x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 10 Agustus 2023 10:24 WIB

Mengerikan, Akibat Benci Banget

Benci sama orang silakan, asal jangan sampai benci banget. Dendam pun nggak apa asal jangan ddendam banget. Inilah 5 penyakit hati yang mematikan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahukah kamu? Ada 5 penyakit hati yang paling mematikan. Banyak orang jadi “mati” hati akibat penyakit ini. Bahkan tidak sedikit orang yang benar-benar mati alias meninggal dunia akibat mengidap 5 penyakit hati ini. Asal tahu saja, 5 penyakit hati yang paling kronis adalah 1) benci banget, 2) dendam banget, 3) sedih banget, 4) kecewa banget, dan 5) iri banget.

 

Hati-hati terhadap 5 penyakit hati tersebut. Sangat mematikan lagi menjadikan hari-hari jadi gundah-gulana. Benci, dendam dan sedih boleh tapi jangan sampai kebangetan. Kecewa dan iri pun beolh, asal jangan kebangetan. Karena bila kebangetan, maka akan merasuk ke hati dan pikiran. Hingga jadi sebab berpikir negatif, penuh kebencian, dan pesimis. Lebih dari itu hati dan pikiran jadi kotor. Penyakit yang sulit diobati.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Janganlah menyakiti diri sendiri. Sembuhkanlah hatimu, jernihkan pikiranmu. Maka akan sembuh seluruh tubuhmu. Jiwa raga yang sehat. Lahir batin yang mampu bersahabat dengan realitas. Bila 5 penyakit itu (benci, dendam, sedih, kecewa, dan iri pakai banget) tidak diobati pasti merusak hati dan menggerogoti kesehatan. Konkretnya, jadi penyakit kanker, diabetes, sakit jantung, dan sebagainya.

 

Ternyata benar, akar dari semua penyakit medis adalah "hati yang sakit”. Hati yang dipenuhi  rasa benci, dendam, sedih, kecewa, dan iri banget. Akibatnya, menjalar  ke seluruh jaringan tubuh. Darah tersendat, emosi membuncah. Pikiran stress, jiwa tidak tenang, Benci makin menjadi. Dendam masih terpendam. Sedih kian memerih. Kecewa masih berkelana. Dan iri kian menghampiri. Makin tidak enak makan, makin tidak nyenyak tidur. Di situlah penyakit hati bermukim setiap hari. Terlalu menyakiti diri sendiri.

 

Rasulullah SAW bersabda, "ada segumpal daging yang jika ia baik maka baiklah seluruh tubuh, Dan kalau ia buruk, maka seluruh tubuh akan buruk, itulah hati”. Ketika hati sehat maka sekujur tubuh akan sehat.

 

Jadi bila ingin selalu sehat, perbaiki diri kita, pikiran kita, dan hati kita dari segala penyakit, Hindari rasa benci, dendam, sedih, kecewa, dan iri pakai banget. Jangan sampai benci kebangetan atau iri kebangetan. Biasa-biasa saja, dan kendalikanlah. Karena 5 rasa itu jadi sumber penyakit.

 

Bersihkan hati. Tidak usah membandingkan diri dengan orang lain. Jangan intip kesuksesan orang lain bila belum mampu ikut senang orang lain sukses. Jalani apa adanya dengan penuh sabar dan syukur, Ikhlaslah atas apa yang dianugerahkan Allah SWT. Jangan marah-marah melulu, hanya karena susah kendalikan rasa rasa benci, dendam, sedih, kecewa, dan iri.

 

Pergilah ke tempat tenang, dan merenunglah sejenak. Agar tetap sehat dan jernih setiapm saat, kapanpun dan dimanapun. Salam literasi!

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB