x

Ilustrasi Media Sosial. Image dari Gerd Alatman dari Pixabay

Iklan

Tomi Nurhidayat

Machine Learning Enthusiast | Aktif Nulis di www.tomipedia.com
Bergabung Sejak: 11 September 2021

Rabu, 1 November 2023 13:27 WIB

Manfaat Machine Learning di Masa Depan

Setidaknya berikut ini manfaat yang bisa kita dapatkan dari pengembangan machine learning saat ini untuk masa depan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan teknologi saat ini dapat dibilang sangat pesat sekali. Belakangan ini viral tentang keberadaan chat gpt dan google bard yang dapat mengenerate jawaban dalam berbagai bahasa berdasarkan pertanyaan yang kita tuliskan.

Dengan adanya hal ini menjadi bukti bahwa teknologi saat ini telah berkembang sangat capat dan luar biasa. Lalu apa yang berada di balik semua itu? Bagaimana bisa mesin bisa sepintar itu hingga bisa memahami apa yang manusia tuliskan dan memberikan umpan balik berupa rangkaian kalimat yang seolah seperti manusia pikirkan?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu jawabannya yaitu Language Model. Language model merupakan model machine learning yang dilatih menggunakan data teks yang sangat besar, sehingga model dapat memahami kalimat dari suatu teks.

Cukup jelas kuncinya di sini yaitu machine learning. Lalu apa machine learning itu? Menurut tomipedia, machine learning adalah cabang dari kecerdasan buatan yang mana komputer dapat meniru cara manusia belajar dari suatu pola data yang diberikan.

Lalu adakah manfaat yang dapat diperoleh dari machine learning di masa depan?

Tentu saja, dengan semakin dikembangkannya teknologi ini, maka akan ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh di masa depan. Setidaknya berikut ini manfaat yang bisa kita dapatkan dari pengembangan machine learning saat ini untuk masa depan.

Machine Learning Bisa Mengubah Cara Kita Bekerja

Machine learning telah mengubah banyak aspek kehidupan kita, termasuk cara kita bekerja, berkomunikasi, dan bersosialisasi.

Di masa depan, perkembangan teknologi machine learning disebut-sebut dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup kita secara signifikan.

Dengan kemampuan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin, machine learning dapat membebaskan waktu kita untuk fokus pada aktivitas yang lebih kreatif dan penting.

Peningkatan Diagnostik Medis

Salah satu manfaat paling menonjol dari machine learning di masa depan adalah kemampuannya untuk menganalisis data medis dengan akurasi tinggi.

Namun perlu digaris bawahi, idenya bukan machine learning yang akan menggantikan peran dokter, melainkan dokter dibantu oleh machine untuk tugas spesifik yang memerlukan tingkat ketelitian tinggi.

Sehingga di masa depan, kita dapat mengharapkan peningkatan besar dalam diagnostik medis yang dilakukan oleh dokter, terutama dalam pengenalan penyakit-penyakit yang sulit dideteksi dini.

Hal ini tentu diharapkan dapat menyelamatkan nyawa dan mengurangi biaya perawatan kesehatan yang mahal.

Peningkatan Keamanan Cyber

Keamanan cyber merupakan isu yang tidak akan ada habisnya di zaman perkembangan teknologi. Oleh karena itu, machine learning diharapkan akan menjadi solusi penting untuk isu ini di masa depan.

Machine learning dapat digunakan untuk mendeteksi serangan siber dengan lebih cepat dan akurat, serta untuk mengidentifikasi potensi kerentanan dalam sistem komputer. Tentu ini akan sangat bermanfaat karena dapat membantu melindungi data pribadi dan informasi penting di masa depan.

Peningkatan Efisiensi Energi

Pada dasarnya, isu energi sudah mencuat belakangan ini. Ketergantungan kita terhadap energi fosil menjadi penyebabnya, yang mana di masa depan efisiensi energi perlu ditingkatkan lagi.

Machine learning diharapkan dapat berkontribusi dalam mengoptimalkan efisiensi penggunaan energi di rumah, industri, dan transportasi.

Dengan bantuan algoritma machine learning, harapannya kita dapat mengurangi limbah energi dan mengurangi dampak lingkungan yang serius akibat dari efisiensi energi yang buruk.

Peningkatan Layanan Pelanggan

Manfaat machine learning bahkan dapat menjangkau ke dunia bisnis lho. Di beberapa negara bahkan sudah mulai mengimplementasikan robot pintar untuk melayani pelanggan.

Manfaat machine learning bahkan dapat menjangkau ke dunia bisnis lho. Di beberapa negara bahkan sudah mulai mengimplementasikan robot pintar untuk melayani pelanggan.

Di masa depan, dunia bisnis tentu dapat memanfaatkan machine learning untuk memahami pelanggan mereka dengan lebih baik dan menyediakan layanan yang lebih personal.

Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu perusahaan dalam mempertahankan dan menarik pelanggan baru.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, machine learning memiliki potensi besar untuk mengubah berbagai aspek kehidupan kita di masa depan.

Dengan kemampuan untuk mengotomatisasi tugas-tugas, menganalisis data dengan akurasi tinggi, dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai bidang, machine learning akan terus memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan dunia secara keseluruhan.

Ikuti tulisan menarik Tomi Nurhidayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB