x

Iklan

Ruqyah Kuningan

Ruqyah di Kuningan
Bergabung Sejak: 20 Juni 2022

Senin, 12 Juni 2023 19:28 WIB

Inilah Strategi Efektif Mengelola Gaji Bulanan

Kesulitan mengelola gaji bulanan, tak hanya dialami segelintir orang. Ternyata di Di masyarakat modern saat ini juga kesulitan mengatur gaji bulanan diterima.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kesulitan mengelola gaji bulanan, tak hanya dialami segelintir orang. Ternyata di Di masyarakat modern saat ini juga kesulitan mengatur gaji bulanan diterima. Tak jarang malah, Anda sering kehabisan uang menjelang pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena tidak bisa mengelola gaji dengan baik. Namun ada Strategi Efektif Dalam Mengelola Gaji Bulanan. Apa saja itu? Simak strategi berikut ini.

Strategi Efektif Dalam Mengelola Gaji Bulanan 

Buat Anggaran Bulanan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan begitu Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian yaitu primer dan tersier. Untuk kebutuhan primer seperti makan, iuran kerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran belanja, jalan-jalan, dan anggaran untuk berkumpul bersama teman atau rekan kerja.

Segera Bayar Tagihan

Ketika Anda dibayar, hal pertama yang Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di muka. Mulai dari tagihan listrik, telepon, cicilan, dan sebagainya. Ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarnya terlebih dahulu, tentunya akan membuat Anda lebih tenang dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini Anda terbiasa menyisihkan sisa gaji Anda untuk ditabung, kali ini coba sisihkan gaji Anda untuk ditabung sebelum Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Membuat Laporan Keuangan Harian

Simpan struk belanja yang Anda dapatkan setiap kali berbelanja. Catat semua pengeluaran Anda setiap hari. Selain cara ini membantu Anda mengetahui ke mana saja uang tersebut digunakan selama ini, metode ini juga dapat membantu Anda menganalisis barang apa yang sebenarnya tidak perlu Anda beli dalam beberapa bulan mendatang.

Memiliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Buat dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu akun untuk kebutuhan harian Anda, seperti menerima gaji, membayar tagihan, dan berbelanja. Dan untuk akun lainnya anda bisa menggunakannya khusus untuk menabung. Buat jumlah minimum berapa persen yang harus Anda tabung dari gaji bulanan Anda. Lakukan seperti kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulan.

Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Kartu kredit juga dapat membantu Anda mengelola keuangan, jika Anda dapat menggunakannya dengan cerdas. Misalnya, gunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, atau bisa juga dialokasikan untuk membayar semua tagihan Anda. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit Anda saat menerima tagihan kartu kredit.

Investasi

Setelah Anda menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun masih ada kelebihan dana dari gaji. Ada baiknya dana tersebut digunakan untuk investasi dengan cara ikut asuransi, reksa dana, atau membeli emas atau perhiasan dengan nilai jual tinggi. 

Ini berbeda dengan menabung, jika menabung bisa diambil kapan saja. Dalam Investasi, uang yang Anda simpan dalam bentuk lain dan tidak dapat Anda ambil kapan pun Anda mau. Cara ini tidak hanya membuat uang Anda tetap berdiri, tetapi juga dapat menguntungkan Anda di masa depan.

Lakukan Perbandingan

Buat perbandingan antara pengeluaran dan anggaran. Hal terakhir ini yang harus Anda lakukan, untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sudah sesuai dengan anggaran yang telah dibuat, atau bahkan melebihi anggaran yang telah Anda buat. Jika itu masalahnya, Anda harus merevisi anggaran. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian Anda, untuk mengetahui kebutuhan apa yang Anda keluarkan dana besar.

Jangan Lupa Siapkan Dana Darurat

strategi yang efektif untuk mengelola gaji bulanan berikutnya adalah menyiapkan dana darurat. Dana darurat mengacu pada tabungan yang digunakan pada saat-saat mendesak. Agar Anda siap menghadapi segala kemungkinan yang akan datang, menyisihkan sejumlah uang merupakan langkah bijak. 

Banyak orang yang masih belum menyadari pentingnya dana darurat sehingga ketika krisis datang mereka akan terpuruk. Misalnya, ketika Anda di-PHK karena ekonomi perusahaan sedang menurun. Jika Anda tidak memiliki dana darurat lalu bagaimana Anda membayar kebutuhan pokok bulan ini? 

Bagi Anda yang masih lajang, setidaknya jumlah dana darurat yang harus Anda miliki adalah 3x lipat dari pengeluaran bulanan Anda. Bagi yang sudah menikah, Anda perlu menabung sebesar 6x pengeluaran bulanan. Jadi saat tidak ada penghasilan, Anda masih punya waktu 3 bulan untuk bisa membayar kebutuhan pokok.

Beli Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

Membeli barang sesuai kebutuhan dan bukan keinginan sangat penting dalam pengelolaan keuangan. Mulailah memahami apa kebutuhan terpenting Anda. Jika Anda memang membutuhkannya, cobalah mencari alternatif yang memiliki harga lebih terjangkau. 

Cari barang yang kualitasnya hampir sama tapi harga jauh lebih murah. Menggunakan cara ini akan membuat Anda hidup lebih hemat, karena tetap mendapatkan kualitas namun dengan harga yang lebih murah.

Demikian ulasan tentang 10 Strategi Efektif Dalam Mengelola Gaji Bulanan, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Kuningan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler