x

Penutupan PMM oleh mahasiswa UMM

Iklan

M FARISI ARDIANSYAH

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Februari 2024

Rabu, 21 Februari 2024 16:30 WIB

Membangun Harapan dan Kesejahteraan Mahasiswa dan Implementasi Token Ekonomi di Panti Asuhan Yasibu

Menerapkan token ekonomi di Panti Asuhan Yasibu

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam era globalisasi ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi agen perubahan dalam akademis, tetapi juga aktor yang berkontribusi positif kepada masyarakat. Sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan, sebuah inisiatif mulia muncul di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dimana mereka menggabungkan pengabdian kepada masyarakat dengan penerapan konsep token ekonomi di Panti Asuhan Yasibu.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang sebagai agen perubahan memahami tanggung jawab mereka terhadap masyarakat. Dalam hal ini, Panti Asuhan Yasibu menjadi fokus utama pengabdian mereka. Melalui berbagai kegiatan, mereka tidak hanya memberikan bantuan fisik, tetapi juga berupaya membangun hubungan yang bermakna dengan anak-anak panti.

Salah satu inovasi menarik dari mahasiswa  Universitas Muhammadiyah Malang ini adalah pengenalan token ekonomi di lingkungan panti asuhan. Dengan memberikan token kepada anak-anak, mereka diberdayakan untuk mengelola 'ekonomi' pribadi mereka. Token dapat diperoleh melalui partisipasi dalam kegiatan positif, pencapaian akademis, dan perilaku baik.
Konsep token ekonomi bukan hanya sekadar memberikan hadiah, tetapi juga mendidik anak-anak mengenai manajemen keuangan sejak dini. Mereka diajarkan untuk menyimpan, mengelola, dan membelanjakan token mereka, menciptakan pemahaman yang kuat tentang nilai uang dan tanggung jawab finansial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Implementasi token ekonomi ini memberikan manfaat jangka panjang, baik bagi mahasiswa UMM maupun anak-anak panti. Anak-anak mendapatkan pelajaran berharga tentang nilai uang, sementara mahasiswa UMM mengalami pertumbuhan pribadi dan kepuasan batin melihat dampak positif yang mereka ciptakan.

Melalui inisiatif ini, mahasiswa UMM tidak hanya menjadi agen perubahan, tetapi juga pendidik dan pemberi harapan bagi anak-anak panti. Implementasi token ekonomi menjadi langkah kreatif dalam menciptakan dampak positif dalam kehidupan mereka, membangun fondasi untuk kesejahteraan masa depan.

Ikuti tulisan menarik M FARISI ARDIANSYAH lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB