x

Tahun ini ada begitu banyak konser dan Festival musik mancanegara (sumber gambar: Instagram.com/we.the.fest)

Iklan

Dewi puspa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 4 Mei 2023 19:19 WIB

Bidik Generasi 90-an dan 2000-an, Festival Musik dan Konser Mancanegara Tahun Ini Laris Manis

Tahun ini ada begitu banyak konser musik dan Festival musik mancanegara yang menghadirkan band hits era 90-an dan 2000-an.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahun ini bisa dibilang tahun yang menggembirakan bagi penggemar musik. Ada begitu banyak festival musik dan konser, baik yang menampilkan musisi lokal maupun mancanegara. Bahkan dalam sebulan bisa ada beberapa event. Yang paling bersorak sepertinya generasi 90-an dan 2000-an karena bakal banyak band hits era tersebut yang akan manggung di Indonesia. 

Setelah dua tahun pandemi dan vakum event musik, maka tahun ini seperti ajang 'balas dendam'. Acara-acara yang tertunda pada tahun-tahun lalu pun terselenggara tahun ini. Tahun ini ibarat juga tahun spesial karena tahun depan sudah musim kampanye dan pemilu, di mana dikuatirkan ijin penyelenggaraan acara akan makin ketat. 

Triwulan pertama tahun 2023 penggemar musik sudah dimanjakan dengan berbagai musisi ternama. Ada nama Westlife, Arctic Monkeys, Blackpink, Hoobastank, The Red Jumpsuit Apparatus, The Rasmus, Simple Plan, dan Slipknot. Jika melihat nama-nama band di atas, sebagian besar hits pada era 2000-an dan memiliki genre pop rock. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh karena sudah kangen dengan event musik, maka berbagai festival dan konser musik pun laris manis. Tiket presale cepat sekali ludes dalam beberapa jam setelah pengumuman. War ticket berlangsung sengit. Bahkan ketika kemudian tiket dijual dengan harga reguler, peminatnya juga masih tinggi. Bahkan, tak sedikit yang kehabisan. 

Penulis merasai dua festival manca kali ini, Everblast Festival dan Hammersonic. Ketika menyaksikan Everblast, penulis kebingungan memilih panggung yang akan ditonton. Penampilnya bagus-bagus, termasuk musisi lokal. Oleh karena ingin mendapaf tempat yang nyaman dan strategis, penulis hanya berpindah-pindah ke panggung utama dan panggung yang terdekat dengan panggung utama. 

Pada saat Hammersonic, penulis merasa kagum sekaligus was-wad melihat lautan manusia. Sejak sore hingga malam, penonton terus berdatangan. Apalagi menjelang Slipknot tampil. Untunglah acara berlangsung aman meski sempat ada aksi dorong-dorongan dan beberapa penonton keluar karena sesak nafas dan hampir pingsan. 

Nah, pada bulan Mei hingga akhir tahun mendatang bakal masih banyak lagi musisi manca yang bakal tampil. Yang sudah pasti adalah Mr Big dan Cardigans dalam The 90s Festival yang akan diadakan bulan Agustus. Kemudian ada The Strokes di ajang We The Fest, serta Lauv dan Kodaline pada Soundrenaline 2023. Belum lagi Baby Metal, kawaii metal yang menampilkan perpaduan musik seperti musik anime dan metal. 

Jika melihat nama band di atas, kebanyakan adalah band yang populer pada tahun 2000 seperti The Cardigans dan The Strokes. The Cardigans namanya melejit sejak mereka membawakan soundtrack film Romeo and Juliet, yakni Lovefool pada tahun 1996 . Lagu-lagu mereka yang asyik lainnya adalah Erase/Rewind, Carnival, dan My Favourite Games. Sedangkan The Strokes yang telah menerima Grammy, populer lewat 12:51, Reptila, dan You Only Live Once. 

Sementara Mr Big masuk era yang lebih lawas yakni era 90-an. Mereka punya segudang hits seperti To Be With You, Just Take My Heart, dan Wild World. Ini bakal menjadi panggung kesekian Mr Big di Indonesia. Tahun sebelumnya mereka manggung tahun 2009.

Rumor Coldplay, The Cure, dan BMTH ke Indonesia

Pengisi Soundrenaline berikutnya belum diumumkan. Banyak rumor beredar dari Blink-182, The Cure, dan Bring Me The Horizon (BMTH). Isu kehadiran BMTH sangat gencar karena saat Hammersonic tersirat BMTH akan datang ke Indonesia, tapi entah masuk sebagai headliner Soundrenaline atau konser solo belum jelas.

Fans BMTH di Indonesia sendiri sangat banyak. Mereka banyak menelurkan sejumlah hits dari Sleepwalking, Shadow Moses, Mantra, Parasite Eve, hingga Kingslayer

Rumor yang tak kalah gencar dan panas adalah kehadiran Coldplay pada bulan November. Masih belum jelas kepastiannya. Tapi jika betulan ada, maka konser ini pasti akan diminati dan laris manis. Pasalnya penggemar Coldplay lintas generasi, dari generasi 2000-an hingga generasi Z mereka besar dengan lagu-lagu Chris Martin dkk tersebut. 

Yuk menabung siapa tahu semua musisi tersebut datang ke Indonesia. 

Ikuti tulisan menarik Dewi puspa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini