x

Iklan

Nandini Aulia Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Oktober 2023

Selasa, 10 Oktober 2023 13:53 WIB

Akuntansi dalam Kewirausahaan

Di dunia bisnis, salah satu kegunaan informasi akuntansi bagi investor adalah sebagai alat untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Umumnya, beberapa aspek yang ada dalam informasi akuntansi meliputi cashflow, piutang, dan hutang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akuntansi dalam Kewirausahaan!

Akuntansi dalam Kewirausahaan (Accounting in Entrepreneurship)

Akuntansi dalam Kewirausahaan (Accounting in Entrepreneurship) keterkaitan kedua hal ini biasanya terjadi pada penggunaan informasi akuntansi dalam pembuatan keputusan investasi karena pada hal ini berpengaruh positif Biasanya semakin tinggi seseorang menguasai kewirausahaan dalam jiwanya maka semakin tinggi juga informasi mengenai akuntansi di jiwanya dan informasi yang diketahui tentang akuntansi akan digunakan dalam pembuatan keputusan investasi usahanya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fungsi Akuntansi dalam Kewirausahaan

Dalam dunia bisnis/usaha kegunaan akuntansi sangat krusial Maka dari itu, pembisnis harus mulai menerapkan dan menyadari disiplinn dalam ilmu ini untuk perusahaannya Lalu, apa fungsi-fungsi akuntansi dalam kewirausahaan? Sebagai berikut:

1. Sebagai Dasar Pertimbangan Penentu Langkah Kelanjutan

Sumber informasi dalam akuntası dapat menentukan pertimbangan dalam mengambil langkah perusahaan kedepannya. Contoh dalam menentukan produksi perusahaan, apakah perlu peningkatan atau penurunan produksi barang berdasrkan kondisi keuangan perusahaan yang terdapat pada informasi di dalam laporan akuntansi tersebut.

2. Sebagai Sumber Informasi Keuangan

Dalam berbisnis atau berwirausaha dapat mengetahui berbagai informasi keuangan tentang perusahaanmu, seperti terjadinya transaksi langsung ataupun tidak langsung. Lalu kamu juga dapat mengetahui laporan financial perusahaan yang membutuhkan pihak-pihak terkait dalam pembuatan laporan akuntansi secara rinci.

3. Sebagai Alokasi Keuangan Perusahaan

Akuntansi juga berfungsi untuk mengontrol pengeluaran maupun pemasukan di dalam perusahaan. Mulai dari pengeluaran internal maupun eksternal, begitupun dalam hal pemasukan perusahaan. Jika kamu menetapkan hal ini di perusahaan maka dapat mencegah terjadinya kerugian akibat pengeluaran yang tidak terkontrol.

4. Sebagai Perencanaan, Pengawasan, dan Pengontrol Produksi

Inilah fungsi terakhir akuntansi dalam kewirausahaan (accounting in entrepreneurship) adalah dalam memudahkan perusahaan untuk mengawasi, merencankan, dan mengontrol produksi suatu barang Dengan cara menggunakan laporan akuntansi, dalam menjalankan perencanaan produksi pasti dapat dilakukan dengan matang. Agar membuat bisnismu semakin efektif, kamu dapat menggunakan rumusan rumusan yang kamu ketahui dan laporan akuntansi, ini dapat membantumu atau perusahaanmu menjadi efektif dan 

Pentingnya Akuntansi dalam Kewirausahaan

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis? Hal ini dikarenakan akuntansi berfungsi sebagai alat untuk mengkomunikasikan informasi mengenai keuangan suatu perusahaan kepada pihak-pihak yang memerlukannya. Semakin baik anda memahami “bahasa” ini, semakin baik keputusan yang akan anda ambil.

Ya, informasi, keputusan, dan keuangan saling terhubung, yang mengarah pada pertumbuhan bisnis anda. Oleh karena itu, laporan akuntansi atau keuangan yang akurat diperlukan untuk mengkomunikasikan informasi yang diperlukan kepada banyak pihak.

Peran Akuntansi dalam Kewirausahaan

Ada empat peran penting akuntansi dalam wirausaha yang penting untuk diperhatikan. Pertama, sebagai pengontrol keuangan. Kedua, sebagai penyedia informasi keuangan. Ketiga, sebagai alat bantu pengambilan keputusan bagi pemangku kepentingan. Dan yang terakhir yaitu, sebagai penghubung dengan pihak ketiga.

Pengaruh Informasi Akuntansi di Dunia Bisnis

Informasi akuntansi mempunyai dampak yang signifikan terhadap keberhasilan perusahaan, termasuk usaha kecil dan menengah. Kurangnya penegetahuan di bidang akuntansi otomatis menghambat kita dalam melakukan aktivitas yang berkaitan dengan akuntansi keuangan di bidang bisnis.

Penerapan sistem akuntansi akan meningkatkan kualitas laporan keuangan dan memudahkan perusahaan dalam membayar pajak. Laporan keuangan disusun untuk menghasilkan informasi keuangan yang jelas sehingga membantu pemilik bisnis dalam mengambil keputusan terkait pengelolaan bisnisnya.

Dalam hal ini, setiap pemilik bisnis perlu memeahami satu hal penting. Setiap keputusan yang anda ambil harus didasarkan pada kesehatan keuangan bisnis anda. Hal yang paling mendekati hal ini adalah cara penyajian indikator keuangan dalam laporan keuangan tahunan. Keputusan keuangan perusahaan, keuangan pemasaran, keputusan proses bisnis perusahaan, dan keputusan sumber daya manusia yang dibuat oleh direktur keuangan harus benar-benar didasarkan pada laporan keuangan karena menggambarkan kesehatan keuangan perusahaan entrepreneur.

Oleh karena itu, setiap entrepreneur perlu mulai mempelajari standarisasi proses akuntansi sesuai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Belajar akuntansi sebaiknya dilakukan sebelum mengembangkan bisnis itu sendiri. Belajar bukan berarti anda harus menjalankan proses akuntansi sendiri, melainkan anda memahami prinsip-prinsip akuntansi sehingga anda bisa membaca laporan keuangan dengan baik dan mengambil keputusan berdasarkan keadaan laporan keuangan tersebut.

Nandini Aulia Putri Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

 

Ikuti tulisan menarik Nandini Aulia Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler