x

Ilustrasi Masalah Sosial. Gambar oleh Mifner dari Pixabay.com

Iklan

Firmanda Dwi Septiawan firmandads@gmail.com

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2021

Senin, 15 Mei 2023 20:31 WIB

Mengenal Patologi Perkotaan Sosial di Masyarakat

Manusia sebagai makhluk yang selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya telah menghasilkan teknologi tinggi. Lalu lahirlah masyarakat modern yang serba kompleks. Celakanya, lalu muncul juga problem sosial yang terus meningkat. Tak semua bisa berdaptasi dengan perubahan ini, dan menyebabkan kebingungan juga kecemasan. Ujungnya, ada yang berlaku detsruktif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Manusia sebagai makhluk yang cenderung selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya telah menghasilkan teknologi yang berkembang sangat pesat. Lalu lahirlah masyarakat modern yang serba kompleks, produk dari kemajuan teknologi, mekanisasi, industrialisasi, urbanisasi, dan lain-lain.  Hal ini di samping mampu memberikan berbagai alternatif kemudahan bagi kehidupan manusia, juga menimbulkan hal-hal negatif kepada manusia dan kemanusiaan yang biasa disebut masalah sosial.

Pada akhirnya, keadaan ini semakin menambah banyaknya masalah kemasyarakatan (social problem). Masalah tersebut umumnya berkaitan dengan kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Kesulitan beradaptasi dengan perubahan ini menyebabkan kebingungan dan kecemasan, dan dapat memicu konflik, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Hal tersebut membuat manusia melakukan pola tingkah laku yang menyimpang dari pola yang umum, melakukan apa pun demi kepentingannya sendiri, bahkan cenderung dapat merugikan orang lain.

Ilmu tentang gejala-gejala sosial yang dianggap sakit disebabkan oleh faktor sosial atau ilmu tentang asal usul dan sifat-sifatnya, penyakit yang berhubungan dengan hakikat adanya manusia dalam hidup masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyakit ini bisa menular dan bisa juga tidak menular, sebab penyakit ini muncul dengan berbagai alasan atau motif, serta dapat merusak dan membahayakan situasi kehidupan bermasyarakat 

Faktor Penyebab :
1.) Faktor Keluarga
2.) Faktor Lingkungan
3.) Faktor Pendidikan

Teori Patologi Sosial Perkotaan 
a.) Teori Perubahan Sosial
b.) Teori Culture Lag
c.) Teori Konflik Sosial
d.) Teori Disorganisasi Sosial
e.) Teori Patologi

Bentuk Patologi Sosial
1.) Kriminalitas
2.) Perjudian
3.) Narkoba
4.) Korupsi
5.) Prostitusi
5.) Rasisme

Pada dasarnya “patologi sosial” adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala sosial yang dianggap “sakit”, disebabkan oleh faktor-faktor sosial. Sedangkan penyakit masyarakat adalah semua tingkah laku yang melanggar norma-norma dalam masyarakat dan dianggap menganggu, merugikan serta tidak dikehendaki oleh masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya penyakit masyarakat antara lain yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor pendidikan

Ikuti tulisan menarik Firmanda Dwi Septiawan firmandads@gmail.com lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler