x

Iklan

Drawing Performatif

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Januari 2024

Jumat, 19 Januari 2024 08:07 WIB

Drawing Performatif, Mengajak Anak-anak Workshop dan Berdialog lewat Boneka Bayangan

Interaktif estetika ini merupakan eksperimen berdasarkan seni bayangan sistematis. Drawing Performatif memulai gerakan interaktif kecil seperti ini pada 2023.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjelang akhir tahun 2023, Drawing Performatif melakukan eksperimen yang menyenangkan dan interaktif bersama anak-anak. Mereka adalah Chols Verde, Barya Fasha, Indah P, dan Togar. Saat itu, selain menggelar pameran anak-anak bertajuk Cozy, juga ada kolaborasi antara sanggar daun Jatim dengan Gores Warna Jogja Studio di Kopi Macan.

CholsVerde, Barya Fasha, Indah P, dan Togar workshop Drawing Performatif 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Drawing Performatif sengaja menghadirkan workshop ini sebagai wadah estetika yang berharap setiap peserta yaitu anak-anak ikut terlibat dalam menceritakan atau berdiskusi tentang hasil boneka yang mereka buat sendiri.

Chols verde, Barya Fasha, Indah P, dan Togar workshop Drawing Performatif

Interaktif estetika ini merupakan eksperimen berdasarkan seni bayangan sistematis dan rencana untuk mengharapkan hasil baru dari pengalaman estetika. Drawing Performatif memulai gerakan interaktif kecil seperti ini pada tahun 2023.

Mereka mencoba melakukan suatu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh suatu perlakuan estetika tertentu terhadap anak yang kemudian dipenuhi melalui hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja dimunculkan oleh anak yang mempunyai hubungan sebab akibat. selamat berdialog melalui Boneka Bayangan

CholsVerde, Barya Fasha, Indah P, dan Togar workshop Drawing Performatif

Hasilnya, banyak anak-anak yang mengikuti workshop terlihat senang dan bermain dengan bonekanya. Tak hanya itu, tanpa sengaja menyusunnya untuk membuat jalan cerita, mereka secara spontan langsung menyusun cara bermain dan menampilkannya seolah-olah sesuai dengan jalan cerita yang telah direncanakan.

Beberapa orang bercerita tentang diri mereka sendiri, teman-teman mereka, lingkungan sekitar mereka, dan harapan atau impian mereka. Cerita yang dibangun atas kreativitas mereka merupakan sebuah kesadaran estetis yang perlu diberikan dan dilepaskan kepada anak usia dini. Tidak ada batasan bagi anak untuk berkreasi, karena hal itulah yang mendorong pikiran dan hatinya untuk kreatif dalam segala hal hingga ia dewasa.

Foto CholsVerde, Indah P, Togar, dan Fasha saat mengisi Materi Workshop

Ikuti tulisan menarik Drawing Performatif lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

9 jam lalu

Terpopuler