x

Iklan

Juragan Empang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2023

Kamis, 7 September 2023 12:58 WIB

Wah, Begini Tip Mudah Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah

Memiliki prestasi di sekolah merupakan dambaan atau dambaan setiap orang dengan tujuan untuk membahagiakan orang-orang disekitar kita terutama orang tua.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memiliki prestasi di sekolah merupakan dambaan atau dambaan setiap orang dengan tujuan untuk membahagiakan orang-orang disekitar kita terutama orang tua. Namun dalam praktiknya, menjadi mahasiswa berprestasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, semua bergantung pada masing-masing individu yang mau berusaha untuk mencapainya.

Tolok ukur siswa berprestasi biasanya dilihat dari hasil belajar siswa yang memuaskan, misalnya dengan mendapat nilai bagus atau menjadi juara kelas dan juga dapat dicapai dengan berprestasi di bidang tertentu, seperti olahraga dan seni. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa tip menjadi siswa berprestasi di sekolah.

Memiliki Keinginan Kuat Untuk Berprestasi

Kebanyakan anak yang berprestasi mempunyai tekad yang kuat untuk mencapai hasil yang terbaik. Oleh karena itu, siswa akan berusaha keras belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Sikap Disiplin Anti Deadliner

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kedua, tips menjadi mahasiswa berprestasi yang terbukti valid dari dulu hingga saat ini adalah menguasai sikap disiplin. Disiplin merupakan harga mati bagi pelajar atau siapapun yang ingin mengembangkan sesuatu dalam dirinya. Tanpa disiplin, seorang siswa akan sulit bersaing dengan teman-temannya yang lebih menghargai waktu dalam upaya mencapai suatu prestasi.

Cara paling mendasar untuk menguasai disiplin adalah dengan menyerahkan tugas tepat waktu. Apapun jenis dan beban kerjanya, seorang mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa berprestasi harus bersabar dan berjuang dengan totalitas. Wujud keikhlasan dalam melaksanakan tugas tentunya terlihat dari ketepatan waktu penyerahannya, di samping tetap tidak melakukan praktik plagiarisme atau menggunakan jasa joki tugas dari orang lain.

Memiliki Motivasi Yang Tinggi

Menjadi mahasiswa berprestasi tentunya tidak datang dengan sendirinya, karena perlu adanya dorongan dan motivasi yang tinggi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu memiliki motivasi yang kuat dalam meraih prestasi. Anda harus berusaha keras untuk mewujudkannya.

Mampu Belajar Secara Efektif

Jika Anda mampu menguasai metode belajar yang efektif maka akan memudahkan Anda memperoleh hasil yang memuaskan. karena anda sudah mengetahui cara menguasai suatu materi pembelajaran dengan cepat. Hasilnya, saat ujian dan ulangan, Anda akan mampu menyelesaikan soal dengan baik.

Aktif Dalam Belajar

Keaktifan dalam pembelajaran biasanya ditandai dengan keaktifan siswa yang menyukai atau sering menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Selain itu siswa juga aktif bertanya kepada guru mengenai hal-hal yang belum dipahaminya. Bersikap aktif sangatlah penting agar Anda cepat memahami materi pelajaran. Dengan sikap aktif, Anda akan selalu termotivasi untuk meneliti suatu materi secara menyeluruh.

Soft skill modern seperti public speaking dan interpersonal skill sebenarnya tidak harus dipelajari dengan membaca berbagai jenis buku yang rumit. Namun seseorang atau siswa sebenarnya bisa mengasahnya dengan menjadi siswa yang aktif dan interaktif ketika mengikuti pembelajaran di kelas.

Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh pikiran dan otak yang selalu terbiasa menggali segala macam informasi yang dibutuhkan hingga benar-benar jelas. Tanpa aktif bertanya atau memberikan pendapat, seorang siswa berisiko mengalami kebingungan, tidak memahami materi, dan berakhir dengan nilai rapor yang buruk tanpa adanya upaya perbaikan.

Rajin Mengerjakan Tugas Dan PR

Anda harus rajin mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan guru. Anda bisa menjadikan ini sebagai nilai tambah nilai ujian dan ujian. Rajin dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas dapat menjadi nilai plus penilaian seorang guru.

Mampu Mengatur Waktu Dengan Baik

Untuk bisa meraih prestasi, Anda harus pandai mengatur/management waktu Anda dengan baik. Sebagai seorang pelajar, tentunya aktivitas Anda tidak hanya sekedar belajar. Namun ada aktivitas lain seperti bermain, bersosialisasi, dan membantu orang tua. Dengan cerdas mengatur waktu, segala aktivitas bisa terselesaikan dengan baik.

Memiliki Etika Yang Baik

Mengapa hal ini memengaruhi kinerja? Sebab sikap dan perilaku juga termasuk dalam unsur penilaian pendidikan. Pada umumnya guru cenderung lebih tertarik pada siswa yang mempunyai sikap dan perilaku yang baik. Oleh karena itu, berusahalah menjadi pelajar yang mempunyai sikap dan perilaku yang baik.

Rajin Dan Taat Beribadah

Bukan hanya hal akademis saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Ketaatan dalam beribadah juga sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu, anda harus taat dalam beribadah agar selalu diberikan kemudahan, kelancaran dan kesuksesan dalam menuntut ilmu.

Demikian ulasan artikel tentang Wah, Begini Tips Mudah Menjadi Siswa Berprestasi Di Sekolah seperti yang dilansir slot. Semoga bermanfaat. 

Ikuti tulisan menarik Juragan Empang lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler