x

Iklan

Affam Barraq

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2023

Rabu, 12 Juli 2023 14:07 WIB

KKN Untag Surabaya 2023: Pelatihan Cara Pengolahan Admin UMKM di Desa Sumberkarang, Kecamatan Dlanggu

pelatihan pengolahan admin UMKM di Desa Sumberkarang dengan mengundang perangkat desa sebagai target sasaran

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, 06 Juli 2023 – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan hal yang tak asing di telinga mahasiswa. Bahkan kegiatan tersebut diwajibkan di Perguruan Tinggi sebagai pertanggungjawaban atas aplikasi disiplin ilmu dari teoritis ke empiris serta perwujudan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau yang lebih dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih ini menyelenggarakan Kegiatan KKN setiap tahunnya. Tema yang diusung kali ini yaitu “Penguatan Ikon Desa Berbasis Potensi Lokal”. Skema pelaksaan KKN tahun ini mulai kembali dilakukan secara berkelompok, yang bertempat di Desa Sumberkarang, Kecamatan Dlanggu,Kabupaten Mojokerto.

Dibawah bimbingan ibu Agustina Nababan, S.T., M.T. selaku dosen pembimbing lapangan, tidak menyulitkan mahasiswa Hukum UNTAG Surabaya, Affam Barraq O.  dalam penyusunan program kerja KKN 2023. Melalui kegiatan pengabdian, ia berkolaborasi dengan perangkat Desa Sumberkarang untuk pengolahan admin website UMKM. Admin website  merupakan salah satu unsur penting bagi perangkat desa, tidak hanya digunakan sebagai dokumen formalitas semata, namun terdapat berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh para perangkat desa yang bisa mengelola admin website tersebut. Melalui program KKN ini, Affam memberikan pemahaman tentang Pengolahan Admin Website UMKM bagi para perangkat desa. Sasaran dalam program ini adalah Perangkat desa di Desa Sumberkarang, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Pengusulan program ini didasari karena masih terdapat beberapa perangkat desa yang tidak mengerti dan belum memiliki website untuk UMKM. Keterbatasan pengetahuan tentang pentingnya Pengolahan Admin Website UMKM masih sangat minim di Desa Sumberkarang. Sehingga Pengolahan Admin UMKM tersebut tidak dapat berkembang dengan tepat. Namun, tidak dipungkiri juga bahwa di lain sisi, para perangkat desa belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengelola admin website UMKM. “Harapan saya, melalui program pelatihan pengolahan admin website  UMKM ini memberikan pengetahuan dan pemahaman baru kepada para perangkat desa setempat sehingga nantinya mereka bisa mengelola atau memperbarui website UMKM tersebut.” Ujar Affam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tepat pada hari Kamis, 6 Juli 2023 tepat pukul 12.00 WIB, Affam beserta teman teman dari bidang Internet Of Thing mengunjungi balai desa di sumberkarang. Kegiatan Pelatihan Pengolahan Admin Website UMKM ini dilakukan dengan cara mengunjungi Perangkat Desa  Sumberkarang. Pemaparan materi serta pelatihan pengolahan admin website UMKM dilakukan dengan lancar dan dapat dimengerti oleh perangkat desa terkait. 

Pelaksanaan program kerja yang dilakukan Affam berjalan dengan lancar serta didukung oleh para perangkat desa yang sangat kooperatif dan antusias untuk mengikuti serangkaian pendampingan yang dilakukan mahasiswa KKN UNTAG Surabaya ini.

#UntagSurabaya

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagKompeten

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten

Ikuti tulisan menarik Affam Barraq lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu