x

Iklan

Sutan Pamenan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 April 2023

Kamis, 22 Juni 2023 08:26 WIB

Paramadina Gelar Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Tiktok bagi UMKM

Program Pemberdayaan Masyarakat ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi para masyarakat dan pelaku UKMK di Desa Sumber Jaya, untuk menambah wawasan digital marketing bagaimana mempromosikan kegiatan desanya atau pun produk rumah tangga dan UMKM dengan kreatif dan inovatif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bekasi - Mahasiswa Pascasarjana Komunikasi Korporat Universitas Paramadina sukses melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan menggandeng Badan Usaha Milik Desa Agraprana Sumber Jaya dan Pemerintah Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, pada Selasa (20/6/2023).

Mengusung tema Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kegiatan Desa Sumber Jaya, kegiatan ini dilaksanakan oleh tujuh mahasiswa Pascasarjana Komunikasi Korporat Universitas Paramadina yang terdiri dari Denni Candra, Julham Hamis Iskandar, Wiji Setiawan, Roi Rohmansah, Iqbal Shamiago, Prehapsari Julia Madjid dan Beby Ramadhani.

Menurut Denni Candra S.I.Kom selaku koordinator kegiatan tersebut, mengatakan bahwa pemilihan tema digital marketing memang tidak lepas dari kondisi bahwa selama ini masyarakat secara luas hanya mengenal aplikasi TikTok sebagai salah satu aplikasi yang dianggap “alay” dan banyak mendapat stigma negatif  oleh masyarakat. Bahkan ada beberapa orang yang anti dan tidak mau untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Padahal ibarat dua sisi mata pisau, selain mempunyai dampak negative TikTok juga bisa memberikan dampak positif. Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia, ada sejumlah peluang yang dihadirkan oleh TikTok. Tidak hanya dinikmati sebagai platform hiburan, para pengguna dapat memanfaatkan TikTok untuk keperluan bisnis.

Pemanfaatan Media Sosial Tiktok

“Digital marketing sebagai salah satu solusi dalam mengatasi keterbatasan dalam memasarkan produk dan jasa. Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua di dunia pada Januari 2023 tercatat 125 juta pengguna media sosial tersebut di dalam negeri menurut dataindonesia.id,” jelas Denni dalam keterangan rilis, Selasa (20/6/2023).

Program Pemberdayaan Masyarakat ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi para masyarakat dan pelaku UKMK di Desa Sumber Jaya, untuk menambah wawasan digital marketing bagaimana mempromosikan kegiatan desanya atau pun produk rumah tangga dan UMKM dengan kreatif dan inovatif.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh Pemerintah Desa Sumber Jaya, seiring dengan perkembangan dunia digital yang cukup pesat saat ini diharapkan masyarakat khususnya masyarakat desa Sumber Jaya dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan memanfaatkan media sosial secara positif sekaligus bisa mendukung perekonomian keluarga. Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Desa Sumber Jaya, Emon Suryaman, S.Pd yang sekaligus membuka acara yang berlangsung pada Selasa, 20 Juni 2023 di Balai Desa Sumber Jaya Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi.

“Dengan pelatihan digital marketing melalui aplikasi TikTok dari para Mahasiswa Pascasarjana Komunikasi Korporat Universitas Paramadina ini, lebih kurang 25 peserta yang terdiri dari ibu-ibu penggerak PKK, staf Badan Usaha Milik Desa Agraprana Sumber Jaya serta pelaku UMKM yang ada di Desa Sumber Jaya sangat termotivasi dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan serta pemahaman yang lebih mendalam mengenai digital marketing yang ada saat ini terutama tiktok, sehingga kita semua dapat mengambil manfaat dari perkembangan digital saat ini,” tutup Emon.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber berpengalaman di dunia digital yaitu Prehapsari yang merupakan manager di salah satu perusahaan di Jakarta sekaligus sebagai mahasiswa Pascasarjana Universitas Paramadina jurusan Komunikasi Korporat.

Dalam pemaparan materinya tentang pemanfaatan platform online untuk menambah keuntungan, Prehapsari sebagai narasumber mengatakan bahwa masyarakat dan para pelaku UMKM saat ini harus bisa bersaing secara sehat dalam melakukan penjualan dengan berbagai online shop bahkan perusahaan-perusahaan besar yang sudah semakin berkembang secara digital.

"Kemampuan digital marketing saat ini sangat dibutuhkan karena saat ini tidak ada satupun kegiatan yang kita lakukan terlepas dari perkembangan dunia digital. Disinilah celah dan kesempatan bagi kita untuk memanfaatkan media yang ada saat ini untuk meningkatkan penjualan serta pemasaran, harus bisa bersaing sehat dengan berbagai marketplace lainnya" ujarnya meyakinkan.

Melihat manfaatnya yang besar, para peserta menjadi sangat antusias mengikuti penjelasan dari narasumber ahli yang menjadi pemateri pelatihan kali ini. Prehapsari mengatakan bahwa para peserta cukup interaktif menanyakan segala hal terkait digital marketing kepadanya sebagai pemateri saat sesi diskusi dan tanya-jawab.

Sementara itu, salah seorang peserta Pelatihan Digital Marketing, Ibu Lilik sangat mengapresiasi mahasiswa Pascasarjana Universitas Paramadina yang telah mengadakan kegiatan tersebut.

"Menurut saya pribadi, ini sangat positif, sangat luar biasa membantu saya untuk meningkatkan penjualannya terutama di bidang digital. Sangat dibutuhkan. Itu menjadi suatu harapan dan cita-cita saya pribadi," ujarnya.

Ikuti tulisan menarik Sutan Pamenan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu