x

Hari Pertama Pelaksanaan PMM di KB. Matahari

Iklan

Amanda Nabila Noor Azahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024 06:57 WIB

Mahasiswa UMM Beri Pengenalan dan Pemanfaatan Sampah pada Anak-Anak Paud KB. Matahari Tegalgondo

Anak-anak antusias terlibat dalam kegiatan. Akhirnya, hampir seluruh anak mampu membedakan sampah plastik dan sampah kertas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat, selain Kuliah Kerja Nyata (KKN), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga memiliki program lain yang dinamakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM)) yang berada di bawah tanggung jawab Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DPPM). Kegiatan PMM ini bertujuan sebagai bentuk pengaplikasian Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. 

Dengan beranggotakan M. Hafiz dan M. Wahyuni dari Prodi Teknik Informatika dan M. Yusril Ikamsah, Amanda Nabila Noor Azahra dan Wiwin Windya Azhari dari Prodi Hubungan Internasional, bersama Dosen Pembimbing, Bapak Erfan Dani Septia, SP., MP, kelompok 66 gelombang 2 bersepakat untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatan PMM ini. Kegiatan PMM ini dilaksanakan bersama Anak-Anak Paud KB. Matahari dengan tujuan PMM yaitu mengenalkan kepada mereka tentang sampah dan juga pemanfaatannya. 

Dimulai pada hari pertama kami berdiskusi mengenai materi seperti apa yang akan kami sampaikan kepada anak-anak paud, dilanjutkan dengan penyampaian materi yang bertemakan Yuk Pilah Sampah dengan mengajarkan anak-anak bagaimana cara memilah sampah plastik dan sampah kertas. Pada hari berikutnya, kami meminta anak-anak paud untuk membawa sampah plastik dan sampah kertas sebagai bentuk praktik langsung dan mempersilahkan mereka maju satu persatu untuk memasukkan sampah sesuai dengan kategorinya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, agar anak-anak tidak merasa bosan dengan kegiatan yang terkesan itu-itu saja, kami mencoba untuk mengajarkan mereka suatu prakarya sederhana yang terbuat dari botol plastik milik mereka, yaitu dengan membuat mobil-mobilan sederhana. Kegiatan kami di KB. Matahari Tegalgondo dimulai pada tanggal 25 Januari 2024 - 30 Januari 2024. 

Secara garis besar, hampir seluruh anak-anak sudah mampu untuk membedakan mana sampah plastik ataupun sampah kertas. Terlebih lagi dengan antusiasme mereka untuk terlibat dalam kegiatan kami, secara tidak langsung memberikan energi positif sebagai penyemangat dari awal hingga akhir kegiatan kami di KB. Matahari Tegalgondo. Tidak lupa dengan guru-guru paud yang sangat terbuka dan kooperatif dengan kehadiran kami. 

Salah satu alasan terbesar kami untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatan PMM ini sebenarnya sederhana. Beberapa hari sebelum kami melaksanakan PMM, kami mengunjungi TPS Desa Tegalgondo sebagai bentuk inspeksi langsung mengenai program PMM kami. Dengan diskusi singkat dan sederhana bersama para pekerja di sana, kami memutuskan untuk melibatkan anak-anak setelah mendengar saran dari salah satu pekerja disana. 

Anak-anak merupakan para pribadi yang penuh dengan rasa ingin tahu. Mereka juga sangat mudah untuk menerima hal-hal baru yang dipicu dari rasa penasaran mereka tadi. Mungkin terkesan biasa bagi orang-orang dewasa, tapi kami berharap dengan mengajarkan suatu hal positif untuk mereka, sedikit ilmu yang kami berikan, dapat terus mereka ingat dan bermanfaat hingga nanti. 

Ikuti tulisan menarik Amanda Nabila Noor Azahra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu