x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 6 Februari 2024 07:34 WIB

Kolaborasi Mahasiswa dan Taman Bacaan, Bila Ingin Berjalan Jauh Pergilah Bersama-sama

Jajaki kerjasama pengabdian masyarakat dan revitalisasi program literasi, BEM Faperta IPB siap kolaborasi dengan Taman Bacaan Lentera Pustaka

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

"Sendirian kita tidak dapat melakukan banyak hal; bersama-sama kita dapat melakukan banyak hal." - Helen Keller

 

Berbekal spirit kerja sama itulah, Departemen Sosling BEM Faperta IPB sore ini menyambangi TBM Lentera Pustaka untuk menjajaki program pengabdian Masyarakat selama tahun 2024 (5/2/2024) di Bogor. Kepengurusan baru BEM Faperta IPB yang terdiri dari Arfan Alwizdan, Agung Prasetyo, Muhammad Cito Ramadhan, Giyanita Wahyu, Arya Asmara, dan Fajril Nuryasin diterima oleh Susilawati (Wali Baca TBM Lentera Pustaka) untuk membahas program konkret yang akan digelar, sekaligus mendiskusikan fact finding anak-anak dan orang tua pengguna layanan taman bacaan yang dikenal komprehensif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Bertempat di Rooftop Baca TBM Lentera Pustaka, beberapa program Faperta Mengajar yang digagas untuk dieksekusi selama tahun 2024 antara lain:1) penyuluhan sampah organik, 2) daur ulang sampah, 3) cerdas matematika, dan lain-lain. Untuk merealisasilannya, BEM Faperta IPB nantinya akan menyesuaikan dengan permasalahan yang ada di TBM. TBM Lentera Pustaka pun menyampaikan beberapa problem yang dihadapi taman bacaan untuk dicarikan Solusi dari persfektif mahasiswa antara lain: 1) soal sampah yang rencananya bisa disolusikan dengan “ecobrick” yang nantinya bisa jadi daya jual pula, 2) pemberdayaan untuk ibu-ibu yang mengantar anaknya ke TBM, dan 3) pentingnya kurikulum literasi digital.

 

Patut diketahui, kerja sama BEM Faperta IPB dan TBM Lentera Pustaka pada tahun 2-24 ini telah memasuki tahun ke-5, dimulai sejak 2020. Sebuah tradisi baik dan konkret yang sudah jadi budaya kepengurusan BEM Faperta IPB. Selain banyak menginisiasi program dan aktivitas baru untuk anak-anak TBM Lentera Pustaka, kehadiran BEM Faperta IPN di taman bacaan pun menjadi bukti  pengabdian masyarakat dan kontribusi nyata mahasiswa terhadap gerakan literasi dan aktivitas taman bacaan di Indonesia. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi di anak-anak usia sekolah dan warga masyarakat.

 

Sambil menikmati suasana senaj di Rooftop Baca TBM Lentera Pustaka, tim Departemen Sosling BEM Faperta IPB pun bertekad untuk menyepakati bahwa “kebaikan secara individu, maka kita hasilkan satu tetes. Tapi bila bersama-sama, kita menghasilkan lautan”. Maka nantikan kiprah sosial BEM Faperta IPB di TBM Lentera Pustaka!

 

Dari kolaborasi BEM Faperta IPB dan TBM Lentera Pustaka ada pesan penting untuk semua pihak. Bahwa jika kamu ingin pergi cepat, pergilah sendiri. Jika kamu ingin pergi jauh, pergilah bersama-sama". Salam literasi #BEMFapertaIPB #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB