x

Iklan

Sishi Dearni

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Agustus 2023

Minggu, 20 Agustus 2023 06:39 WIB

Mahasiswa KKN Undip Tingkatkan Motivasi Siswa SMP dalam Menempuh Pendidikan

Artikel ini berisi cerita pengalaman salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dari jurusan Psikologi dalam menyelenggarakan program edukasi cita-cita untuk siswa SMP dengan tujuan mendukung pemenuhan wajib belajar di Desa Penyalahan, Kabupaten Tegal demi mewujudkan kualitas pendidikan dan SDM tanah air yang lebih baik

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu negara. Kewajiban menempuh pendidikan telah diatur dalam undang-undang dan termuat dalam program wajib belajar yang terus digencarkan pemerintah hingga saat ini. Implementasi wajib belajar yang belum optimal di Desa Penyalahan, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal mendorong Sishi Dearni Saragih, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dari Fakultas Psikologi, untuk mengadakan program edukasi cita-cita yang berjudul Kalau Besar Mau Jadi Apa?: Mengenali Diri Sendiri dan Goal Setting dalam Meraih Cita-cita sebagai upaya meningkatkan motivasi siswa dalam melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya melalui pengenalan cita-cita yang dikemas dalam bentuk diskusi interaktif.

Program edukasi telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 dengan sasaran utama adalah siswa-siswa kelas 9 SMPN Jatinegara 02 yang merupakan siswa tingkat akhir di bangku SMP. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya cita-cita, menentukan cita-cita yang ingin diraih, serta bagaimana cara mencapai cita-cita tersebut. Adapun kegiatan ini berlangsung selama 120 menit yang berisi pemaparan materi, mulai dari ragam profesi, manfaat memiliki cita-cita, faktor yang memengaruhi, hingga tantangan dan cara meraih cita-cita.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seusai pemaparan materi, peserta dibimbing untuk mengisi Canvas Cita-cita yang terdiri dari 7 poin yaitu tujuan internal, kelebihan diri, kekurangan diri, passion, cita-cita dan alasan, hambatan, dan cara meraih cita. Ketujuh poin tersebut diisi secara bertahap dan dibimbing secara langsung oleh tim mahasiswa. Canvas ini merupakan adaptasi dari personal canvas yang berfungsi sebagai kerangka yang memfasilitasi peserta dalam mengenali diri sendiri dan menetapkan target. Pengisian cita-cita dilanjutkan dengan sesi “Cerita Canvas” dimana peserta diberi kesempatan untuk menceritakan canvas cita-citanya. “Cita-cita saya mau jadi dokter kak, tapi hambatannya ada di kendala biaya dan dukungan orang tua. Cara saya meraih cita-cita dengan belajar yang rajin dan cari informasi”, ujar salah satu siswa yang secara sukarela maju untuk menceritakan canvasnya.

Kegiatan edukasi ini mendapatkan antusias yang baik dari para siswa kelas 9 SMPN Jatinegara 02. Dengan adanya program ini, peserta menjadi lebih mengetahui beragam pekerjaan yang bisa dicita-citakan, mengenali kelebihan dan kekurangan diri, cita-cita yang ingin digapai, dan cara mencapainya. “Kamu adalah orang terpilih yang bisa mengenyam pendidikan. Apapun tantangan yang dihadapi dalam meraih cita-cita, pasti ada jalan, bagi kamu yang mau?” tanya Sishi yang dijawab “berusaha!” oleh siswa dengan serentak dan semangat. Setelah program ini terlaksana, diharapkan siswa dapat mengenali dirinya dan cita-citanya, kemudian secara berkelanjutan dapat menjadikan cita-citanya sebagai bahan bakar dalam menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Ikuti tulisan menarik Sishi Dearni lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu