x

Ilustrasi belanja online di e-commerce

Iklan

ade alifah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Desember 2023

Minggu, 17 Desember 2023 08:53 WIB

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Bisnis Online

Selain ada dampak positif, dampak negatifnya adalah konsumen akan mempunyai sifat konsumtif atau menghamburkan uangnya dan tidak bisa memanajemen keuangannya. Selain itu, tidak jarang juga barang yang datang tidak sesuai ekspektasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang kita lihat saat ini, banyak sekali perubahan yang terjadi di bidang komunikasi. Dimulai dari bentuk komunikasi yang sederhana sampai pada komunikasi elektronik. Perubahan yang cepat terutama pada abad 20 ini oleh sejumlah ahli dikatakan sebagai revolusi komunikasi. Ilmu pengetahuan yang selama ini kita pelajari selalu mengalami perubahan dan perkembangan yang tidak mendadak. Perubahan ini ada yang terjadi secara pelan-pelan, ada pula yang terjadi secara drastis akibat pertentangan antara satu ilmu pengetahuan dengan ilmu pengetahuan yang baru.

Dahulu sebelum adanya internet, pelaku kegiatan ekonomi melakukan kegiatannya dengan cara mulai dari berdagang, berbelanja bahkan kegiatan lelang pun dilakukan dengan cara bertatap muka langsung. Konsumen yang ingin membeli barang harus datang ke toko-toko atau merlihat secara fisik sehingga terjadi pertemuan antara pedagang dan pembeli. Proses transaksi, tawar menawar dan strategi pedagang dalam memikat konsumen pun terlihat nyata. Namun, berkat adanya internet terciptalah teknologi perdagangan secara online yang terintegrasi dengan sistem yang biasa disebut online shop.

Seiring berkembangnya teknologi dalam bisnis berbasis online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Tiktokshop dan lain lain, menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positif dari adanya perkembangan teknologi dalam bisnis online yaitu memudahkan konsumen dalam berbelanja, mempersingkat waktu, mengurangi tenaga serta meningkatkan kepuasan konsumen selain itu dampak positif kepada produsen atau perusahaan yaitu memudahkan dalam menginput data, memudahkan dalam memanajemen data, mengurangi resiko sistem keamanan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain ada dampak positif, tentunya ada dampak negatif yaitu konsumen mempunyai sifat konsumtif atau menghamburkan uangnya dan tidak bisa memanajemen keuangannya, tidak jarang juga barang yang datang tidak sesuai ekspektasi, dan juga rawan penipuan online. selain itu dampak negatif kepada produsen atau perusahaan yakni kejahatan siber, pelanggaran hak cipta, serta penyebaran malware.

Ikuti tulisan menarik ade alifah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler