x

Pemudik yang terdiri dari satu keluarga naik motor di musim libur lebaran 2018 saat melintas di kawasan Karawang, Jawa Barat. Tempo/Fakhri Hermansyah

Iklan

Muhammad Rizal Firdaus

Content Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Senin, 25 Maret 2024 06:04 WIB

Empat Tip Aman Mudik Pakai Motor

Mudik lebaran 2024 sudah di depan mata saatnya persiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat muslim Indonesia menjelang lebaran adalah mudik.

Mudik sudah menjadi kebiasaan para perantau yang hendak merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman.

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa dipilih untuk menuju kampung halaman, selain menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, dan pesawat, menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil msih menjadi pilihan utama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain bisa leluasa melakukan perjalanan, mudik dengan kendaraan pribadi seperti motor juga nantinya akan bisa digunakan untuk mobilitas di kampung halaman.

Pilihan menggunakan motor untuk mudik tentu memiliki resiko sendiri, akan tetapi jika kita sudah menyiapkan semua kebutuhan terkait mudik kita akan bisa meminimalisir risiko yang akan terjadi ketika dalam perjalanan mudik nantinya.

Untuk itu perlu dipersiapkan secara matang apa saja yang harus disiapkan ketika mudik, terlebih untuk perjalanan jauh, bagi anda yang hendak mudik ada baiknya membaca tips mudik aman menggunakan motor ini hingga selesai agar selamat sampai tujuan.

Berikut ini tips mudik aman menggunakan motor yang sesuai dengan anjuran pemerintah.

  1. Siapkan fisik yang prima

Tips pertama adalah dengan menyiapkan kondisi fisik yang prima dan dalam kondisi yang sehat, dengan kondisi badan yang fit nantinya membuat kita selalu fokus dalam perjanalan. Untuk itu sebelum berangkat mudik ada baiknya beristirahat yang cukup agar tidak kelelahan di jalan.

  1. Gunakan safety riding

Selain kondisi badan yang fit, perlengkapan perjalanan juga harus disiapkan seperti helm SNI, jaket, masker, dan sarung tangan. Perlengkapan tersebut harus anda gunakan saat  mengendarai motor anda.

  1. Bawa barang secukupnya

Barang yang banyak akan menambah beban dalam perjalanan, barang bawaan biasanya menjadi barang wajib yang dibawa oleh para pemudik yang biasanya untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman namun perlu diperhatikan kapasitas barang bawaan dengan kondisi motor yang digunakan.

  1. Istirahat yang cukup saat di perjalanan

Dengan beristirahat yang cukup akan membuat badan kita lebih fit lagi dalam melanjutkan perjalanan, karena ketika kondisi badan kita kurang fit atau ngantuk akan mengurangi tingkat kefokusan saat berkendara.

Terlebih ketika momen mudik, ada banyak rest area yang disediakan untuk beristihat, fasilitas tersebut bisa anda manfaatkan untuk beristihat saat berkendara.

Itulah empat tips aman mudik menggunakan motor, semoga dengan adanya tips ini bisa membantu perjalanan mudik anda sampai ke kampung halaman dengan selamat.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rizal Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 jam lalu

Terpopuler