x

Gambar 1

Iklan

Octaviany Theresia L

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Oktober 2023

Rabu, 4 Oktober 2023 10:30 WIB

Akuntansi Penting dalam Perusahaan

Kita harus mengerti apa itu akuntansi dan seberapa penting akuntansi dalam kehidupan sehari-hari dan dalam perusahaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Halo sobat-sobat pemula tahukah kamu apa itu akuntansi? Kira-kira akuntansi itu sangat penting atau tidak, ya, dalam kehidupan sehari-hari? Kira-kira  dalam perusahaan seberapa penting, ya, akuntansi itu? Mari kita baca dengan seksama, yuk!

Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan pengikhtisaran segala transaksi keuangan. Perlu digaris besar kata “transaksi keuangan” memiliki arti, yaitu aktivitas atau pertukaran dana. Akuntansi itu sangat penting, loh, dalam kehidupan kita sehari-hari terlebih lagi oleh perusahaan. Akuntansi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena akuntansi itu dapat mendukung keputusan seseorang dalam keuangan.

Akuntansi itu dapat membangun dasar keuangan yang kuat dalam kehidupan kita sehari-hari. Akuntansi sangat amat penting dalam perusahaan karena akuntansi ini berperan sebagai sistem informasi keuangan yang menyediakan data dan laporan secara kritis. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kenapa akuntansi itu sangat penting dalam perusahaan dan bagaimana akuntansi dapat membangun dasar keuangan yang kuat?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

1. Dapat Mengelolah Keuangan

Kita sebagai orang yang bijak pasti bisa dapat mengelolah keuangan pribadi sama seperti halnya perusahaan pintar dalam mengelolah keuangan perusahaan dengan cara mangatur keuangan. Dengan akuntansi ini perusahaan bisa melacak pengeluaran dan pemasukan secara lebih efektif. Sebagai tujuan kita dapat melihat seberapa pengeluaran perusahaan yang sangat mulus dari dalam jangka pendek sampai jangka panjang.

 

2. Dapat Mengukur Kemajuan Finansial

Perusahaan pasti sangat membutuhkan Finansial yang tinggi atau biasa merujuk pada keterkaitan dengan uang atau aspek moneter. Di dalam perusahaan biasanya diperlukan akuntansi untuk mengukur kemajuan secara finansial yang memiliki arti sebagai laporan keuangan tersebut dapat melihat apakah perusahaan tersebut mencapai tujuan keuangan mereka atau sebagainya.

 

3. Dapat Menghindari Utang Berlebihan

Biasanya perusahaan akan melihat laporan keuangan perusahaan apakah mereka memiliki banyak pinjaman yang besar atau sebaliknya. Maka dari itu perusahaan harus menerapkan akuntansi yang baik dan benar. Perusahaan dapat menggunakan akuntansi ini untuk memantau keuangan secara teratur agar perusahaan juga dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah keuangan sebelum mereka menjadi utang yang berlebihan. Hal ini jelas perlu dihindari oleh perusahaan.

 

4. Dapat Memantau Kinerja Keuangan

Perusahaan harus pandai dalam memantau kinerja keuangan. Perusahaan harus melacak seberapa besar laba, rugi, aset, dan pendapatan karena perusahaan pasti akan mengukur kelangsungan usaha apakah perusahaan menghasilkan laba atau mengalami kerugian. Hal ini juga sangat penting untuk menilai bisnis perusahaan tersebut dapat bertahan dalam jangan waktu yang cukup panjang.

 

5. Dapat Mengambil Keputusan

Perusahaan harus cermat dalam mengambil keputusan karna setiap perusahaan tidak mudah dalam mengambil langkah yang konsekuensinya sangat besar. Biasanya orang yang mengambil keputusan adalah manajer dan pemilik perusahaan untuk membuat keputusan secara strategis. Keputusan secara strategis ini bisa dalam keputusan investasi, pengembangan produk, dan ekspansi bisnis dalam perusahaan.

Dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah peringkasan seluruh transaksi keuangan. Maka dari itu transaksi keuangan dalam akuntansi itu sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari seperti mengatur keuangan. Sedangkan dalam perusahaan sendiri akuntansi akan sangat penting untuk mengambil keputusan dengan cara melihat kondisi bagaimana perusahaan itu dapat melihat laba maupun rugi.

 

Octaviany Theresia Lorrigan Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik Octaviany Theresia L lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler