x

Iklan

Indŕato Sumantoro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2020

Selasa, 8 Agustus 2023 15:55 WIB

Kiat Sukses ala Ojek Online

Tentu saja definisi sukses setiap orang akan berbeda-beda. Tetapi kita perlu merenung bahwa sukses sejati adalah bukan ketika kita memperoleh suatu keberhasilan. Tetapi sukses sejati itu adalah ketika kita telah mampu menikmati proses dalam upaya kita untuk mencapai suatu keberhasilan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap orang sejatinya ingin sukses. Baik muda maupun tua. Baik kaya maupun miskin. Semuanya ingin hidup bahagia dan sukses. Apa arti sukses itu? Kesuksesan itu merupakan suatu keberhasilan dan keberuntungan. Dan seringkali sukses itu diartikan juga sebagai status yang menunjukkan kita telah berhasil mencapai sesuatu yang menggambarkan kemakmuran. Tentu saja definisi sukses setiap orang akan berbeda-beda. Tetapi kita perlu merenung bahwa sukses sejati adalah bukan ketika kita memperoleh suatu keberhasilan. Tetapi sukses sejati itu adalah ketika kita telah mampu menikmati proses dalam upaya kita untuk mencapai suatu keberhasilan.

Banyak orang yang ingin sukses secara instant dan cepat dengan mengikuti pelatihan-pelatihan mengenai kiat-kiat sukses. Biaya mengikuti pelatihan-peltihan sukses ini tidak murah. Mereka berpikir bahwa biaya pelatihan itu adalah investasi untuk memperoleh penghasilan di masa depan yang akan berlipat ganda. Tetapi tidak sedikit orang yang merasa kecewa dan menyesal, karena pernah mengikuti pelatihan-pelatihan. Mirisnya, pendapatan mereka tidak kunjung meningkat. Apa yang salah?

Sebagian besar orang ada yang ingin sukses dengan membeli buku-buku motivasi dan kiat-kiat sukses, karena bisa lebih murah daripada mengikuti pelatihan-pelatihan. Buku-buku yang dibaca adalah karangan penulis luar negeri, maupun penulis dalam negeri yang terkenal. Antara lain, buku-buku yang “Best Seller” adalah The Secret karangan Rhonda Byrne, The Law of Attraction karangan Michael Losier, The Seven Habits of Highly Effective People karangan Stephen Covey, dan masih banyak lagi. Tetapi setelah membaca beberapa buku-buku motivasi dan kiat-kiat sukses tersebut, ternyata kesuksesan yang diharapkan tidak juga kunjung datang. Apa yang salah?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebenarnya buku-buku motivasi dan kiat-kiat sukses banyak yang bagus-bagus. Tetapi kita sendiri sulit untuk memahami kiat-kiat sukses tersebut dengan baik. Kita mempunyai banyak keterbatasan, sehingga kita merasa kiat-kiat sukses tersebut sangat sulit untuk dipraktekkan di dalam kehidupan kita sehari-hari, dan tidak cocok untuk diri kita sendiri. Kita ingin kiat-kiat sukses yang sederhana, mudah dipahami, dan dilaksanakan, tetapi hasilnya cepat dan sangat besar. Sebagian dari kita masih suka bermimpi, bahwa apabila kita sudah mengikuti pelatihan-pelatihan, dan sudah membaca banyak buku-buku mengenai kiat-kiat sukses, maka secara otomatis kita sudah menjadi orang sukses.

Mungkin kiat-kiat sukses yang paling mudah dan sederhana untuk dipahami dan dipraktekkan di dalam kehidupan kita sehari-hari adalah kiat-kiat sukses ala Ojek Online, sebagai berikut:

Langkah pertama, tuliskan di dalam buku tujuan hidup kita atau cita-cita serinci mungkin. Hal ini sangat penting untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa kita memiliki cita-cita atau tujuan hidup yang sangat jelas, sehingga kita sendiri mampu menuliskannya serinci mungkin. Langkah ini sudah sejalan dengan kalau kita mau naik Ojol. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui alamat yang sejelas-jelasnya, dimana alamat tujuan kita, dan alamat dimana kita akan dijemput.

Langkah kedua, apabila kita sudah merasa sangat yakin bahwa tujuan hidup dan cita-cita kita sudah sangat jelas dan rinci, sehingga orang lain akan mampu mengerti dan memahaminya dengan baik, selanjutnya kita harus berdoa kepada Allah SWT. Dalam doa kita akan memohon kepada Allah SWT seolah-olah kita sedang mempresentasikan proposal tujuan hidup dan cita-cita kita kepada Investor. Ceritakan segala sesuatunya secara rinci dan jelas kepada Allah SWT. Langkah kedua ini sudah sejalan dengan kalau kita mau naik Ojol. Kita akan buka aplikasi Ojol dan mengirim data-data yang rinci dan jelas mengenai alamat dimana akan dijemput, dan alamat tujuan.

Langkah ketiga: Apabila kita sudah berdoa kepada Allah SWT, maka kita harus merasa yakin seyakin-yakinnya, bahwa Allah SWT pasti akan mengabulkan doa kita. Kiat ini yang mungkin tidak pernah diajarkan di dalam pelatihan-pelatihan, dan ditulis di dalam buku-buku. Kunci keberhasilan terletak pada keyakinan diri kita sendiri. Allah SWT pasti akan mengabulkan doa kita. Dan cara Allah SWT mengabulkan doa kita, antara lain, dengan cara Allah SWT akan menolong kita melalui orang lain. Dan siapa orang lain tersebut, kita tidak tahu. Itu merupakan rahasia dari Allah SWT. Langkah ketiga ini sudah sejalan dengan kalau kita membuka aplikasi Ojol. Setelah kita memasukkan data-data yang lengkap mengenai alamat yang rinci dan jelas dari tempat tujuan dan tempat dijemput, dan setelah kita setuju dengan ongkosnya, maka aplikasi Ojol akan mengirim pengemudi Ojol untuk menjemput kita untuk mengantar kita ke tempat tujuan. Bedanya dalam hal ini, kita sudah tahu siapa pengemudi Ojol yang akan menjemput dan mengantar kita ke tempat tujuan.   

Oleh karena kita tidak tahu siapa orang yang telah ditunjuk Allah SWT untuk menolong kita, maka kita akan minta tolong kepada siapa saja. Khususnya orang-orang terdekat kita, seperti saudara, teman, dan tetangga. Tetapi tidak ada salahnya kita minta tolong kepada siapa saja, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Ini misi yang sangat sulit seperti kita mencari jarum di tumpukkan jerami. Tetapi kita harus merasa yakin bahwa Allah SWT tidak mungkin akan turun ke bumi untuk menolong kita. Dan Allah SWT pasti akan menunjuk dan mengirim seseorang sebagai “malaikat” untuk menolong kita.

Dari sekian banyak orang yang kita mintai tolong, pasti akan ada beberapa orang yang akan bisa membantu kita untuk mencapai tujuan hidup dan cita-cita kita. Caranya bermacam-macam, tetapi intinya dengan kita berupaya terus tanpa mengenal lelah, sedikit demi sedikit kita akan semakin dekat mencapai tujuan. Yang penting kita harus bergerak terus apapun yang akan terjadi.

Apabila ada orang yang menolak membantu kita, maka kita anggap orang tersebut bukan orang yang telah ditunjuk Allah SWT untuk menolong kita. Kita tidak boleh marah dan sakit hati. Kita hadapi semua itu dengan senyuman manis, karena Allah SWT sedang bermain-main dengan kita. Allah SWT ingin tahu dan sedang menguji kita, sejatinya seberapa besar hasrat, motivasi, dan keinginan, kita untuk mewujudkan tujuan hidup dan cita-cita kita.

Untuk meyakinkan diri kita sendiri bahwa kiat sukses ini ampuh untuk mencapai tujuan hidup kita, coba kita naik Ojol. Tanamkan di dalam pikiran kita bahwa langkah-langkah yang harus dilaksanakan itu sudah sesuai dengan petunjuk dan urut-urutannya. Dan buktikan sendiri, akhirnya kita akan sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan selamat. Kalau kita sudah sangat yakin dengan kiat sukses ala Ojol ini, mari kita coba untuk mencapai tujuan hidup dan cita-cita kita yang lebih besar. Kiat sukses ala Ojol yang sederhana ini akan merubah diri kita secara total menjadi orang yang sukses. Tidak ada salahnya untuk mencoba kiat sukses ala Ojol ini.

Ikuti tulisan menarik Indŕato Sumantoro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu