dan berperan aktif, serta menyimak dengan seksama, sehingga program ini berjalan dengan maksimal. Di akhir, mahasiswa mendampingi dan mengajarkan cara menulis puisi dengan baik, dan sebagai tugas bagi siswa-siswi di MTs Assa’idiyyah adalah dengan menuliskan puisi bertema pendidikan yang akan ditindak lanjuti menjadi sebuah buku kumpulan puisi karya siswa-siswi ber-ISBN. Dengan begitu diharapkan dari hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini menjadi sebuah pembelajaran bagi siswa-siswi agar semangat dalam menuliskan karya-karyanya khusunya dalam bentuk puisi.

 

Ikuti tulisan menarik Siti Maemunah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler