x

Sumber: https://cdn-image.hipwee.com/wp-content/uploads/2016/09/hipwee-Fluktuasi-Kehidupan-736x422.jpg

Iklan

zahara rony

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Agustus 2021

Kamis, 18 Januari 2024 17:34 WIB

Membangun Jejak Abadi di 2024: Refleksi, Resolusi, dan Seni Perencanaan

Perencanaan dapat membantu kita untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil, sumber daya apa yang kita perlukan, dan cara mengatasi hambatan.  Seperti membuat rencana permainan sebelum memainkan permainan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tak terasa kita semua telah memasuki tahun yang baru lagi 2024. Setelah melewati selusin bulan di tahun 2023, sekarang kita telah memasuki bulan Januari di hitungan tahun 2024. Bulan Januari adalah bulan pertama pembuka awal tahun.  Awal tahun idealnya diawali dengan semangat baru serta menetapkan tujuan-tujuan baru atu melanjutkan rencana lama yang tertunda.

Tahun baru sudah sepatutnya dapat dijadikan momentum untuk bangkit secara sadar melalui sebuah Refleksi dan Resolusi. Definisi Refleksi diri dari Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan proses melihat kembali pengalaman yang telah dilalui untuk dapat diambil pelajaran dan membuat rencana perbaikan untuk masa yang akan datang. Sedangkan resolusi  diartikan sebagai keputusan tentang apa yang akan dicapai. Dengan kata lain resolusi bisa juga diartikan sebagai sebuah rencana besar, kebulatan tekad untuk melakukan suatu hal.

Jika kita perhatikan definisi di dalam resolusi terdapat sebuah kata magic nan seksi yaitu sebuah kata perencanaan,  Perencaaan menjadi sebuah kata dasar untuk memiliki harapan. Sebuah pertanyaan di Tahun 2024 apa yang akan kita kerjakan, karya apa yang akan kita hasilkan, kita juga pasti berpikir, bagaimana merealisasikannya? karena keberhasilan perencanaan awal untul membangun sukses.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kata Bapak Ary Ginanjar Agustian, Rahasia kesuksesan bukanlah misteri yang sulit dipecahkan, melainkan merupakan hasil dari perencanaan  matang, yang berakar pada komitmen, tanggung jawab, disiplin, fokus, dan daya juang tinggi. Keberhasilan tidak dapat dicapai tanpa memiliki unsur-unsur tersebut secara komprehensif. 

Tujuan hidup tidak boleh dipandang sebagai beban, melainkan sebagai pendorong untuk mencapai kesuksesan. Kita sendiri adalah arsitek dari perencanaan kita. Pertanyaannya adalah, apakah kita memiliki kemampuan untuk merancang rencana yang fantastis, namun tetap realistis? Atau justru terjebak dalam hal-hal dramatis namun ujung-ujungnya apatis dan tidak optimis.

Jadi saat merencanakan suatu kegiatan, penting untuk memahami bahwa setiap situasi memiliki karakteristik yang unik. Perencanaan selain focus haruslah fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi khusus. Perencanaan harus mampu beradaptasi dengan perubahan situasional. Saat menilai keberhasilan suatu rencana, penting untuk menetapkan kriteria evaluasi yang sesuai dengan tujuan dan konteks spesifik rencana tersebut. Jangan hanya memandang rencana dari perspektif sendiri.

Dalam perencanaan, penting untuk memahami kebutuhan dan harapan orang lain, serta bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan memahami dan menghormati perbedaan antara individu atau kelompok, perencanaan dapat menjadi lebih inklusif, efektif, dan dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan yang spesifik. Kesadaran terhadap keberagaman ini dapat memperkaya kolaborasi dan meningkatkan kemungkinan sukses dalam mencapai tujuan.

Perencanaan menjadi pola yang membimbing kita melalui setiap fase perjalanan. Seakan kertas kosong, perencanaan membuka lembaran masa depan, mengukir jejak yang membentuk jalan menuju impian, menata fondasi perjalanan dengan penuh makna.

Dalam perencanaan, kita menjelajahi kedalaman dan mengungkap misteri di tengah perjalanan. Ini bukan hanya pemetaan tugas, tapi ekspedisi spiritual mengungkap esensi setiap langkah. Dengan perencanaan menyeluruh, kita menyusun bintang-bintang menerangi jalan, bijak memilih setiap langkah, menari di antara garis takdir yang kita tentukan.

Dengan kecermatan rancangan yang kita susun, kita tidak sekadar mengelola tugas-tugas harian, melainkan turut serta dalam perjalanan yang memahat jejak abadi di panggung kehidupan. Seiring dengan langkah-langkah kita yang terencana, kita mengukir takdir kita sendiri di dalam narasi waktu. Dalam keformalan perencanaan, kita menemukan keindahan dan ketenangan, seolah melibatkan diri dalam pertunjukan yang mempertontonkan kesinambungan antara mimpi dan kenyataan.

Perencanaan dapat membantu kita untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil, sumber daya apa yang kita perlukan, dan cara mengatasi hambatan.  Seperti membuat rencana permainan sebelum memainkan permainan. Tanpanya, kita hanya menebak-nebak dan memperkecil peluang keberhasilan kita. Oleh karena itu, mari bersikap proaktif, mewujudkan rencana dengan langkah-langkah konkrit di tahun 2024, dan mengubah kata-kata menjadi prestasi nyata. Kesuksesan adalah hasil dari tindakan, bukan sekadar harapan.

Sebagai kalimat penutup, ijikan saya mengutip kalimat dari tokoh nasional AA GYM, terkait perencanaan. Awalilah setiap pekerjaan dengan perencanaan yang baik, karena gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan. Dan satu lagi dari tokoh internasisonal, John F. Kennedy, Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah perencanaan.

Ikuti tulisan menarik zahara rony lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu