x

Iklan

Izza Faisah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Juni 2022

Senin, 31 Juli 2023 07:35 WIB

Haji Furoda: Pengertian, Syarat, dan Cara Daftar

Tak kunjung mendapatkan kuota haji? Daftar Haji Furoda bisa jadi solusi. Pahami pengertian, syarat, dan cara daftarnya berikut ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi umat muslim, berangkat haji bisa menjadi impian terbesar dalam hidup. Apabila Anda memang berniat melaksanakan ibadah tersebut, faktanya pemerintah menyediakan beberapa opsi keberangkatan. Haji Furoda adalah salah satu yang bisa dipilih.

Walaupun begitu, selain program tersebut masih ada haji reguler dan haji plus. Dimana haji reguler mungkin membutuhkan waktu lama untuk bisa berangkat. Bahkan menghabiskan waktu hingga puluhan tahun.

Jika memang tidak yakin bisa menunggu selama ini, opsi lain adalah haji khusus atau ONH Plus dengan waktu tunggu lebih cepat dari program reguler. Begitu pun fasilitas yang didapatkan jamaah juga jauh lebih baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, saat merasa dana yang dimiliki cukup besar, tidak ada salahnya Anda memilih haji furoda. Anda bisa berangkat secepatnya dan mendapatkan fasilitas mewah? Bagaimana cara daftar haji untuk program ini? Simak selengkapnya melalui penjelasan berikut:

Apa Itu Haji Furoda?

Sebelumnya, Anda harus tahu dulu tentang program haji yang satu ini. Program haji ini biasanya disebut juga sebagai haji non-kuota. Jika menelisik dari UU No.13 Tahun 2009, haji ini sebetulnya tidak diakui pemerintah Indonesia.

Wajar saja karena tidak masuk kuota resmi rombongan haji Indonesia. Namun, setelah Presiden Jokowi mengeluarkan UU baru di tahun 2019, program haji ini menjadi legal dan resmi sehingga aman dilakukan.

Bahkan haji Furoda juga dianggap legal di Arab Saudi. Sebab mereka sudah menyediakan visa khusus yang dikenal sebagai visa mujamalah. Dengan menggunakan visa haji ini, maka jamaah yang telah mendaftar dapat langsung menunaikan ibadah haji di tahun tersebut tanpa perlu antre.

Harus Anda ketahui adalah rombongan haji ini tidak ditangani langsung oleh pemerintah. Jamaah haji program ini dapat mendaftarkan diri sekaligus membayar biaya ke agen perjalanan. Jadi, masyarakat harus lebih teliti memilih agen atau biro perjalanan yang terpercaya dan amanah.

Siapa Saja yang Dapat Visa Haji Furoda?

Sebelumnya sudah sedikit disinggung jika bagi siapa yang mau berangkat haji dengan program furoda maka harus menggunakan visa khusus bernama mujamalah. Lalu apakah semua orang bisa mendapatkan visa ini, hanya dengan membayar ratusan juta rupiah saja?

Cara untuk bisa berangkat haji Furoda memang harus menyediakan budget khusus yang jumlahnya tak sedikit. Bahkan, lebih besar daripada haji reguler atau haji plus. Selain itu, mereka juga harus berhasil mendapatkan visa undangan dari pemerintah Arab Saudi (mujamalah).

Faktanya, ada dua macam jenis visa haji undangan atau furoda yang dikenal hingga sekarang. Satu furoda yang diberikan kepada para calon jamaah secara umum di semua negara dan kedua adalah visa undangan yang betul-betul khusus untuk tamu istimewa. Berikut penjelasan keduanya secara lebih terperinci:

Visa Furoda Masyarakat Umum

Untuk kategori ini, calon jamaah haji diwajibkan membayar paket program furoda. Tentunya supaya mendapatkannya calon jamaah pun harus terlebih dahulu mengikuti program haji reguler kuota pemerintah.

Undangan Khusus

Merupakan visa haji Furoda atau undangan kerajaan khusus yang diberikan gratis hanya kepada orang-orang tertentu saja. Cara mendapatkan visi ini pun tak dipungut biaya. Hanya mereka yang diberikan keistimewaan oleh pemerintah kerajaan Saudi saja yang berhak mendapatkannya.

Syarat Haji Furoda

Sebelum membahas bagaimana cara mendaftar program haji ini, perlu Anda ketahui adalah ada beberapa syarat khusus. Jika ingin berangkat haji dengan program furoda paling tidak Anda harus mempersiapkan syarat-syarat seperti diantaranya:

Fotocopy Dokumen Tertentu

Sama seperti jika ingin mendaftar program haji lain sebetulnya. Disini Anda juga perlu menyiapkan fotocopy beberapa dokumen tertentu seperti:

  • Akta Kelahiran
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • Buku Nikah Pasangan Suami Istri

Menyerahkan Surat Pernyataan

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan surat pernyataan untuk bisa mendaftar sebagai calon jamaah haji Furoda. Untuk isi dan formatnya mungkin bisa langsung melihat informasi yang disediakan oleh agen perjalanan terpercaya.

Menyiapkan Pas Foto

Tidak lupa Anda juga harus menyiapkan pas foto berwarna 3x4 sebanyak 20 lembar dengan tampilan background putih. Ada lagi pas foto berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 15 lembar dan masih sama menggunakan latar warna putih.

Melunasi Pembayaran DP

Untuk bisa segera diproses pendaftaran Anda, tentunya pembayaran DP harus dilunasi. Anda bisa berkonsultasi langsung pada agen perjalanan yang dipercaya terkait prosedur pembayaran yang ditetapkan.

Menyerahkan Buku Vaksin

Syarat untuk bisa berangkat haji furoda berikutnya adalah menyerahkan buku vaksin. Oleh karena itu, sebelumnya Anda diharapkan sudah melengkapi syarat vaksin yang ditentukan. Biasanya bukti telah vaksin lengkap dijelaskan semua pada buku vaksin.

Melunasi Semua Sisa Pembayaran Setelah Mendapatkan Visa Mujamalah

Syarat terakhir adalah mampu melunasi semua sisa pembayaran keberangkatan. Pelunasan tersebut harus segera dilakukan setelah visa mujamalah yang dikeluarkan pemerintah arab Saudi berhasil keluar.

 

Cara Daftar Haji Furoda

Ketika syarat sudah siap, berikutnya tentu saja Anda perlu mengetahui bagaimana cara daftarnya bukan? Untuk daftar furoda sebetulnya tak sulit sama sekali. Anda hanya perlu mengikuti semua langkahnya seperti di bawah ini

Hubungi Agen Perjalanan Haji

Langkah pertama tentu saja menghubungi agen perjalanan haji yang terpercaya. Pastikan mereka juga menyediakan paket visa haji furoda supaya lebih mudah. Silahkan tanya-tanya juga tentang harga dan informasi lainnya.

Daftar Secara Online

Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk segera daftar secara online. Pada tahap ini Anda akan diminta mengirim semua syarat dokumen yang dibutuhkan. Pastikan semua data yang dikirimkan lengkap dan benar.

Lengkapi Administrasi

Jika daftar online sudah dilakukan, segera lengkapi administrasi. Anda harus mulai mengirimkan KTP, KK, Paspor dan lainnya. Namun dokumen ini sebetulnya boleh dikirimkan setelah daftar maupun sesudah pembayaran uang muka.

Lakukan Pembayaran Uang Muka dan Kirim Bukti Pada Agen Perjalanan

Cara daftar haji Furoda berikutnya adalah Anda tinggal melunasi biaya pembayaran uang muka. Apabila sudah, langsung kirim bukti pembayaran tersebut pada agen perjalanan supaya dapat segera diverifikasi. Mereka akan memberikan tanda terima untuk Anda.

Agen Perjalanan Melanjutkan Proses Pendaftaran

Langkah selanjutnya, pihak agen perjalanan yang akan meneruskan pendaftaran haji Anda ke Kemenag. Dengan begitu, Anda bisa berangkat haji secara resmi dan legal melalui agen perjalanan tersebut.

Tunggu Visa Keluar

Berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menunggu jadwal keberangkatan dari pihak kedutaan arab Saudi melalui PIHK. Lamanya mungkin bervariasi, kadang bisa cepat atau menunggu beberapa waktu.

Melunasi Pembayaran Haji Setelah Visa Keluar

Saat visa haji furoda Anda sudah dikeluarkan, jangan lupa untuk segera melunasi sisa pembayaran haji. Visa mujamalah tersebut sekaligus menjadi tanda bahwa Anda secara resmi dapat berangkat haji di tahun tersebut.

Program haji ini punya banyak kelebihan walaupun terbilang tidak murah. Selain Anda tidak harus menunggu waktu keberangkatan yang terlalu lama, fasilitasnya pun bisa dikatakan cukup lengkap.

Bahkan, untuk beberapa agen perjalanan haji, Anda diperbolehkan untuk mengupgrade sendiri beberapa fasilitas seperti penginapan, akomodasi, dan lain sebagainya. Durasi pelaksanaan haji selama di arab Saudi pun telah disesuaikan dengan kebutuhan.

Itu dia tadi penjelasan tentang cara daftar haji furoda. Berikut syarat yang harus dipenuhi. Bagaimana? Anda sudah mulai tertarik untuk daftar?

Ikuti tulisan menarik Izza Faisah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler