x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Minggu, 17 September 2023 14:51 WIB

Anak yang Rajin Membaca Buku; Kebetulan atau Kebenaran?

Katanya di era digital, banyak orang sudah tidak mau membaca. Ternyata salah, di Taman Bacaan Lentera Pustaka, ada kok anak-anak yang rajin baca buku

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa masih ada anak-anak yang rajin membaca buku di zaman begini?

Faktanya, tiap hari Minggu, aktivitas di TBM Lentera Pustaka baru dimulai pukul 10.00 WIB. Tapi anak-anak yang rajin membaca sudah datang pukul 8.30 WIB. Kenapa? Sederhana saja, agar waktu membaca bukunya lebih lama. Lebih bebas memilih buku bacaan. Di samping jadi bukti, taman bacaan telah memberi dampak positif, terbentuknya perilaku dan kebiasaan membaca di kalangan anak-anak. Apalagi tradisi di TBM Lentera Pustaka, tiap hari Minggu lebih banyak dipakai untuk memotivasi dan bermain games bersama wali baca dan relawan.


Anak rajin baca itu lawannya anak malas baca. Anak rajin baca, tentu lebih dekat dengan buku daripada anak-anak yang ngga suka baca. Anak yang rajin baca antonimnya anak-anak yang kerjanya main, nongkrong yang nggak ada manfaatnya. Sekalipun hidup di tengah era digital, anak-anak TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor tetap dekat dengan buku bacaan. Silakan saja berkunjung dan membuktikannya sendiri di hari Minggu pukul 10.00-12.00 WIB.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Taman bacaan, seperti TBM Lentera Pustaka, hanya tempat untuk sediakan tempat membaca anak-anak. Anak-anak yang diajak dekat dengan buku, lalu sadar diri untuk mempersiapkan masa depan lebih baik. Minimal lebih baik dari orang tuanya. Biar bisa mandiri, bisa berkompetisi di era yang tidak lagi bisa dihadapi dengan begini-begini aja atau begitu-begitu saja.


Anak-anak yang rajin baca, sadar betul. Bahwa sarlingan terberat mereka bukan orang lain tapi dirinya sendiri. Mau atau tidak membaca buku. Karena anak-anak yang rajin baca paham, bahwa teman-temannya di sekolah pun ingin jadi orang sukses. Bila tidak rajin, di mana ada orang bisa sukses?


Memang membaca buku nggak mudah. Ada aja tantangan dan kendalanya. Tapi di mata anak-anak yang rajin baca, meskipun "buku" seperti jalan curam dan terpinggirkan. Mereka tetap ikhtiar sediakan waktu untuk membaca. Ikhtiar sambil berdoa, agar Allah SWT memberikan jalan yang mudah dan berkah ke depannya.


Bila sekolahnya rajin, bacanya rajin, dan selalu hormat pada orang tua. Insya Allah, anak-anak yang rajin baca pasti akan "ditolong" Allah SWT esok. Itulah bedanya "kebetulan" dan "kebenaran" dalam hidup. Hasil yang diperoleh sesuai dengan ikhtiar yang dilakukan, itu kebenaran bukan kebetulan. Salam literasi. #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler