x

Busi motor yang rusak

Iklan

Gabriel Davinche Manalu

Mahasiswa Informatika - Universitas Pembangunan Jaya
Bergabung Sejak: 10 Desember 2023

Senin, 11 Desember 2023 06:29 WIB

Motor Kamu Mati Mendadak, Mungkin ini Penyebabnya

Hal-hal apa saja yang menyebabkan motor mati sehingga perlu diperbaiki atau diganti onderdilnya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernah tidak motor kamu tiba-tiba mogok di jalan? Atau merasa kalo motor kamu itu jalannya tidak enak, istilahnya brebet. Nah, itu bisa jadi tanda bahwa motor kalian perlu diservis. Faktanya, servis motor secara berkala juga dapat membantu mendeteksi dan mencegah masalah-masalah yang mungkin terjadi pada mesin atau komponen yang dapat berdampak pada komponen lainnya hingga menjadi lebih parah.
 
Karena itu dalam atikel ini akan diberikan beberapa penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang memiliki pengaruh besar yang dapat menyebabkan motor mati sehingga perlu diperbaiki atau diganti. nah ini dia beberapa penjelasannya.
 
Coba Cek Businya

Busi Motor yang rusak (sumber: google)

Mesin pada motor beroperasi dengan metode pembakaran. Komponen utama yang dipakai dalam proses pembakaran tersebut adalah “Busi” ya busi komponen ini secara umum terdapat di silinder head. Walaupun ukurannya yang kecil, komponen ini menjadi komponen utama agar motor dapat hidup dan berjalan. Faktanya, performa mesin motor sangat dipengaruhi oleh kondisi busi ini. Selain berfungsi untuk menghasilkan percikan api, busi juga berfungsi untuk penyalur panas ke mesin yang lain. Jadi, kalau motor kamu sering mati atau mendadak mati coba cek businya.
 
Sudahkah Kalian Mengganti Olinya?

Penggantian oli motor (sumber: google)

Mesin yang ada pada motor bekerja sama dan saling bergesekan satu sama lain, hal ini yang membuat mesin dapat bekerja. Oli mesin berfungsi untuk mencegah mesin bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang berlebihan. Dengan adanya oli mesin ini motor dapat bekerja dengan baik sehingga terhindar dari motor mati mendadak. Faktanya, penggantian oli motor disarankan untuk dilakukan setelah melewati jarak berkendara 3000-4000 km untuk motor matic dan 5000 km untuk motor non matic (motor bebek ataupun kopling). Oleh karena itu, setelah melewati batas tersebut diharuskan untuk mengganti oli dengan segera.
 
Filter Udara Juga Harus Dicek

filter udara yang kotor (sumber: google)

Filter udara merupakan komponen penting yang berfungsi menyaring debu dan kotoran yang dihasilkan dari pemakaian motor. Apabila motor telah dipakai dalam jangka waktu yang lama, pasti filter udara tersebut telah penuh dengan kotoran serta debu di dalamnya. Hal ini yang dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan dapat menyebabkan tarikan gas akan lebih berat hingga berpotensi motor mati mendadak.
 
Pada motor bebek biasanya filter udara ada di bawah jok sedangkan mata motor matik filter udara biasanya ada diatas bagian cvt, namun untuk mengganti filter udara ini harus dilakukan oleh profesional tidak boleh asal dilepas karena dapat merusak filter udara itu sendiri atau komponen lainnya. Oleh karena itu, jika ingin membersihkan atau mengganti filter udara, segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan.
 
Tidak hanya itu, hal -hal seperti mesin karbu dan mesin injeksi perlu diservis secara rutin karena hal itu dapat berpengaruh pada kinerja motor kalian. Nah udah tau kan, hal -hal apa yang mungkin membuat motor kalian mati?buruan cek motor kamu, sudahkan kalian mengganti atau membersihkan komponen-komponen tersebut? Kalau belum,buruan cek ke bengkel terdekat sebelum berdampak parah pada motor kamu.
 
Tidak hanya itu, hal -hal seperti mesin karbu dan mesin injeksi perlu diservis secara rutin karena hal itu dapat berpengaruh pada kinerja motor kalian. Nah udah tau kan, hal -hal apa yang mungkin membuat motor kalian mati?buruan cek motor kamu, sudahkan kalian mengganti atau membersihkan komponen-komponen tersebut? Kalau belum,buruan cek ke bengkel terdekat sebelum berdampak parah pada motor kamu.
 
Daftar Pustaka
Admin Bfi, 2023.11 Penyebab Motor Mati Mendadak Paling Umum dan Cara Mengatasinya, 15 Maret 2023. https://www.bfi.co.id/id/blog/penyebab-motor-mati-mendadak (Diakses pada tanggal 12 Mei 2023)
Abdi, Husnul, 2020 Kenali 6 Tanda Kapan Waktunya Anda Ganti Oli Motor , 30 Mei 2023. https://www.liputan6.com/bola/read/4266732/kenali-6-tanda-kapan-waktunya-anda-ganti-oli-motor?page=7 (Diakses pada tanggal 12 Mei 2023)
 
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Gabriel Davinche Manalu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

8 jam lalu

Terpopuler