x

Beragam instalasi pameran untuk menyemarakkan Pekan Kebudayaan 2023 yang ada di Galeri Nasional

Iklan

Afifah Nf

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Oktober 2023

Senin, 30 Oktober 2023 10:19 WIB

PKN 2023: Meriahkan Galeri Nasional dengan Beragam Budaya Indonesia

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) adalah acara dua tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Acara ini termasuk ke daftar acara yang wajib didatangi pada bulan Oktober.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 resmi dimulai pada tanggal 20 Oktober dan berlangsung selama 10 hari. Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) merupakan rangkaian festival dua tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang telah berlangsung sejak tahun 2019. Galeri Nasional menjadi salah satu lokasi puncak acara ini.

Acara ini digelar dengan mengusung tema “Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan” dan memberikan berbagai hiburan yang menyenangkan. Mulai dari panggung hiburan, bazzar, pasar ilmu, hingga gerobak kuliner. Tema ini dimaksudkan untuk memberikan makna juga relevansi dalam semua tindakan seni dan budaya dengan tetap berpijak pada nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pendekatan Ruang Tamu sebagai Konsep Acara

 

Ruang Tamu menjadi konsep acara ini, yang berperan sebagai ruang pertemuan bagi semua pengunjung. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan interaksi tidak hanya antar pelaku budaya, namun juga antar pengunjung, sehingga membuka peluang kolaborasi dan aksi kolektif untuk membawa semangat #IndonesiaMelambung.

Kegiatan yang dilakukan di PKN pada selasa (24/10) sangat beragam. Hari kelima ruang tamu PKN di Galeri Nasional Indonesia ini menghadirkan banyak instalasi interaktif, games, pameran, icip cemilan yang berasal dari Papua dan masih banyak lagi. Selain di Galeri Nasional Indonesia, kegiatan puncak acara PKN 2023 juga diselenggarakan di 40 titik di seluruh Jabodetabek.

Setelah menghadiri serangkaian pameran dan acara publik di Galeri Nasional Indonesia, membuat kita semakin sadar akan pentingnya merawat budaya dan bagaimana budaya dan alam dapat dan harus hidup berdampingan. Tidak diragukan lagi, acara ini merupakan salah satu acara yang wajib dihadiri karena mengingatkan kita akan nilai budaya dan bagaimana budaya harus dilestarikan. 

 

#SinggahdiPKN2023 

Ikuti tulisan menarik Afifah Nf lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu