x

Sumber: Dok pribadi

Iklan

Donyawan Maigoda

Donyawan Maigoda
Bergabung Sejak: 27 April 2023

Senin, 7 Agustus 2023 16:12 WIB

Rumadu, Mengatasi Masalah Sosial Melalui Kewirausahaan Sosial di Pulau Flores

Rumadu (Rumah Madu) adalah kewirausahaan sosial yang memecahkan masalah di pulau Flores dan NTT dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga hutan melalui memanen lebah hutan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di tengah tantangan sosial yang dihadapi oleh masyarakat di pulau Flores dan Nusa Tenggara Timur (NTT), hadir sebuah inisiatif kewirausahaan sosial yang mengambil nama "Rumadu" atau Rumah Madu. Di bawah kepemimpinan pendiri Helena Hia Tukan, program ini berupaya mengatasi masalah seperti rendahnya daya beli masyarakat, rendahnya sumber daya manusia untuk mengelola lahan pertanian, dan kerusakan hutan akibat kebakaran. 

 

Dengan pendekatan sosialisasi, Rumadu berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan hutan. Mereka membimbing penduduk sekitar hutan dalam keterampilan memanen madu hutan, yang juga merupakan agen polinator penting untuk penyerbukan tanaman pertanian dan perkebunan. Dengan menghubungkan manfaat hutan, lebah hutan, dan manusia, Rumadu menciptakan pola simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kegiatan rutin Rumadu bersama para petani madu dampingan meliputi sosialisasi standar panen dan paska panen yang ramah lingkungan serta berkelanjutan. Mereka juga membantu memperlengkapi petani dengan peralatan sesuai standar, dan mengembangkan koordinator QC di lapangan. Dengan membeli madu langsung dari petani dengan harga 10% lebih tinggi dari harga lokal, Rumadu mendorong kesejahteraan petani. Selanjutnya, proses penyaringan, pengendapan, pengemasan, dan labeling dilakukan di Unit Pengolahan Hasil mereka sebelum memasarkan madu secara lokal maupun di luar Flores.

 

Rumadu juga fokus pada pelatihan diversifikasi produk untuk ibu-ibu, sehingga mereka dapat mengolah ampas sarang lebah menjadi produk berharga seperti lilin lebah. Inisiatif ini memberikan tambahan pendapatan kepada ibu-ibu yang merupakan istri para petani madu.

 

Latar belakang Rumadu berakar dari pemahaman tentang pentingnya madu hutan dalam budaya lokal sebagai sumber makanan. Namun, dengan meningkatnya permintaan akan manfaat kesehatan dari madu, tantangan timbul dalam menjaga kualitas dan kesinambungan ekosistem. Rumadu mengubah pandangan ini menjadi peluang dengan menerapkan praktik panen lestari, menciptakan keuntungan ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

 

Dalam perjalanannya, Rumadu menghadapi hambatan, termasuk kesulitan merubah kebiasaan petani dalam pengelolaan madu, keterbatasan manajemen keuangan, serta persaingan yang tidak sehat. Namun, capaian Rumadu telah terlihat jelas: meningkatnya harga jual madu, pembangunan rumah dan akses listrik bagi petani, peningkatan kesadaran pelestarian hutan, serta pelatihan yang membuka peluang baru bagi petani madu.

 

Sejak berdiri pada tahun 2016, Rumadu telah melibatkan lebih dari 50 petani madu dalam pengelolaan madu hutan. Inisiatif ini bukan hanya meningkatkan nilai ekonomi madu, tetapi juga membantu masyarakat memahami pentingnya keseimbangan antara manusia dan alam. Rumadu telah menjadi contoh keberlanjutan dalam menjaga lingkungan dan mengatasi masalah sosial melalui kewirausahaan sosial. Dengan membuka peluang baru bagi masyarakat, Rumadu menunjukkan jalan menuju masa depan yang lebih cerah di pulau Flores dan NTT.

 

Semua capaian yang telah diraih oleh Rumadu (Rumah Madu) merupakan bukti nyata bahwa sebuah inisiatif kecil dapat tumbuh menjadi perubahan besar dalam masyarakat. Menjaga lingkungan dan mengatasi masalah sosial bukanlah tugas yang harus diemban oleh satu orang atau satu kelompok saja, melainkan oleh kita semua sebagai satu kesatuan. 

 

Pada saat ini, kami ingin mengajak Anda untuk ikut serta dalam gerakan yang lebih besar, yang bertujuan untuk menghargai dan mengapresiasi upaya-upaya positif seperti yang telah dilakukan oleh Rumadu. Satu Indonesia Award 2023 adalah panggung penghargaan yang membuka peluang bagi individu, kelompok, dan inisiatif inspiratif lainnya untuk berbagi kisah dan capaian mereka dalam mengubah masyarakat menjadi lebih baik.

 

Kami percaya bahwa setiap langkah kecil kita bisa memberikan dampak besar. Dari membagikan ide-ide kreatif hingga melibatkan diri dalam aksi nyata, kita semua memiliki peran dalam membangun masa depan yang lebih berkelanjutan dan harmonis. Mari bersama-sama merayakan inovasi, dedikasi, dan semangat untuk perubahan positif di Indonesia.

 

Ayo, bergabunglah dalam Satu Indonesia Award 2023 dan mari kita bergerak bersama menuju masa depan yang lebih cerah. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web https://satuindonesiaawards.astra.co.id/. Mari kita berbuat lebih banyak, bersama-sama!

Ikuti tulisan menarik Donyawan Maigoda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu