x

Sumber Instagram: haza.food

Iklan

Donyawan Maigoda

Donyawan Maigoda
Bergabung Sejak: 27 April 2023

Minggu, 28 Mei 2023 14:52 WIB

Pigela Chips: Kisah Sukses Bisnis Jajanan Lokal Mendunia

Muhammad Zainudin, mantan manajer yang menciptakan Pigela Chips, makanan ringan berbahan dasar pisang, telah menerima penghargaan SATU Indonesia Award 2022 atas kontribusinya dalam pengembangan usaha makanan ringan yang memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di tengah pesatnya perkembangan industri makanan ringan di Indonesia, ada satu nama yang berhasil menonjol, yaitu Muhammad Zainudin, pendiri UD. Haza Food. Prestasinya dalam mengembangkan usaha makanan ringan yang inovatif, Pigela Chips, telah menginspirasi banyak orang dan mengubah kehidupan masyarakat di sekitar desanya. Untuk pengabdiannya yang luar biasa, Zainudin dianugerahi Satu Indonesia Award pada tahun 2022.

Muhammad Zainudin adalah seorang mantan manajer PT. Hijrah Gizi Hewani yang memiliki pemikiran cerdas dan kepekaan sosial. Ia juga memiliki pengalaman sebagai pegawai di Kantor Pos, BumDes Landungsari, dan Laboratorium Lapang Sumbersekar Universitas Brawijaya. Dalam perjalanannya, Zainudin mendengar keluhan petani pisang tentang lonjakan harga pisang yang signifikan. Selain itu, ia juga melihat adanya potensi di antara ibu-ibu TKI dan anak muda di desa sekitarnya yang ingin berwirausaha, tetapi terkendala modal.

Melalui rasa keprihatinannya terhadap kondisi masyarakat sekitar, Zainudin memutuskan untuk menciptakan Pigela Chips. Makanan ringan ini merupakan keripik pisang yang terinspirasi dari permasalahan sekitar desanya. Berdiri sejak tahun 2017, Pigela Chips telah tumbuh pesat dan berhasil menarik perhatian pasar internasional. Dengan melibatkan petani pisang, ibu-ibu TKI, dan anak muda sebagai karyawan, UD. Haza Food telah memberikan dampak sosial yang signifikan bagi komunitas sekitar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pigela Chips berhasil mendapatkan keunggulan dibandingkan dengan beberapa brand keripik pisang lokal lainnya. Kelezatan dan kualitas produk Pigela Chips telah memikat hati konsumen, baik di seluruh kota di Indonesia maupun di pasar Malaysia, China, dan Jepang. Kesuksesan ini tidak didapatkan dengan mudah, tetapi melalui kegigihan dan keseriusan Zainudin dalam menekuni usahanya.

Apresiasi SATU Indonesia Award 2022 diberikan kepada Muhammad Zainudin sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya dalam pengembangan usaha makanan ringan yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitarnya. Dengan modal awal yang terbatas sebesar Rp1750.000,-, Zainudin telah mampu mengubah Pigela Chips menjadi bisnis yang menghasilkan omzet hingga Rp3.000.000,- per hari atau setara dengan Rp100 juta per bulan.

Prestasi Zainudin dalam memimpin UD. Haza Food dan kesuksesan Pigela Chips telah membuktikan bahwa visi dan dedikasi dapat mengubah kehidupan orang-orang di sekitarnya. Melalui inovasinya dalam industri makanan ringan, Zainudin telah memberikan inspirasi kepada banyak orang untuk mengembangkan potensi dan berwirausaha, terutama di bidang makanan ringan. Keberhasilannya dalam menembus pasar internasional juga menjadi bukti bahwa produk Indonesia dapat bersaing di tingkat global.

Dengan keberhasilan Pigela Chips, Zainudin tidak hanya menciptakan lapangan kerja bagi petani pisang, ibu-ibu TKI, dan anak muda di desanya, tetapi juga telah memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat sekitar. Usahanya juga telah memberikan contoh yang menginspirasi bagi para pengusaha muda lainnya untuk berani bermimpi besar dan mengembangkan bisnis mereka.

Melalui perjuangan dan dedikasinya, Muhammad Zainudin telah membuktikan bahwa dengan tekad yang kuat dan kerja keras, seseorang dapat meraih kesuksesan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Penghargaan Satu Indonesia Award menjadi puncak pengakuan atas peran penting Zainudin dalam pengembangan usaha makanan ringan di Indonesia.

Kisah sukses Muhammad Zainudin dan perusahaannya, UD. Haza Food, merupakan salah satu contoh nyata betapa kegigihan, inovasi, dan kepedulian terhadap masyarakat dapat menghasilkan dampak yang luar biasa. 

Apakah Anda juga memiliki ide atau inovasi yang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar? Jika iya, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti Satu Indonesia Award 2023. Ajang kompetisi ini memberikan kesempatan bagi pemuda-pemuda berbakat untuk mendapatkan penghargaan atas karya dan kontribusi mereka yang luar biasa.

Dalam mengikuti SATU Indonesia Award 2023, Anda tidak hanya memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan dan mendapatkan pengakuan yang lebih luas, tetapi juga dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk mengikuti jejak Anda dalam memberikan perubahan positif bagi bangsa dan negara.

Jadi, jangan ragu untuk mengambil langkah pertama menuju kesuksesan dan kesempatan dalam mengikuti ajang SATU Indonesia Award 2023. Jadilah bagian dari perubahan yang kita inginkan dan tunjukkan kepada dunia betapa pemuda Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Mari kita bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik untuk Indonesia!

Ikuti tulisan menarik Donyawan Maigoda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu