x

ilustr: ACR

Iklan

Puspo Lolailik Suprapto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juli 2023

Kamis, 13 Juli 2023 12:47 WIB

Filosofi Teras, Ilmu yang Membantu Seseorang Menjadi Lebih Tenang

Dengan memahami dan mengamalkan ilmu filosofi yang diangkat dalam buku ini, kita dapat merasakan perubahan positif dalam hidup kita sendiri serta mencapai kehidupan yang lebih tenang dan penuh arti.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring, terdapat beberapa ilmu filosofi yang dapat membantu seseorang hidup menjadi lebih tenang. Salah satu ilmu filosofi yang diangkat adalah Stoikisme.

Stoikisme merupakan ajaran filsafat yang mengedepankan ketenangan pikiran dan juga ketenangan batin. Dalam buku ini, konsep stoikisme digunakan untuk mengajarkan pentingnya menerima serta menerima segala sesuatu yang terjadi dalam hidup dengan tenang dan sabar. Dengan menerapkan sikap stoikisme, kita dapat menjadi lebih tenang dalam menghadapi tantangan dan kesulitan hidup.

Lalu, ada Eksistensialisme. Eksistensialisme adalah aliran filsafat yang menekankan pentingnya seseorang dalam mencari makna hidupnya sendiri. Dalam buku ini, konsep eksistensialisme digunakan untuk mengajarkan pentingnya menghadapi kehidupan dengan penuh keberanian serta kebebasan. Dengan menerapkan sikap eksistensialisme, kita dapat hidup menjadi lebih tenang karena kita menyadari bahwa kita memiliki kemampuan untuk menciptakan makna dalam hidup kita sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain dua ilmu filosofi populer, buku non-fiksi ini juga mengangkat beberapa konsep dari filsafat Timur. Misalnya, Zen, Taoisme, dan kebijaksanaan kuno Cina.

Sementara, Filosofi Timur mengajarkan kita akan pentingnya hidup seimbang dan kedamaian batin. Dengan menerapkan ilmu filosofi, kita menemukan ketenangan dalam kehidupan sehari-hari, melalui meditasi, refleksi, dan juga pengendalian diri.

Dan terakhir, ada Filsafat Hidup Sederhana. Buku ini mengajarkan nilai-nilai hidup sederhana, yaitu bagaimana menghargai hal-hal kecil dalam hidup dan menghindari materialisme yang berlebihan. Dengan menerapkan filosofi hidup sederhana, kita dapat membebaskan diri dari tekanan serta kekhawatiran yang timbul dari kemewahan materi.

Secara keseluruhan, buku Filosofi Teras mengajarkan bahwa ilmu filosofi juga dapat menjadi panduan hidup yang bermanfaat dalam menemukan ketenangan, kebahagiaan, dan kebijaksanaan. Dengan memahami dan mengamalkan ilmu filosofi yang diangkat dalam buku ini, kita dapat merasakan perubahan positif dalam hidup kita sendiri serta mencapai kehidupan yang lebih tenang dan penuh arti. 

Ikuti tulisan menarik Puspo Lolailik Suprapto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan