x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 4 Mei 2023 19:03 WIB

Hai Pekerja, Inilah 3 Cara Sehat di Masa Pensiun

Banyak pekerja gagah di masa bekerja tapi sakit-sakitan di masa pensiun. Inilah 3 cara pekerja agar tetap sehat di masa pensiun

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak sedikit pekerja yang sakit-sakitan di saat pensiun. Sewaktu kerja gagah perkasa, setelah pensiun mulai nongol sakit yang dulunya tidak pernah terpikirkan. Apa gerangan yang terjadi di hari tua? Bagaimana untuk tetap sehat di masa pensiun?

 

Sakit atau stres di hari tua, sering terjadi dan dialami oleh seseorang apabila berada di kondisi yang tidak nyaman. Kondisi tubuh lemah, pikiran banyak, dan faktor "kantong" sering juga jadi pemicunya. Maka harus ada cara untuk tidak tertekan, utamanya di masa pensiun saat tidak bekerja lagi. Agar hidup di hari tua lebih tenang, lebih nyaman walau tidak harus kaya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Faktanya, 7 dari 10 pensiunan di Indonesia mengalami masalah keuangan. Tidak punya dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Maka wajar, saat ini, 9 dari 10 pekerja di Indonesia tidak siap untuk pensiun. Sementara upah minimum dituntut dinaikkan, gaji setiap tahun ditambah. Tapi semuanya akan sia-sia bila tidak disisihkan untuk hari tua atau masa pensiun.

 

Mau tidak mau, harus ada cara dan ikhtiar sehat di hari tua. Untuk mempersiapkan masa pensiun yang lebih tenang dan nyaman. Tidak stres, tidak tertekan atas sebab apapun. Berikut adalah 3 (tiga) cara untuk tetap sehat di masa pensiun:

 

  1. Mulai membiasakan hidup sederhana dan apa adanya saat bekerja. Tidak berjiwa konsumtif atau bergaya hidup mahal selagi bekerja. Latih untuk membeli sesuatu sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

 

  1. Membiasakan diri untuk menjaga kesehatan selagi muda, saat masih bekerja. Agar tidak ada penyakit yang tidak terduga di hari tua, entah akibat makanan, pikiran atau turunan. Jaga pikiran untuk tetap tenang dan berpikir positif. Lebih baik mencegah sakit daripada mengobati sakit.

 

  1. Menabung untuk hari tua atau masa pensiun sejak bekerja. karena cepat atau lambat, setiap pekerja pasti akan pensiun. Maka persiapkan sejak dini ketersediaan dana untuk melanjutkan kehidupan di masa pensiun. Pensiun memang masih lama tapi tetap harus dipersiapkan siapapun saat bekerja.

 

Nah, salah satu cara sederhana untuk tetap sehat di masa pensiun adalah menjadi peserta DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).  Agar tidak mengalami masalah keuangan di hari tua. Tersedia penghasilan yang berkelanjutan saat tidak bekerja pagi. Pensiun yang tenang dan nyaman karena mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. DPLK merupakan program yang menjanjikan manfaat pensiun untuk pekerja. Bukan asuransi, bukan reksadana atau tabungan di bank. Karena hanya di DPLK program yang didedikasikan untuk mempersiapkan masa pensiun. Uang pensiun yang dibayarkan bila sudah memasuki usia pensiun.

 

Melalui DPLK, seorang pekerja menjadi lebih sehat di hari tua karena 1) ada dana yang pasti di saat pensiun, 2) ada jaminan kesinambungan "penghasilan" di hari tua, 3) ada hasil investasi yang optimal selama jadi peserta DPLK, dan 4) mendapat fasilitas perpajakan saat manfaat pensiun dibayarkan. Karena DPLK sifatnya jangka panjang, tentu akumulasi dana (iuran dan hasil investasi) yang diperoleh pasti sangat signifikan. Insya Allah, cukup untuk membiayai berbagai kebutuhan di hari tua.

 

Maka jangan tunda lagi, mulailah untuk persiapkan masa pensiun yang sehat dan nyaman dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk mempersiapkan hari tua yang lebih baik dan berkualitas. Karena "kantong" saat pensiun tetap ada untuk menjaga standar hidup seperti saat masih bekerja. Pensiun yang nyaman, kalau bukan kita yang persiapkan mau siapa lagi? Salam #YukSiapkanPensiun #EdukasiDPLK #EdukatorDanaPensiun

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu