x

Iklan

Astriani

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Sabtu, 1 April 2023 16:23 WIB

Latihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDI

Artikel ini dibuat untuk memenuhi : Tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani Dosen pengampu : Dr.Syaeful Bahri,S.Ag.,M.M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pelatihan (training) adalah sebuah konsep manajemen sumber daya manusia yang sempit yang melibatkan aktivitas-aktivitas pemberian instruksi-instruksi khusus yang direncanakan (seperti misalnya pelatihan terhadap prosedur-prosedur operasi pelatihan yang spesifik) atau pelatihan keahlian (seperti misalnya pelatihan yang berhubungan dengan tugas, program-program pengenalan pekerjaan).

Pengembangan SDM merupakan wadah untuk membangun kemampuan serta meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia serta untuk membantu perusahaan didalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Apabila karyawan telah mempunyai keahlian dan keterampilan didalam bidang kerjanya, maka mereka memerlukan pengembangan lebih lanjut untuk mempersiapkan tanggung jawab mereka dimasa mendatang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelatihan dan pengembangan SDM adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kapasitas SDM agar dapat menjadi sumber daya yang berkualitas baik dari segi pengetahuan, keterampilan bekerja, tingkat profesionalisme yang tinggi dalam bekerja agar dapat meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan baik. SDM yang berkualitas akan membantu perusahaan untuk lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan.

Training SDM merupakan hal yang penting dan harus dilakukan secara berkala sebab pelatihan ini sangatlah penting untuk menunjang kelangsungan perusahaan. Dalam sebuah pelatihan SDM, karyawan akan bisa meningkatkan kemampuan kerjanya sekaligus menggalo potensinya sehingga bisa bekerja dengan lebih maksimal. Selain itu pelatihan Sumber Daya Manusia juga sangat penting untuk mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju dimana persaingan semakin ketat. Untuk mempersiapkan karyawan di sebuah perusahaan agar mampu menjawab berbagai tantangan baru tersebut, maka diperlukan sebuah pelatihan SDM.

Jenis-Jenis Pelatihan SDM

Berikut adalah jenis-jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa dilakukan:

1. Skill Training (Pelatihan Keahlian SDM)

Program skill training relatif sederhana seperti menilai kebutuhan atau kekurangan dan kemudian diidentifikasi melalui penilaian yang teliti.

2. Retraining (Pelatihan Ulang SDM)

Pelatihan ulang atau retraining yaitu memberikan keahlian yang dibutuhkan oleh karyawan untuk menghadapi tuntutan kerja yang berubah-ubah. Dengan hal ini, karyawan dapat lebih percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Cross Functional Training

Cross functional training atau pelatihan lintas fungsional adalah pelatihan yang melibatkan SDM atau karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain pekerjaan yang ditugaskan. ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan juga sinergitas antara fungsional satu dengan lainnya.

4. Team Training (Pelatihan Tim)

Pelatihan tim dilakukan dengan bekerja sama yang terdiri dari sekelompok individu untuk menyelesaikan pekerjaan demi tercapainya tujuan bersama dalam sebuah tim kerja.

5. Language Training (Pelatihan Bahasa)

Pelatihan Bahasa bagi SDM menjadi penting karena di masa depan atau bahkan saat ini beberapa perusahaan lokal sudah terhubung dengan perusahaan asing.

6. Technology Training (Pelatihan Teknologi)

Beberapa perusahaan atau fungsi pasti menerapkan teknologi. Misalnya saja digital marketing, developer,dan juga administrasi.

7. Creativity Training (Pelatihan Kreatifitas SDM)

Pelatihan kreativitas atau creativity training yaitu pelatihan SDM dengan memberikan peluang untuk mengeluarkan gagasan sebebas mungkin berdasarkan pada nilai rasional.

Manfaat pengembangan SDM pada bisnis.

1. Produktivitas kerja.

2. Meningkatkan efisiensi.

3. Menghindari kerusakan.

4. Menghindari kecelakaan kerja.

5. Meningkatkan pelayanan.

6. Meningkatkan karir karyawan.

7. Meningkatkan modal dan kedisiplinan karyawan 

Ikuti tulisan menarik Astriani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler