x

Iklan

Gennie Yuliansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Oktober 2023

Minggu, 8 Oktober 2023 06:45 WIB

Persamaan Akuntansi Dasar: Landasan Mencatat Keuangan

Persamaan dasar akuntansi adalah suatu persamaan yang menggambarkan jumlah aset sama dengan jumlah kewajiban ditambah ekuitas. Persamaan dasar akuntansi juga digunakan untuk mengukur dan mengetahui perubahan kekayaan suatu perusahaan setiap terjadinya transaksi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Persamaan akuntansi dasar adalah rumus sederhana yang memungkinkan entitas untuk melacak dan memahami keuangan mereka dengan lebih baik. Persamaan akuntansi dasar juga merupakan ilmu menghitung serta mencatat transaksi yang ada hubungannya dengan keuangan perusahaan. Persamaan dasar akuntansi digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan mengelola keuangan perusahaan.

Persamaan Akuntansi Dasar

Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemilik

  • Aset mencakup semua sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh suatu entitas, seperti: uang kas, piutang, investasi, properti, dan aset lainnya yang dimiliki.
  • Kewajiban adalah tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh entitas kepada pihak ketiga, seperti: utang, gaji yang belum dibayarkan kepada karyawan, atau pinjaman.
  • Ekuitas pemilik aset yang dikurangkan oleh semua kewajiban. Ekuitas mencakup investasi awal pemilik, laba/Rugi yang dihasilkan entitas, serta kontribusi tambahan atau penarikan dari pemilik Perusahaan.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pentingnya Persamaan Akuntansi Dasar

  1. Keseimbangan Persamaan

Persamaan akuntansi harus selalu seimbang dimana total aset pada suatu waktu harus sama dengan total kewajiban dan ekuitas pemilik. Jika total aset lebih besar dari total kewajiban dan ekuitas pemilik, maka entitas memiliki kelebihan aset. Sebaliknya, jika total kewajiban dan ekuitas pemilik lebih besar dari total aset, maka entitas mengalami defisit aset.

  1. Konservatisme dan Prinsip Pengukuran

Selalu memandu pengukuran dan penilaian aset dan kewajiban. Prinsip-prinsip akuntansi, seperti prinsip konservatisme, mengarahkan entitas untuk mengukur aset dengan hati-hati dan mengakui kewajiban lebih awal jika ada ketidakpastian.

  1. Kemampuan Analisis Keuangan

Membantu menganalis keuangan pemilik bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memahami struktur finansial suatu entitas. Mereka dapat melihat seberapa besar aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik entitas serta mengevaluasi stabilitas dan kesehatan finansialnya.

  1. Dasar untuk Laporan Keuangan

Dasar untuk laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Laporan-laporan ini menyajikan informasi penting tentang keuangan entitas kepada pihak luar dan membantu dalam pengambilan keputusan.

 

Begitu Pentingnya akuntansi dalam suatu perusahaan sehingga dijadikan mata pembelajaran di sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, hingga perguruan tinggi sekalipun. Ini dikarenakan ada banyak materi tentang akuntansi yang harus dipelajari agar nantinya bisa mempraktekkan ilmunya dengan benar dalam dunia bekerja.

 

Manfaat Persamaan Dasar Akuntansi

Sebagai gambaran umum mengenai utang, modal, dan aset yang dimiliki perusahaan. Dan sebagai sumber catatan yang nantinya bisa mempermudah proses pencatatan transaksi keuangan, dan memuat informasi mendasar terkait transaksi keuangan masuk dan keluar dari rekening perusahaan dan akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan.

Rumus Persamaan Akuntansi Lainnya

  • Rumus Pendapatan Bersih

Pendapatan Bersih  = Pendapatan  – Biaya

  • Rumus Break-Even Point(BEP)

Break-Even Point =   Biaya Tetap / Harga Jual– Biaya Variabel per Unit

  • Rumus Rasio Kas

Rasio Kas  = Kas / Kewajiban Lancar

  • Rumus Rasio Utang terhadap Ekuitas

Rasio Utang pada Ekuitas = Total Kewajiban  / Total Ekuitas

 

Kesimpulan Persamaan Akuntansi dasar

 

Akuntansi adalah suatu proses aktivitas untuk mengenali, mencatat,dan menganalisa data transaksi keuangan, Sedangkan persamaan dasar akuntansi adalah suatu persamaan yang menggambarkan jumlah aset sama dengan jumlah kewajiban ditambah ekuitas. Persamaan dasar akuntansi juga digunakan untuk mengukur dan mengetahui perubahan kekayaan suatu perusahaan setiap terjadinya transaksi. Transaksi masuk keluar yang terjadi setiap hari mempengaruhi posisi keuangan perusahaan.

Gennie Yuliansyah Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik Gennie Yuliansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu