Mahasiswa Unpam Serang Lakukan Field Trip ke Kawasan Baduy Luar

Senin, 18 Desember 2023 19:29 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa UNPAM mengunjungi Baduy Luar dalam program "Field Trip" untuk memahami budaya dan kehidupan masyarakat Baduy. Mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat dan belajar tentang kelestarian budaya dan lingkungan.

Lebak, Banten -  Mahasiswa dari Prodi Administrasi Negara Unpam Serang melakukan field trip untuk memperkaya pengalaman di Baduy Luar pada 3 Desember 2023. Field trip ini, bukan sekadar kunjungan wisata, perjalanan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang kearifan lokal, keberagaman budaya, dan keindahan alam masyarakat Baduy.

Puluhan mahasiswa Prodi Administrasi Negara Universitas Pamulang Serang tiba di Desa Kanekes Baduy Luar dan disambut hangat oleh masyarakat setempat. Mahasiswa tidak hanya menjadi penonton tetapi juga berpartisipasi secara aktif dalam mengeksplorasi dan menghargai local value Baduy yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di komunitas adat Baduy, masyarakatnya terbiasa bercocok tanam, memasak makanan tradisional, dan berpartisipasi dalam seni tradisi lokal yang jadi bagian dari kehidupan sehari-hari orang Baduy. Kegiatan ini membantu mahasiswa memahami kekayaan budaya dan karakteristik tradisional yang ada dalam kehidupan sehari-hari orang Baduy.

Mahasiswa tak hanya melihat kebudayaan selama field trip, tapi juga berkesempatan melihat keindahan alam Baduy Luar. Seperti mendaki bukit, menjelajahi hutan, dan menikmati keindahan sungai yang jernih. Dosen pendamping Unpam Serang pun tidak hanya bertindak sebagai pengajar, mereka juga bertindak sebagai pendidik yang membimbing mahasiswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan alam.

"Melalui pengalaman ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga membawa pulang nilai-nilai kearifan lokal dan rasa cinta terhadap lingkungan," kata Febryan Ajeng, dosen Bidang Pendidikan Prodi Administrasi Negara, Universitas Pamulang Serang.

Jaka Maulana, dosen Bidang Kemahasiswaan, mengatakan, "Field trip ini diharapkan mampu merangsang rasa ingin tahu mahasiswa untuk terus belajar tentang keberagaman budaya dan menjaga keberlanjutan alam. Hal ini sejalan dengan misi Program Studi Administrasi Negara, Universitas Pamulang untuk membentuk karakter mahasiswa menjadi individu yang berbudaya, peduli lingkungan, dan memiliki pandangan global."

Program Studi Administrasi Negara, Unpam Serang berterima kasih kepada semua orang yang membantu field trip ini berjalan dengan baik. Pengalaman berharga ini didukung oleh orang tua mahasiswa, pihak lokal di Baduy Luar, dan para dosen pendamping. (*)

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Heru Wahyudi

Penulis Indonesiana - Dosen - Pengamat Sosial

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler