x

makanan sehat untuk keluarga

Iklan

Putri Santoso

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Maret 2022

Sabtu, 26 Agustus 2023 08:39 WIB

Siapkan Makanan Sehat untuk Keluarga dengan Produk Indonesia

Makanan sehat sangat penting bagi tumbuh kembang anak untuk mencegah stunting. Tak hanya dari bahan makanan, tapi juga alat yang digunakan saat memasak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hal besar apa yang berubah saat kalian menjadi seorang ibu? Kalau aku adalah makanan keluarga. Jika dulu, aku dan suami sering makan mie instan atau beli online, sekarang kami memilih pergi belanja bahan makanan segar dan memasak di rumah.

Salah satu alasan yang mendasari perubahan ini adala, kami ingin anak kami memakan makanan yang sehat untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Makanan Sehat dan Dampaknya untuk Tumbuh Kembang Anak

Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI), merupakan sebuah perjalanan berharga yang tak akan bisa diulang.  Pada masa ini, anak sedang belajar untuk mengenal makanan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Peran orang tua tentu sangat penting pada masa ini. Di mana, kita harus memberikan makanan yang sehat untuk tumbuh kembang anak.

Seperti pedoman dari Kementerian Kesehatan ‘tumpeng gizi seimbang’. Di mana setiap piring harus mengandung asupan gizi seimbang. 

Gizi seimbang, bukan berarti berasal dari bahan makanan yang mahal. Melainkam makanan yang ‘seharusnya’ kita makan sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan.

Pada tumpeng gizi seimbang, setiap makanan yang kita konsumsi harus mengandung protein, karbohidrat, serat, dan air putih. Contohnya telur sabagai sumber protein hewani, tahu atau tempe sebagai sumber protein nabati, wortel  atau bayam sebagai sumber serat, dan nasi sebagai sumber karbohidrat.

Lantas apa manfaat dari mengkonsumsi gizi seimbang untuk pertumbuhan anak. Berikut beberapa manfaatnya :

1# Perkembangan otak yang maksimal

Mengkonsumsi gizi seimbang  dapat memengaruhi daya ingat serta kemampuan berpikir dan konsentrasi. Hal ini karena terpenuhinya kebutuhan vitamin, asam lemak, dan mineral. 

2# Mempunyai imunitas yang baik

Sebagai ibu dengan anak berusia 10 bulan, tentu PR utamanya adalah mengawal anak agar bebas dari stunting. Salah satu cara mencegah stunting adalah menjaga anak agar tidak sakit. Artinya, anak harus mempunyai sistem imun yang baik. 

Di sinilah peran penting gizi seimbang. Karena bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebala tubuh.

3# Mempertahankan kestabilan berat badan

Dengan menerapkan gizi seimbang pada anak, baik bayi ataupun balita, dapat mengurangi risiko obesitas yang disebabkan oleh timbunan kalori. Sebagaimana yang kita ketahui, diabetes pada anak bisa meningkatkan risiko anak terkena penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes tipe 2.

4# Mempunyai energi yang cukup untuk beraktivitas

Makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Dengan menerapkan gizi seimbang, makan akan didapatkan energi yang cukup sesuai dengan usia. 

5# Menjaga kestabilan emosi

Peran gizi seimbang ternyata tak sebatas untuk pertumbuhan fisik anak saja loh. Tapi juga dalam perkembangn emosinya. Di mana ketika anak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya, maka akan bedampak pada kesulitan pengendalian produksi hormon. Hal ini bisa membuat anak jadi moody bahkan sulit mengendalikan emosinya.

Bersyukurnya saat ini teknologi sudah sangat maju. Berbagai informasi bisa kita dapatkan dengan mudah dari sumber-sumber terpercaya. Termasuk ilmu parenting.

Jika kita membuka halaman pencarian Google atau sosial media. Kita bisa menemukan website kesehatan dan akun sosial media terpercaya, baik dari dokter anak, spesialis gizi, hingga artis yang bisa kita ambil ilmu dan ikuti gaya parentingnya. 

Salah satu artis yang sering sharing tentang parenting adalah Nikita Willy. Dahulu dia sempat disebut sebagai ‘Ratu Sinetron’, karena sinetron yang dibintanginya pasti sukses dan mempunyai jutaan penonton.

Parenting Nikita Willy : You Only Live Once (YOLO) Mother

Setelah kelahiran baby Issa, aku sering menengok akun Instagram Nikita Willy. Selain gemas dengan baby Issa, tapi aku juga ingin tau gaya parenting apa yang diterapkan oleh Nikita Willy.

“Aku menyebutnya YOLO Mother. Jadi kalau kamu pusing itu bikin kamu pusing as a mother, nggak usah dikerjain. Nggak usah maksain apa yang kata orang-orang harus dilakukan,” tutur Nikita di YouTube “Gue Sehat”.

Aku pun sependapat dengan Nikita. Di mana nggak semua parenting orang dapat kita terapkan di anak kita. Karena setiap anak itu berbeda.

Kalau suatu model pengajaran tidak berjalan baik ketika diterapkan di anak, diri kita sendiri sebagai orang tua, atau dengan keluarga kita, ya udah tinggalin aja. Nggak usah dilakukan.

Walaupun tak jarang akan ditentang oleh keluarga, tapi membesarkan anak adalah tanggungjawab ibu dan ayah. Jadi nggak ada yang salah selama tidak membahayakan anak dan disertai ilmu.

Selain menyukai gaya parentingnya, aku juga tertarik dengan kehidupan Nikita sebagai seorang ibu. Walaupun tidak bisa disamakan, tapi tetap saja menginspirasiku. Seperti manajemen waktu yang dia terapkan. Nggak mungkin dong Nikita Willy bisa bertahan di dunia entertainment kalau tidak punya manajemen waktu yang baik.

“Kalau anak udah tidur, aku bisa me time,” tutur Nikita. Walaupun me time ala Nikita tentu berbeda denganku, tapi sesekali perlu juga kok me time ala Nikita. Cucian kalau capek diantar ke laundry aja, jadi kita bisa olah raga, perawatan diri, nonton drama atau film, dan masak makanan favorit kita. 

Berbicara tengng masak, sebagai artis papan atas, Nikita Willy bangga buatan Indonesia loh. Terbukti saat aku stalking di Instagramnya, ternyata Nikita Willy  pakai Miyako untuk memasak. Wah sama dengan aku di rumah dong. 

Miyako, Produk Legendaris Andalan Keluarga Indonesia

Pada tahun 90-an benda-benda elektronik termasuk barang yang mahal dan jarang ditemui di rumah-rumah warga di desa ku. Bahkan dahulu, radio termasuk benda mewah.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak bermunculan benda-benda elektronik buatan dalam negeri dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus. Fungsinya untuk membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Salah satu benda elektronik yang laris kala itu adalah rice cooker. Hal ini tentu tidak lepas dari kebiasaan orang Indonesia yang suka menyantap nasi. Bahkan ada yang bilang : kalau nggak makan nasi, nggak bisa disebut makan.

Rice cooker pertama yang dibeli oleh nenekku adalah rice cooker Miyako. Berwarna putih dengan hiasan bunga berwarna merah muda. Nenek membeli rice cooker itu setelah mendapat ‘review’ dari tetangga dan pedagang barang elektronik. Selain awet, pertimbangannya adalah hemat listrik.

Miyako sendiri adalah produsen beragam kebutuhan peralatan rumah tangga kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak, Miyako Indonesia telah memproduksi beragam produk dengan komitmen kuat untuk memberikan kontribusi positif bagi negeri serta masyarakat Indonesia.

Walaupun tergolong produk lawas, Miyako yang diproduksi oleh PT. Kencana Gemilang sejak 7 Februari 1987 ini, telah menjadi produk legendaris di Indonesia yang masih dikenal sampai sekarang. Sebagai produk Indonesia, semua produk Miyako diproduksi di Indonesia loh. Benar-benar 100% produk lokal Indonesia. 

Sudah Standar Nasional Indonesia

Sebagai produk legendari kebanggaan Indonesia, sejak tahun 2017 Miyako sudah bersertifikat SNI. Selain itu, Miyako juga tersertifikasi dan secara kontinyu menerapkan ISO 9001:2015.

Jadi nggak salah kalau Nikita Willy pakai Miyako juga. 

Produk-produk Miyako

Selain rice cooker yang menjadi produk andalannya, Miyako juga mempunyai produk-produk lain. Seperti kipas angin, dispenser, blender, mixer, setrika, kompor, regulator, oven toaster, vacuum cleaner, bahkan hair dryer juga. Lengkap banget kan? Benar-benar teman wajib Anda di rumah. 

Miyako Nanoal Pilihan Nikita Willy

Beberapa hari ini, aku kepikiran untuk upgrade rice cooker. Bukan tanpa alasan, tapi memang sudah waktunya untuk diganti. Mengingat inner pot nya sudah mulai terkelupas. Pengennya rice cooker ku yang baru nanti punya inner pot yang lebih awet, hemat listrik, kapasitas nggak terlalu besar, tapi tetap punya desain yang modern-minimalis gitu.

Waktu melihat Instagram Nikita, aku jadi penasaran sama Miyako Nanoal pilihan Nikita Willy. Ternyata rice cooker ini punya 6 keunggulan :

  1. Punya beberapa pilihan warna dengan 3 pilihan ukuran 0,6L, 1,2L, dan 1,8L. Tentu saja aku akan memilih yang ukuran kecil.
  2. Rice cooker Miyako Nanoal ini  mempunyai inner pot/panci yang dilapisi nanoal berlian hitam yang anti lengketnya 10x lebih tahan lama dan lebih tebal.
  3. Memiliki fungsi 3in1 : penanak nasi, pengukus, dan penghangat makanan. Wah bisa buat ngukus ubi atau snack anakku sambil masak nasi nih.
  4. Dilengkapi dengan thermostat yang akan membuat nasi tetap hangat, tidak kering dan tidak mudah basi. Oh iya, tidak semua rice cooker punya thermostat ya.
  5. Terakhir, sudah berlabel SNI, food grade, dan NON PFOA. Jadi aman digunakan memasak nasi untuk keluarga kita sehari-hari ya.

Wah nggak salah kalau Nikita Willy dan para ibu di Indonesia memilih rice cooker Miyako. Oh iya, Ibu Issa ini juga membagikan resep Chicken Stir Fry loh, yang sat-set masaknya tapi tetap sehat dan lezat. 

Beragam Produk Miyako di Rumahku

“Kita itu harus bangga buatan Indonesia. Banyak kok barang elektronik bagus buatan Indonesia. Salah satunya merk Miyako,” tutur Mbah Kung ku.

Sejak aku masih SD hingga saat ini, keluargaku masih mempercayakan barang elektronik pada Miyako. Setelah aku tinggal sendiri pun, aku tetap memilih Miyako untuk urusan barang elektronik. Mulai dari rice cooker, kipas angin, mixer, dan yang terbaru adalah kompor Miyako. 

Alhamdulillah semuanya awet. Apalagi kipas angin di kamar depan, umurnya sudah 7 tahun dan masih meniupkan angin yang sejuk.

Aku bangga buatan Indonesia. 

Penutup

Sebagai seorang ibu, aku sadar bahwa membersamai tumbuh kembang anak tak hanya tentang mengajarkan dan menstimulasi anak. Tapi juga menyediakan makanan yang sehat sebagai pendukung tumbuh kembangnya. Makanan yang sehat tidak hany sekadar pemilihan bahan makanannya saja, tapi juga media pengolahannya. Untuk itu, kita harus selalu menggunakan peralatan memasak yang sudah berstandari SNI dan foodgrade. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Ikuti tulisan menarik Putri Santoso lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu