x

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Rabu, 14 Juni 2023 11:12 WIB

Adab Mengambil Makanan di Meja Warung Makan yang Sudah Ditempati Pengunjung Lain

Adab Mengambil Makanan di Meja Warung Makan Yang Sudah Ditempati Pengunjung

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Adab merupakan salah satu bentuk sikap, tingkah, laku, perlakuan yang kita berikan kepada orang lain dalam rangka untuk menghargai serta menghormati. Didalam agama Islam dan di negara timur adab sangat dijunjung tinggi oleh semua umat dan masyarakat. Di agama Islam bahkan dianjurkan “Dahulukan Adab daripada ilmu”. Orang yang mempunyai ilmu apabila tidak mempunyai adab maka akan menjadi sombong, tetapi apabila orang yang mempunyai adab otomatis akan mempunyai ilmu. Ilmu itu bisa dipelajari secara pelan – pelan, tetapi untuk adab harus dipupuk sedini mungkin.

Adab merupakan kesopanan, keramahan, dan kehalusan budi pekerti. Adab erat kaitannya dengan akhlak atau perilaku terpuji. Para ahli bahasa didunia juga sepakat bahwa adab merupakan kepandaian dan ketepatan dalam mengurus segala sesuatu. Dalam agama islam adab merupakan istilah yang memiliki arti budi pekerti, tata krama, atau sopan santun. Arti adab secara keseluruhan yaitu segala bentuk sikap, perilaku atau tata cara hidup yang mencerminkan nilai sopan santun, kehalusan, kebaikan, budi pekerti atau akhlak

Orang yang mempunyai ilmu apabila tidak mempunyai adab maka akan jatuh pada sifat yang sombong. Sifat sombong merupakan suatu penyakit yang berbahaya bagi setiap orang. Bahkan dalam sejarah di dunia belum ada orang yang sombong diakhir hayatnya berakhir dengan baik. Semuanya berakhir dengan sangat tragis dan sangat buruk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Iblis sebelumnya adalah makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari Api yang sangat ahli ibadah dan menguasai semua ilmu. Tetapi akhirnya harus jatuh terhina dikeluarkan dari surga Allah SWT karena memiliki sifat sombong didalamnya. Bahkan iblis merasa lebih tinggi dibandingkan Adam makhluk Allah yang lain yang terbuat dari tanah.

Berkaca dari kisah diatas maka kita harus bisa mengambil hikmah bahwa sifat sombong merupakan sikap yang sangat berbahaya yang harus kita hindari. Hal yang harus diperhatikan bahwa sikap sombong akan membawa manusia kepada rasa lebih baik daripada yang lain. Maka dari itu untuk mengikis sikap sombong, kita harus banyak mengikuti kajian agama, perbanyak ibadah dan menjauhi lingkungan yang didalamnya banyak kesombongan.

Salah satu adab yang penting yang harus kita ketahui adalah ketika kita sedang makan disuatu warung makan ataupun restoran dimana ketika kita akan mengambil makanan seperti mendoan tahu tempe, bakwan, pisang goreng dll dimeja milik pengunjung yang lain kita harus ucapkan sapa permisi terlebih dahulu kepada pengunjung kepada yang sudah duduk. Hal ini bertujuan untuk meminta izin karena tangan kita melangkahi pengunjung tersebut yang baru duduk dan sedang makan.

Terkadang hal seperti ini dikota – kota besar banyak diabaikan, banyak yang acuh tak acuh asal mengambil makanan diatas meja pengunjung yang lain bahkan pengunjung tersebut dikasih ketiak diatasnya. Hal tersebut tentunya berdampak tidak baik tentang etika kita sebagai negara timur yang menjunjung sopan santun.

Tidak ada ruginya kita mengeluarkan perkataan yang baik untuk meminta izin permisi kepada pengunjung yang lain, tidak akan rugi orang yang sudah menghargai dan menghormati orang lain. Apabila kita bersifat acuh tak acuh, dan ketika kita tidak memperhatikan perasaan orang lain ketika makan maka kita juga tidak akan dihargai oleh pengunjung yang lain.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa adab sangatlah sangat penting diera millenium generasi Z yang sudah banyak masuk tekhnologi yang canggih seperti saat ini. Di era sekarang banyak sekali anak muda yang belum mengerti tentang pentingnya adab. Untuk itu pentingnya disetiap Universitas perguruan tinggi menerapkan kurikulum tentang adab supaya mahasiswa yang sudah masuk bisa digembleng dengan baik tentang etika dan sopan santun. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu