x

PERUSAHAAN

Iklan

Salsa Pramudita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Desember 2022

Kamis, 15 Juni 2023 07:47 WIB

Sistem Pengendalian Manajemen PT Kalbe Farma Tbk

Perusahaan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Didirikan pada tahun 1966, PT Kalbe Farma Tbk. telah jauh berkembang dari awal mulanya sebagai usaha farmasi yang dikelola di garasi rumah pendirinya di wilayah Jakarta Utara. Selama lebih dari 40 tahun sejarah Perseroan, pengembangan usaha telah gencar dilakukan melalui akuisisi strategis terhadap perusahaanperusahaan farmasi lainnya, membangun merekmerek produk yang unggul dan menjangkau pasarinternasional dalam rangka transformasi Kalbe menjadi perusahaan produk kesehatan serta nutrisi yang terintegrasi dengan daya inovasi, strategi pemasaran, pengembangan merek, distribusi, kekuatan keuangan,keahlian riset dan pengembangan serta produksi yang sulit ditandingi dalam mewujudkan misinya untuk meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik.

Grup Kalbe telah menangani portofolio merek yang handal dan beragam untuk produk obat resep, obat bebas, minuman energi dan nutrisi, yang dilengkapi dengan kekuatan bisnis usaha kemasan dan distribusi yang menjangkau lebih dari 1 juta outlet. Perseroan telah berhasil memposisikan merek-mereknya sebagai pemimpin di dalam masing-masing kategori terapi dan segmen industri tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai pasar internasional, dengan produk-produk kesehatan dan obat-obatan yang telah senantiasa menjadi andalan keluarga seperti Promag, Mixagrip, Woods, Komix, Prenagen dan Extra Joss. Lebih jauh, pembinaan dan pengembangan aliansi dengan mitra kerja internasional telah mendorong pengembangan usaha Kalbe di pasar internasional dan partisipasi dalam proyekproyek riset dan pengembangan yang canggih serta memberi kontribusi dalam penemuan terbaru di dalam bidang kesehatan dan farmasi termasuk riset sel punca dan kanker.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelaksanaan konsolidasi Grup pada tahun 2005 telah memperkuat kemampuan produksi, pemasaran dan keuangan Perseroan sehingga meningkatkan kapabilitas dalam rangka memperluas usaha Kalbe baik di tingkat lokal maupun internasional. Saat ini, Kalbe adalah salah satu perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara yang sahamnya telah dicatat di bursa efek dengan nilai kapitalisasi pasar di atas US$ 1 miliar dan penjualan melebihi Rp 7 triliun. Posisi kas yang sangat baik saat ini juga memberikan fleksibilitas yang luas dalam pengembangan usaha Kalbe di masa mendatang. PT. Kalbe Farma terbagi menjadi tiga divisi yaitu divisi farmasi yang dikelola oleh anak perusahaan Kalbe Farma seperti Dankos, Innogene Kalbiotech, divisi makanan yang dikelola oleh PT. Sanghiyang Perkasa, PT Helios, dan divisi kemasan (packaging) yang dikelola anak perusahaan seperti Kageo Igar Jaya, PT Avesta Continental dan lain sebagainya

Strategi korporat yang dikembangkan adalah perusahaan dengan diversifikasi berhubungan. Perusahaan menetapkan strategi pengembangan ke arah bisnis internasional dan peningkatan kemampuan risetnya maka pada tingkat unit bisnis strategi yang diterapkan adalah“membangun". Strategi tersebut sesuai diterapkan bagi perusahaan yang ekspansi dan menghadapi situasi ketidakpastian yang lebih tinggi. Struktur organisasi PT Kalbe Farma Tbk disusun secara fungsional dan terintegrasi sehingga lebih efisien. Penggunaan sumber daya yang sama dan terintegrasi seperti pemasaran, fasilitas produksi, keuangan serta fasilitas riset dan pengembangan oleh beberapa unit usaha yang ada telah menciptakan sinergi operasi. Hal ini membantu perusahaan untuk memperoleh manfaat dari skala dan ruang lingkup ekonomi. Proses perencanaan strategis dilakukan secara vertikal maupun horizontal mengingat tingginya tingkat keterkaitan antar unit. Proses perencanaan ditetapkan dari tingkat korporat kemudian tiap unit bisnis mengajukan rencana strategisnya yang mendukung strategi korporat untuk disetujui manajemen puncak. Proses perencana ini tidak berbeda jauh dalam proses penyusunan anggaran.

Penilaian kinerja yang dilakukan dengan balaced scorcard menunjukkan peningkatan kinerja pada perspektif pelanggan, bisnis internal serta perspektif inovasi dan pembelajaran. Sedangkan pada perspektif keuangan menunjukkan penurunan. Hal ini lebih disebabkan kondisi eksternal yang tidak mendukung, seperti situasi ekonomi yang memburuk dan meningkatnya harga bahan baku serta kebijakan regulasi berkaitan dengan penurunan harga obat generik. PT Kalbe Farma Tbk melakukan penilaian secara berkala terhadap kompensasi karyawan guna menjaga kesetaraan dengan standar industri. Standar keselamatan dan kesehatan kerja dalam semua aspek produksi juga ditingkatkan untuk mencapai kesejahteraan karyawan yang optimal. Program pengembangan karir terdiri dari penilaian kinerja secara berkala dengan dukungan pelatihan dan pendidikan yang memadai. Sistem kompensasi yang demikian lebih dapat memotivasi karyawan dalam meningkatkan kinerjanya. Desain sistem pengendalian manajemen pada PT Kalbe Farma Tbk telah sesuai dengan strategi yang diterapkan perusahaan meskipun dalam jangka pendek belum mampu mengimplementasikan strategi perusahaan secara efektif terutama terkait dengan penyesuaianya dengan kondisi eksternal.

Penulis : Salsa Pramudita

Fakultas ekonomi dan bisnis

Prodi sarjana akuntansi

Universitas pamulang

Ikuti tulisan menarik Salsa Pramudita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu