x

Iklan

bella

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2023

Minggu, 13 Agustus 2023 10:48 WIB

Bosan dengan Olahan Singkong Rebus, Mahasiswa KKN Undip Ubah Singkong Menjadi Tepung Mocaf


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Plosowangi (18/7/2023)-Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu tumbuhan umbi yang kaya akan karbohidrat. Singkong biasanya dapat ditanam di kebun atau sawah setelah musim padi usai. Desa Plosowangi merupakan salah satu penghasil singkong yang cukup bagus, dilihat dari kualitas tanah yang subur sehingga hasil panen singkong yang didapat melimpah.

Melimpahnya hasil panen singkong seringkali menyebabkan pemanfaatan singkong oleh masyarakat kurang optimal dari segi penjualan dan pengolahan. Oleh karena itu KKN TIM II UNDIP 2022/2023 berupaya membantu masyarakat dengan cara Diverifikasi Pasca Panen Singkong menjadi Tepung Mocaf dan Olahannya. Hal ini bertujuan dapat menambah nilai jual singkong yang awalnya dijual mentahan 1 kg seharga Rp 2.000,00 menjadi Rp 20.000,00 setelah diolah menjadi Tepung Mocaf dan olahannya. 

Mocaf (Modified Cassanova Flour) merupakan produk tepung dari singkong yang termodifikasi. Modifikasi singkong pada mocaf dilakukan dengan cara fermentasi oleh bakteri asam laktat. Dimana memiliki kandungan kalori, lemak dan gula yang rendah. Kelebihan mocaf sendiri yaitu bebas gluten, kaya akan serat dan fosfor, serta aman untuk diabetes dan MPASI.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembuatan tepung mocaf sendiri cukup sederhana yaitu dimulai dari pengupasan kulit singkong, selanjutnya singkong dicuci. Langkah selanjutnya singkong diiris tipis dan kemudian difermentasi selama 24 jam dengan catatan irisan singkong terendam. Setelah proses fermentasi irisan singkong dicuci kemudian dijemur kurang lebih 12-24 jam. Setelah kering irisan singkong digiling menjadi tepung kemudian diayak dan sudah dapat digunakan.

Kegiatan program multidisiplin Diversifikasi Pasca Panen Singkong menjadi Tepung Mocaf dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2023 dengan sasaran Ibu-ibu PKK dan para kader Desa Plosowangi. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung PKK Plosowangi Kulon melalui power point presentasi dan demonstrasi. Ibu-ibu PKK dan para kader menyimak pemaparan dengan antusias terkait program Diversifikasi Pasca Panen Singkong menjadi Tepung Mocaf dan Pembuatan Brownies dari Tepung Mocaf.

Antusiasme ibu-ibu PKK dan para kader terhadap program yang diusung oleh mahasiswa KKN TIM II Undip membuktikan bahwa program Diversifikasi Pasca Panen Singkong menjadi Tepung Mocaf dan Pembuatan Brownies dari Tepung Mocaf dapat menyelesaikan permasalahan  yang ada di masyarakat dan meningkatkan ide jualan dari olahan tepung mocaf.

Harapan dari dilakukannya kegiatan ini adalah masyarakat Desa Plosowangi dapat mengembangkan ide jualan dan jajanan dari tepung mocaf serta meningkatkan tingkat kesehatan bagi masyarakat.

 

Penulis: TIM II KKN UNDIP 2023

#p2kknUndip #KKNUndipTimII #LPPMUndip #Undip #DesaPlosowangi

Ikuti tulisan menarik bella lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB