x

Iklan

M syahwal Ibrahim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Oktober 2023

Senin, 9 Oktober 2023 05:59 WIB

Peran-peran Penting Akuntansi dalam Bisnis

Akuntansi secara umum dapat didefinisikan sebagai pengukuran, penjabaran, atau kepastian informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lain mengatur sumber daya keputusan untuk perusahaan,organisasi, dan lembaga pemerintah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peran-peran Penting Akuntansi dalam Bisnis

 

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akuntansi sangat penting bagi bisnis karena semua bisnis membutuhkan data yang akurat yang dapat membantu operasi mereka. Akibatnya, akuntansi sangat penting bagi suatu perusahaan, dan penggunaan akuntansi itu sendiri juga sangat penting. Pihak-pihak yang berkepentingan menggunakan laporan akuntansi sebagai sumber utama untuk membuat keputusan. Informasi tambahan pasti sangat penting untuk pengambilan keputusan perusahaan. Setelah dikumpulkan dan dianalisis, informasi ini akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

 

 

Apa itu akuntansi?

 

Akuntansi secara umum dapat didefinisikan sebagai pengukuran, penjabaran, atau kepastian informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lain mengatur sumber daya keputusan untuk perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Tujuan akuntansi adalah untuk membuat laporan keuangan yang akurat supaya para manajer dapat menggunakannya saat membuat kebijakan. Selain itu, orang lain yang terlibat dalam proses ini, seperti kreditor, pemegang saham, dan pemilik pencatatan harian yang terlibat, juga dapat menggunakannya. Proses ini dikenal sebagai pembukuan. Akuntansi keuangan adalah cabang akuntansi yang mencakup catatan, klasifikasi, ringkasan, komunikasi, dan interpretasi data keuangan perusahaan. Auditing adalah bidang studi yang berbeda tetapi berhubungan dengan akuntansi. Audit adalah suatu proses di mana seorang auditor independen memeriksa laporan keuangan suatu organisasi atau perusahaan untuk memberikan pendapat atau tanggapan yang masuk akal.

 

Jadi, dari apa yang kita katakan di atas, akuntansi membantu menjaga keuangan bisnis Anda tetap terorganisir, termasuk pemasukan, pengeluaran, kerugian, keuntungan, dll. Itu adalah bagaimana akuntansi berhubungan dengan bisnis. Lalu, apa peran akuntansi dalam bisnis?

 

Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis

  1. Peran Akuntansi sebagai Penyedia Informasi Keuangan

Peran utama akuntansi adalah kemampuan untuk menyediakan berbagai informasi dan pertanyaan yang relevan dengan berbagai kegiatan keuangan yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

 

Dengan menggunakan sistem akuntansi, Anda akan dapat melacak berbagai data keuangan. Oleh karena itu, menyusun pembukuan dan rutin meng-update datanya sangat membantu.

 

  1. Peran Akuntansi dalam Manajemen Keuangan

Dengan akuntansi, kita pasti akan mengetahui semua data keuangan. Jadi dari data ini kita dapat mengetahui tentang perusahaan, misalnya:

 

Apakah bisnis mengalami keuntungan atau justru kerugian? Apakah klien Anda telah membayar tepat waktu? Menurut informasi ini, menempatkan akuntansi secara tidak langsung sebagai alat kontrol keuangan

 

Dengan menggunakan data keuangan yang Anda peroleh dari laporan akuntansi Anda, Anda juga dapat menilai kinerja bisnis Anda sejauh ini.

  1. Peran Akuntansi Membantu Stakesholder dalam Pengambil Keputusan

Pemegang saham dan stakeholder akan lebih mudah membuat keputusan jika ada informasi keuangan.

 

Hal ini jelas masuk akal karena stakeholder tidak dapat melakukan investasi jika mereka tidak memiliki informasi keuangan yang akurat dan akurat. Akibatnya, seorang akuntan dalam hal ini bertanggung jawab untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder. Selain itu, seorang akuntan harus memiliki kemampuan untuk memastikan bahwa pihak yang berkepentingan dapat memahami informasi keuangan yang dibuat oleh perusahaan.

  1. Peran Akuntansi Berhubungan dengan Pihak Ketiga

Berdasarkan poin pertama hingga ketiga, terdapat satu poin yang menjadi sorotan yaitu akuntansi tidak selalu berhubungan dengan internal perusahaan. Namun, akuntansi juga melibatkan orang di luar perusahaan, seperti stakeholder. Para akuntan menggunakan data keuangan perusahaan untuk membantu dalam pengambilan keputusan dengan vendor dan pihak ketiga lainnya. Untuk memungkinkan seorang akuntan untuk menentukan apakah harga yang ditetapkan masuk akal.

 

Selain itu, seorang akuntan mungkin berfungsi sebagai perantara antara perusahaan dan pemerintah dalam hal pembayaran pajak dan auditor.

Muhammad Syahwal Ibrahim Manejemen Universitas Pembangunan Jaya

 

 

 

Ikuti tulisan menarik M syahwal Ibrahim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu