x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Jumat, 14 Juli 2023 19:11 WIB

Pengajian Rutin di Rutan Demak untuk Wujudkan Kepribadian Baik bagi Warga Binaan

Program pembinaan terbagi menjadi dua yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak, 13 Juli 2023 – Dalam rangka meningkatkan kualitas kepribadian warga binaan pemasyarakatan, bisa dilakukan dengan suatu program pembinaan. Program pembinaan sendiri terbagi menjadi dua yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Berbicara tentang kepribadian, tentunya pembinaan kepribadianlah yang dapat di gunakan untuk meningkatkan kualitas hidup WBP.

Pembinaan kepribadian menekankan pada pembinaan mental dan watak agar WBP tersebut bisa menjadi manusia seutuhnya, bertakwa dan bertanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk memenuhi hak warga binaan dalam mendapatkan pembinaan kepribadian. Pembinaan-pembinaan kepribadian yang dilakukan diantaranya yaitu membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, pembinaan sikap dan perilaku, pemenuhan kesehatan jasmani dan rohani, dan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Contoh-contoh kegiatan tersebut adalah adanya apel kesadaran berbangsa dan bernegara WBP, pengarahan-pengarahan dari petugas keamanan kepada WBP, senam jasmani yang dilakukan rutin setiap paginya, dan pemenuhan kebutuhan rohani para warga binaan dengan berbagai kegiatan seperti ceramah keagamaan islam, pengajian kitab suci Al Qur’an, dan lain sebagainya.

Seperti yang dilakukan pada hari Kamis (13/07), para warga binaan wanita mengikuti kegiatan siraman rohani yang di pimpin langsung oleh petugas Kementrian Agama Kabupaten Demak.

Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin menyampaikan bahwa, kunci dari peningkatan kualitas kepribadian warga binaan agar menjadi pribadi yang baik adalah dengan cara peningkatan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Setelah melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kepribadian, dari mulai kegiatan kesadaran berbangsa bernegara sampai kegiatan olahraga jasmani, kegiatan kerohanian merupakan kunci pelengkap dari kegiatan-kegiatan peningkatan kualitas kepribadian WBP. Dengan adanya siraman rohani, kami harapkan dapat menciptakan ketenangan batin WBP sehingga dapat menjadikan pribadi yang lebih baik,” ujar Riski Burhannudin.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Rutan Demak berharap pemenuhan aspek spiritual dalam proses pembinaan WBP terpenuhi. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi para WBP wanita dalam mencapai kunci ketenangan batin dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu