x

image: Photo by Oleksandr Pidvalnyi/Pexels

Iklan

Nicholea Billy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Rabu, 2 Agustus 2023 19:09 WIB

Menikah Setelah Tinggal Melebihi Masa Berlaku Visa di Australia

Tinggal melebihi masa berlaku visa Australia berarti tinggal di negara ini melebihi jangka waktu resmi yang ditentukan oleh izin tinggal. Tinggal melebihi batas waktu tinggal dapat menyebabkan Anda ditahan, dideportasi, dan dilarang masuk di masa mendatang, sehingga sangat penting untuk mengatasi situasi ini dengan cepat dan tepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menikah Setelah Tinggal Melebihi masa berlaku visa di Australia, Mungkinkah?

Sebelum kita membahas tentang opsi bagi mereka yang menikah setelah tinggal melebihi masa berlaku Visa Australia mereka, mari kita bahas sedikit tentang aspek hubungan terlebih dahulu.

Bertemu dengan orang yang spesial selalu menjadi momen yang mengubah hidup dan istimewa, dan tempat mana yang lebih baik untuk bertemu dengan mereka selain Australia?

Ini adalah tempat yang luar biasa untuk bertemu seseorang, bertualang, dan merencanakan masa depan bersama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kadang-kadang hal ini menyebabkan salah satu dari pasangan terbawa suasana dan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa visa mereka.

Ini adalah salah satu alasan paling umum yang kami temui untuk orang-orang yang tinggal melebihi masa berlaku visa mereka.

Beberapa orang baru menyadari beberapa hari setelah tanggal kadaluarsa dan yang lainnya baru menyadari berbulan-bulan kemudian.

Dapat dimengerti, seringkali pasangan ini memilih untuk tidak memberi tahu pihak imigrasi jika mereka berpisah karena si overstayer mendapatkan larangan tinggal di Australia selama 3 tahun.

Larangan ini kemungkinan menjadi alasan mengapa banyak orang memilih untuk menikah setelah tinggal melebihi batas waktu visa Australia mereka.

Namun harap diingat;

Tinggal di Australia tanpa visa yang sah mungkin bisa berhasil dalam jangka pendek, tetapi sayangnya hal ini dapat berdampak signifikan di masa depan jika pasangan tersebut ingin menikah.

Memahami Tinggal Berlebih dan Implikasinya

Tinggal melebihi masa berlaku visa Australia berarti tinggal di negara ini melebihi jangka waktu yang ditentukan dalam izin tinggal. Tinggal melebihi batas waktu yang diizinkan dapat menyebabkan Anda ditahan, dideportasi, dan dilarang masuk di masa mendatang, sehingga sangat penting untuk mengatasi situasi ini dengan cepat dan tepat.

Melanggar ketentuan visa Anda dengan tinggal melebihi batas waktu yang ditentukan akan mempersulit Anda untuk mendapatkan visa dari pihak imigrasi.

Menikah adalah salah satu pilihan

Namun, Anda tetap bisa mendapatkan visa pasangan meskipun Anda sudah menikah setelah tinggal melebihi masa berlaku Visa Australia Anda.

Anda hanya perlu agen migrasi yang berpengalaman dalam kasus overstay dan aplikasi pasangan untuk membantu Anda dalam pengajuan berikutnya.

Dalam skenario pertama, Anda menyadari bahwa Anda telah tinggal melebihi batas waktu visa Anda kurang dari 28 hari.

Ini adalah kabar baik. Anda harus menghubungi Pusat Penyelesaian Status Imigrasi dan memberi tahu mereka bahwa Anda telah tinggal melebihi batas waktu yang ditentukan dan mengajukan permohonan visa lain.

Mereka kemudian akan memberi Anda visa penghubung selama 28 hari.

Anda kemudian secara sah berada di negara tersebut selama 28 hari.

Permohonan visa pasangan Anda harus diajukan sebelum 28 hari tersebut habis, sehingga Anda dapat menerima visa penghubung lainnya hingga visa Anda dikabulkan atau ditolak, atau Anda harus meninggalkan Australia.

Jika pengajuan visa Anda masih dipersiapkan pada saat masa tenggang selesai, Anda harus meninggalkan Australia.

Jika pengajuan visa Anda belum siap pada saat masa tenggang selesai, Anda harus meninggalkan Australia.

Anda kemudian dapat mengajukan visa pengunjung dari luar negeri dan kembali lagi untuk mengajukan visa Mitra di daratan, atau Anda dapat mengajukan visa mitra di luar negeri.  

Jika Anda telah tinggal lebih dari 28 hari, sayangnya Anda tidak memiliki banyak pilihan yang mudah.

Jika Anda meninggalkan Australia, Anda akan dikenai larangan tinggal selama tiga tahun.

Untuk mendapatkan pencabutan larangan tersebut, Anda harus menghubungi Agen Migrasi kami, Indah Melindasari yang kemungkinan besar dapat mencabut larangan tersebut dan menyatukan Anda kembali dengan kekasih Anda dengan cepat.  

Jika Anda tinggal di Australia dan mencoba mengajukan visa pasangan di dalam negeri, Anda akan memiliki 3 kriteria yang telah dijadwalkan untuk Anda yang berarti Anda akan memiliki kriteria tambahan yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan visa pasangan.

Sejujurnya, kriteria Jadwal 3 sangat sulit untuk dipenuhi dan meningkatkan kemungkinan aplikasi Anda ditolak.

Namun, adalah hal yang wajar jika aplikasi yang menggunakan Jadwal 3 ditolak.

Anda kemudian memiliki kesempatan untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut dan mudah-mudahan akan diterima.

Apa pun skenario yang Anda hadapi, ini adalah tempat yang sulit dan penuh tekanan.

Ikuti tulisan menarik Nicholea Billy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu