x

Ilustrasi Wanita Karir. Karya Gerd Altman dari Pixanbay.com

Iklan

sonny xavier setiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 April 2024

Rabu, 3 April 2024 05:53 WIB

Mansplaining dan Budaya Patriarki

Mansplaining adalah fenomena yang terjadi ketika laki-laki menganggap dirinya lebih tahu dari perempuan tentang suatu topik. Laki-laki menganggap dirinya lebih berhak untuk berbicara tentang topik tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mansplaining adalah fenomena yang terjadi ketika laki-laki menganggap dirinya lebih tahu dari perempuan tentang suatu topik, dan menganggap dirinya lebih berhak untuk berbicara tentang topik tersebut. Mansplaining dapat membuat perempuan merasa tidak dihargai, diremehkan, menurunkan rasa kepercayaan diri dan harga diri, hingga menghambat karier perempuan.

Phenomenon mansplaining terjadi pada tahun 2008, ketika Rebecca Solnit menulis esai tentang pengalaman perempuan yang terjadi ketika laki-laki menganggap perempuan tidak memiliki pengetahuan yang sama tentang sebuah topik. Solnit menjelaskan tentang pengalaman perempuan yang terjadi ketika laki-laki menjelaskan sesuatu kepada perempuan, yang perempuan sudah tahu tentang topik tersebut.

Budaya patriarki adalah sebuah budaya yang melekat di masyarakat di mana derajat kaum perempuan dianggap lebih rendah dari kaum laki-laki. Budaya ini menilai bahwa perempuan hanya berperan dalam urusan domestik seperti memasak dan mengasuh anak, sedangkan laki-laki memiliki kedudukan yang lebih tinggi karena perannya dalam mencari nafkah.

Permasalahan budaya patriarki dapat ditemukan dalam berbagai elemen kehidupan masyarakat, mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial, hingga politik. Dampaknya, aktivitas perempuan di ruang publik menjadi terbatas. Tidak hanya itu, langgengnya budaya patriarki semakin membuat kesetaraan gender di Indonesia terkesan utopis.

Untuk mengatasi permasalahan budaya patriarki, perlu dilakukan pemberdayaan perempuan melalui pemberian ruang dan diapresiasi, serta jangan membiarkan perempuan berjalan sendiri. Perempuan harus diberi ruang dan diapresiasi serta jangan membiarkan perempuan berjalan sendiri. Sistem patriarki sejatinya sangat membebani perempuan, terutama untuk mereka yang sudah berumah tangga

Ikuti tulisan menarik sonny xavier setiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler