x

Ilustrasi wartawan televisi. shutterstock.com

Iklan

SISKA PITRIANI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Senin, 18 Maret 2024 12:36 WIB

Kantor Berita Antara Menjalin Kemitraan dengan Perusahaan Teknologi Menghadapi era Disrupsi Informasi

Antara telah membentuk kemitraan dengan perusahaan teknologi atau media lainnya untuk memperluas jangkauan dan distribusi konten mereka. Selain itu juga untuk mendapatkan akses ke teknologi dan sumber daya tambahan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (biasa disingkat menjadi LKBN Antara), atau lebih dikenal sebagai Antara adalah sebuah badan usaha milik negara yang berperan sebagai kantor berita.

Kantor Berita Antara didirikan oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena ketika semangat perjuangan kemerdekaan nasional menggelora dan digerakkan oleh para pemuda pejuang. Antara resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. Dalam Keputusan Presiden No 307 tahun 1962, tanggal 24 September 1962 nama Antara diubah menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Dewan Pimpinan diketuai Pandu Kartawiguna. 

Antara sebagai salah satu kantor berita bertekad untuk selalu menghadirkan berita dan foto mengenai peristiwa-peristiwa penting dan mutakhir secara cepat dan lengkap ke seluruh dunia, baik melalui saluran distribusi sendiri maupun yang bekerjasama dengan para mitra di seluruh dunia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Antara telah membentuk kemitraan dengan perusahaan teknologi atau media lainnya untuk memperluas jangkauan dan distribusi konten mereka, serta untuk mendapatkan akses ke teknologi dan sumber daya tambahan.

Antara melakukan mitra kerja sama dengan berbagai media. Antara memiliki biro di setiap propinsi serta perwakilan di beberapa kotamadya/kabupaten. Agar dapat menyajikan berita luar negeri dengan persepsi nasional, Antaramengendalikan biro/perwakilan di Kuala Lumpur (Malaysia), Beijing (China) dan London (Inggris).

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi global, Antara juga menjalin kerjasama, baik secara komersial maupun non-komersial, dengan kantor-kantor berita di seluruh dunia, seperti AAP (Australia), Reuters (Inggris), AFP (Perancis), DPA (Jerman), Kyodo (Jepang), Bernama (Malaysia), Xinhua (PR China), CIC (Columbia), NAMPA (Namibia) dan lain-lainnya.

Antara  aktif dalam berbagai organisasi regional dan international, seperti ANEX (ASEAN News Exchange), OANA (Organization of Asia Pacific News Agencies) dan NANAP (Non-Aligned News Agencies Pool).

Antara  juga bekerjasama dengan Kedutaan-Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk menyampaikan informasi terkini tentang Indonesia maupun internasional kepada publik.

Ratusan berita luar negeri yang berasal dari para mitra kerja dan rata-rata 750 berita hasil liputan wartawan Antara disebarluaskan setiap hari melalui teknologi komunikasi terkini, seperti VSAT dan DVB, serta berbagai teknologi berbasis Internet, seperti situs web, email dan ftp ( file transfer protocol ).

Antara  telah memperluas portofolio produk dan layanannya untuk mencakup tidak hanya berita tulisan, tetapi juga konten multimedia, podcast, dan video yang lebih menarik bagi audiens digital.

Produk Layananan Antara: 
1. Antara News
2. Antara Foto
3. Antara PRWire
4. Antara Tv
5. LPJA Antara
6. Comets
7. Galeri foto dan Jurnalistik Antara

*) Tulisan Ini adalah tugas mata kuliah Komunikasi Digital dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri S.Sos.,M.Si

Ikuti tulisan menarik SISKA PITRIANI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB