x

Iklan

CHRISATH ALEXANDER SANTOSA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Desember 2023

Rabu, 13 Desember 2023 20:34 WIB

Sering Numpukin Barang? Hati-Hati Hoarding Dissorder

Hoarding disorder adalah penyakit mental yang dapat dilihat dari perilaku seseorang yang melakukan penimbunan barang yang menurutnya akan diperlukan di kemudian hari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sering ngga sih ketemu dengan orang yang suka menumpuk barang bekas tempat makan sekali pakai atau botol sekali pakai dirumahnya? Menurut kalian itu hal yang mengganggu atau malah biasa aja?
Sebenarnya hal itu ada loh penjelasannya dalam ilmu psikologi. Yuk simak penjelasan dibawah ini!!

Apa itu Hoarding Disoarder?
Hoarding disorder adalah penyakit mental yang dapat dilihat dari perilaku seseorang yang melakukan penimbunan barang yang menurutnya akan diperlukan di kemudian hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

ilustrasi orang bertanya ( sumber : benzoix on freepik)

Apa aja sih jenis Hoarding disorder?
Hoarding disorder memiliki beberapa tipe atau jenis. Pertama adalah Animal hoarding yakni dimana seseorang akan terus membeli dan memelihara hewan namun orang tersebut tidak dapat memelihara hewan tersebut dengan baik karena melebihi kemampuan orang tersebut. Selanjutnya adalah Compulsive shopping yaitu sesorang akan berbelanja apa yang diliatnya tanpa memikirkan barang tersebut dibutuhkan atau tidak sehingga sering kali membeli barang yang tidak digunakan. Terakhir yaitu Object hoarding adalah penimbunan barang tidak berguna tertentu seperti kertas, buku, pakaian atau sampah.

Faktor apa yang dapat menyebabkan Hoarding Disorder?
Orang yang menderita hoarding disorder biasanya juga mengidap penyakit gangguan OCD dan penyakit gangguan perilaku sejenisnya. Penderita Hoarding Disorder juga dapat dipengaruhi keluarga yakni karena orang tua yang juga menderita hoarding disorder atau karena tidak diajarkan untuk memilah barang. Selain itu mungkin juga seorang penderita hoarding disorder mengalami trauma karena kehilangan harta benda atau kehilangan orang yang disayang sehingga menyebabkan orang tersebut mengalami gangguan perilaku hoarding disorder. Kebiasaan membeli barang yang tidak berguna juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab hoarding disorder.

Gimana ciri-ciri penderita Hoarding Disorder itu?
Rumah seorang penderita hoarding disorder sering kali berantakan dan terlihat tidak rapi karena banyaknya barang yang menumpuk di rumah. Penderita hoarding disorder juga akan merasa sulit untuk dapat membuang barang yang dimilki karena berpikiran akan digunakan di masa yang akan datang. Selain itu penderita hoarding disorder akan selalu merasa untuk menyimpan dan menimbun benda disekitarnya.

Dampak apa aja yang diakibatkan Hoarding Disorder?
Barang yang ditumpuk ini tidak mengganggu bagi orang penderita hoarding disorder namun orang disekitarnya akan merasa terganggu karena banyaknya barang tak berguna tersebut dan dapat menyebabkan timbulnya masalah sosial di dalam rumah atau dalam masyarakat. Selain itu, barang yang menumpuk ini juga dapat membahayakan bagi penderita saat terjadi bencana alam bahkan juga kesehatan penderita dapat terganggu karena sampah yang ditumpuk. Bukan hanya kebersihan rumah namun penderita hoarding disorder juga dapat mengalami kesulitan dalam menjaga kebersihan diri dan juga dapat menyebabkan rumah memiliki sanitasi yang buruk karena banyaknya tumpukan yang ada.

Lalu bagaimana cara kita mendiagnosa apakah kita menderita hoarding disorder?
Kita perlu khawatir jika orang terdekat kita tidak sadar bahwa mereka menumpuk begitu banyak barang yang menyebabkan rumah berantakan dan tidak terurus. Keluarga dapat melakukan konsultasi kepada psikolog untuk mengetahui apakah ia penderita hoarding disorder atau tidak. Setelah psikolog mendengarkan konsultasi dan bertanya mengenai riwayat kesehatan dan kebiasaan pasien sehingga barulah dapat ditentukan orang tersebut mengalami hoarding disorder atau tidak dan metode apa yang terbaik dilakukan untuk pasien.

ilustrasi sedang berkonsultasi dengan ahli ( sumber : freepik)

Bagaimana cara kita mengatasi hoarding disorder?
Hoarding disorder dapat diatasi dengan melakukan psikoterapi dengan psikolog sehingga dapat ditemukan alasan mengapa orang tersebut melakukan hoarding disorder. Obat-obatan juga dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk mengatasi hoarding disorder. Baik itu obat depresi ataupun obat gangguan kecemasan. Selain itu penderita juga dapat untuk membuat daftar barang yang dapat digunakan dan yang tidak. Membuang benda tidak berguna sedikit demi sedikit perhari juga dapat dilakukan untuk mengatasi kebiasaan hoarding disorder.

Oleh karena itu jika kalian merasa memiliki ciri-ciri penderita hoarding disorder segera konsultasikan ke psikolog terdekat dan segera lakukan tindakan pencegahan.


Referensi


Marla Deilber, P. (2020, July 24). Hoarding: Definition, Symptomsm, Traits, Causes, Treatment. Diambil kembali dari What Is Hoarding?: https://www.verywellmind.com/what-is-hoarding-disorder-2510602


Pittara, d. (2023, March 14). Hoarding Disorder - Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Diambil kembali dari Hoarding Disorder: https://www.alodokter.com/hoarding-disorder

Ikuti tulisan menarik CHRISATH ALEXANDER SANTOSA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler