x

furniture

Iklan

fatma ariyanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2023

Kamis, 20 Juli 2023 12:24 WIB

Perkembangan Industri Furniture di Daerah Jepara


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan Industri Furniture
Industri furniture menyajikan konsep yang dikombinasi antara interior design dan fungsi sebagaimana sebuah properti rumah tangga digunakan. Dua hal penting ini merupakan acuan dalam pertumbuhannya. Furniture banyak menyajikan inovasi dalam seni yang memadukan keindahan desain serta kualitas bahan. Seperti kayu, yang dikombinasikan dengan rotan, besi aluminium dan bahan lainnya.

Industri furniture atau mebel adalah salah satu kerajinan khas Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan yang pesat secara konsisten. Perkembangan yang siginifikan dan ditargetkan memililiki prospek cerah di masa depan. Sebagian besar para pelaku usaha bermitra dengan interior designer untuk menciptakan produk furniture dengan gayanya masing-masing. Mereka memadukan nilai estetika sebagai inovasi terbaru, yang menjadi salah satu keunggulan dari suatu produk furniture.

Model minimalis merupakan yang paling populer akhir-akhir ini. Desain hunian kecil dengan kombinasi furniture-furniture cantik berukuran medium minimalis sangat banyak diminati, mulai dari kalangan muda sampai tua. Properti simpel dengan aksesori yang identik dengan nilai artistik yang tinggi. Telebih variasi desain interior banyak yang mulai dikenal masyarakat, seperti desain interior klasik, desain industrial, desain shabby chic, desain vintage, desain rustic, desain retro dan masih banyak lagi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bisnis Mebel di Kota Jepara

Jepara merupakan kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan ukirannya yang istimewa. Ukirannya memiliki corak yang khas dan sedikit rumit. Para pengrajin ukir tentunya memiliki tingkat kreativitas yang tinggi untuk menciptakanya. Sehingga mampu menghasilkan properti yang memiliki nilai estetika tinggi.

Para pegiat seni ukir menyalurkan bakatnya melalui industri furniture. Mulai dari desain ukir Jepara yang khas dan berbagai desain kontemporer yang masih mereka pelajari dengan tekun. Sehingga perlu memberikan space kepada para pengrajin agar mereka semakin meningkatkan skill dalam mengukir. Karena itu, Jepara menjadi kota yang memiliki prospek tinggi di bidang industri furniture, melihat banyaknya pengarajin yang berkualitas.

Isi ruangan sebagai salah satu startup baru yang bergerak di bidang property dan furniture. Pendirinya, Muhammad dani Steviro Tendean, merintis bisnisnya sejak tahun 2019 saat krisis pandemi. Saat itu, ia pulang ke kampung halamannya di Jepara dan menemukan beberapa pengrajin mebel yang juga sedang mengalami krisis order. Dani menciptakan jembatan antara calon customer dan pengrajin mebel. Dengan bekerja sama dengan para pengrajin dan berbekal kemampuan dalam membuat website, Dani menciptakan startup e-commerce di bidang furniture bernama isiruangan.

"Saya melihat pertumbuhan permintaan properti berkualitas semakin meningkat dengan pesat setiap tahun. Isiruangan adalah solusi bagaimana konsumen bisa mendapatkan produk furniture dengan material kayu terbaik dengan dimensi serta design yang sesuai dengan yang diinginkan. Isiruangan akan terus bertumbuh menjadi salah satu bisnis furniture yang mempunyai daya saing kuat di dalam maupun luar negeri," ujar Dani, selaku CEO dari Isiruangan.

Perkembangan bisnis furniture memiliki prospek yang cerah di masa depan. Pertumbuhan mebel yang positif, mampu meningkatkan pendapatan ekonomi secara luas. Apalagi dengan adanya pemanfaatan online marketing atau e-commerce, industri furniture Jepara optimis maju di kancah international. Bahkan banyak para pemesan produk tidak hanya masyarakat lokal namun juga dari luar negara. Jepara yang terkenal sebagai kota ukir menjadi lebih produktif dengan meningkatnya industri furniture, sekaligus dapat dikenal masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

Ikuti tulisan menarik fatma ariyanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu