x

Iklan

Moamar Khadafi

Mahasiswa Politeknik Tempo
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024 12:32 WIB

Hubungan Media Sosial dan Media Arus Utama di Indonesia

Artikel ini merupakan tugas mata kuliah Komunikasi Digital dari program studi Produksi Media. Dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia merupakan  negeri yang kaya akan budaya dan keragaman, juga merupakan salah satu dari peringkat tertinggi dalam penggunaan media sosial di dunia. Dengan pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, data menunjukkan bahwa aktivitas media sosial di Indonesia mencatat angka yang mengagumkan. Mari kita telusuri lebih dalam untuk melihat bagaimana tren ini memengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia. berikut adalah Data pengguna media sosial di Indonesia pada tahun 2024 :

Pada urutan pertama ada WhatsApp aplikasi yang pasti semua orang miliki di setiap smartphone pasti menginstallnya pengguna WhatsApp di Indonesia itu sebanyak 90.9% lalu di susul oleh Instagram dengan pengguna aktif di Indonesia sebanyak 85,3% dari jumlah populasi. dan di urutan ke 3 ada Facebook dengan pengguna aktif sebanyak 81,6% dari jumlah populasi. Lalu di urutan ke 4 ada Tiktok sebanyak 73,5%  dan di urutan ke 5 ada telegram dengan pengguna aktif sebanyak 61.3% dari jumlah populasi Urutan 5 teratas ini lah aplikasi yang menurut kita sudah sangat familiar karena memang sehari hari kita mengunakan aplikasi tersebut dan jika di kaitkan dengan media arus utama di Indonesia pasti memiliki hubungan di antara nya seperti symbiosis mutualisme.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

hubungan antara media sosial dan media arus utama (mainstream media) sangat erat. Media sosial telah menjadi platform utama di mana informasi, berita, dan konten lainnya disebarkan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Media sosial memberikan sumber berita alternatif yang signifikan bagi masyarakat. Banyak orang lebih memilih untuk mendapatkan berita dari platform media sosial daripada dari media arus utama, karena dianggap lebih cepat dan tidak terfilter.

Opini dan reaksi masyarakat terhadap berita dan isu tertentu seringkali pertama kali muncul di media sosial sebelum diadopsi oleh media arus utama. Media sosial menjadi tempat di mana diskusi publik dan opini tersebar luas, yang dapat memengaruhi narasi yang diambil oleh media arus utama. Media sosial juga memengaruhi pembentukan agenda media arus utama. Isu-isu yang mendapatkan perhatian besar di media sosial cenderung diangkat oleh media arus utama untuk dipublikasikan lebih lanjut. Media arus utama menggunakan media sosial sebagai alat untuk berinteraksi dengan pembaca dan memperluas jangkauan mereka. Hal ini menciptakan saluran komunikasi dua arah antara media arus utama dan masyarakat. Berkat media sosial, informasi dapat disebarkan dengan cepat dan luas. Hal ini memungkinkan media arus utama untuk memperoleh dan menyebarkan berita secara lebih efisien.

Dengan demikian, media sosial dan media arus utama di Indonesia tidak hanya saling terkait, tetapi juga saling memengaruhi dalam membentuk opini publik dan narasi informasi.

Di urutan satu media sosial ada WhatsApp, WhatsApp tidak secara khusus dirancang untuk mencari berita, tetapi beberapa organisasi berita dan publikasi menggunakan WhatsApp untuk mendistribusikan konten berita mereka. Misalnya, beberapa organisasi berita memiliki layanan langganan di mana pengguna dapat menerima pembaruan berita melalui pesan WhatsApp. Namun, karena WhatsApp terutama adalah platform pesan pribadi, kebenaran dan keandalan berita yang diterima harus diperiksa dengan hati-hati oleh pengguna.

Di urutan ke dua ada Instaram, Instagram dan media arus utama (mainstream media) dapat beragam. Banyak organisasi berita dan outlet media arus utama menggunakan Instagram sebagai saluran tambahan untuk membagikan konten mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas. Mereka memanfaatkan fitur-fitur seperti Instagram Stories, IGTV, dan posting gambar/galeri untuk menyampaikan berita terbaru dan menarik perhatian pengguna. Di sisi lain, pengguna Instagram juga dapat menggunakan platform ini untuk mendapatkan wawasan tentang berita terkini dengan mengikuti akun-akun berita yang diverifikasi. Namun demikian, karena Instagram terutama fokus pada konten visual dan interaksi sosial, pengguna harus tetap waspada terhadap kebenaran dan keandalan informasi yang mereka konsumsi di platform tersebut.

Dan di urutan ke 3 yaitu facebook, facebook dapat digunakan untuk mencari berita. Meskipun Facebook awalnya didesain sebagai platform jejaring sosial untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, seiring waktu, fitur pencarian di Facebook telah ditingkatkan untuk memungkinkan pengguna mencari berita dan konten lainnya.

Anda dapat menggunakan fitur pencarian di Facebook untuk mencari berita dengan mengetikkan kata kunci atau topik tertentu di bilah pencarian. Hasil pencarian akan menampilkan berbagai postingan, artikel, video, dan konten terkait dari halaman, grup, dan pengguna yang terkait dengan topik tersebut. Selain itu, Facebook juga memiliki fitur "Trending" yang menampilkan berita dan topik yang sedang populer di platform. Anda dapat mengakses bagian "Trending" untuk melihat berbagai berita terkini yang sedang ramai diperbincangkan oleh pengguna Facebook di seluruh dunia atau dalam wilayah tertentu.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua berita yang ditemukan di Facebook dapat dianggap akurat atau terpercaya. Penting untuk selalu memverifikasi sumber dan kebenaran informasi sebelum membagikannya atau mengambil tindakan berdasarkan berita yang ditemukan di platform tersebut. Maka di situlah peran media arus utama di perlukan untuk memverifikasi berita tersebut apakah berita tersebut berita valid atau hoax maka dari itu media sosial dan media arus utama saling memiliki hubungan satu sama lain.

Tak hanya facebook, tiktok juga ada sebagian kreator yang mengunakan platform tiktok untuk memberikan informasi dan berita Namun, seperti halnya dengan platform media sosial lainnya, penting untuk melakukan pengecekan terhadap sumber berita dan kebenaran informasi yang ditemukan di YouTube. Pastikan untuk memverifikasi informasi dari beberapa sumber yang terpercaya sebelum mengambil kesimpulan atau tindakan berdasarkan berita yang Anda temukan di platform tersebut.

Peran media sosial saat ini memang sangat penting dan berpengaruh terhadap media arus utama dan satu satu nya cara untuk bertahan adalah beradaptasi seperti yang di lakukan media arus utama dia memanfaatkan sisi praktis media sosial untuk di jadikan sarana promosi untuk berita yang ingin dia sampaikan kepada publik.

Ikuti tulisan menarik Moamar Khadafi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler