x

KBA Kanreapia sebagai Kampung Iklim Lestari. Dok. Booklet 15th SATU Indonesia Awards 2024

Iklan

Azmi Aziz

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juni 2024

Selasa, 11 Juni 2024 08:45 WIB

15th SATU Indonesia Awards 2024: Apresiasi Inovasi Para Pahlawan Lingkungan

Dampak positif dari inovasi ini menunjukkan bahwa kepedulian dan aksi nyata adalah kunci untuk menjaga bumi kita tetap lestari. Dengan dukungan dari SATU Indonesia Awards, para pemenang ini dapat mengembangkan inovasi mereka lebih lanjut dan memberikan dampak yang lebih luas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perhatian terhadap isu-isu lingkungan semakin meningkat seiring dengan dampak perubahan iklim yang semakin nyata di sekitar kita. Melalui upaya-upaya kecil yang dilakukan oleh individu-individu yang peduli, perubahan besar dapat dicapai. Hal inilah yang menjadi inti dari SATU Indonesia Awards 2024, sebuah penghargaan yang diberikan kepada para pahlawan lingkungan yang telah berkontribusi secara signifikan dalam melestarikan alam.

Pada 15th SATU Indonesia Awards tahun ini, bidang lingkungan menjadi salah satu fokus utama. Mengangkat tema “Bersama, Berkarya, Berkelanjutan”, SATU Indonesia Awards menjadi wujud apresiasi Astra kepada anak muda di seluruh Indonesia yang memberi manfaat bagi masyarakat melalui inovasi dan kreasi di lima bidang yakni Kesehatan, Pendidikan, Kewirausahaan dan Teknologi. 

Salah satu pemenang tahun lalu yang sangat inspiratif adalah Rengkuh Banyu Mahandaru. Rengkuh menginisiasi Pelepah, sebuah inovasi bahan alami yang ramah lingkungan sebagai pengganti styrofoam untuk membungkus makanan. Pelepah terbuat dari pelepah pinang yang didaur ulang, sehingga dapat mengurangi limbah styrofoam yang sulit terurai dan berbahaya bagi lingkungan. Inovasi ini tidak hanya membantu mengurangi sampah plastik, tetapi juga memberikan nilai ekonomi tambahan bagi petani pinang di daerahnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Rengkuh dalam sesi Astratalk pada acara Kick-off 15th SATU Indonesia Awards 2024 mengungkapkan bahwa sustainability bukan hanya tentang tanggung jawab, tapi juga tentang membuka potensi tanpa batas. Dengan mengintegrasikan inovasi dan konservasi. 

Dampak positif dari inovasi ini menunjukkan bahwa kepedulian dan aksi nyata adalah kunci untuk menjaga bumi kita tetap lestari. Dengan dukungan dari SATU Indonesia Awards, para pemenang ini dapat mengembangkan inovasi mereka lebih lanjut dan memberikan dampak yang lebih luas. Inovasi Rengkuh di SATU Indonesia Awards adalah bukti nyata bahwa setiap individu memiliki potensi untuk membuat perubahan besar. Dengan semangat, dedikasi, dan inovasi, mereka telah menunjukkan bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama yang bisa dimulai dari langkah kecil. 

Tahun ini, 15th SATU Indonesia Awards 2024 kembali mencari sosok muda inspiratif. Inovasi dan karya para peserta akan dinilai oleh para dewan juri dari berbagai profesi. Untuk semakin memperkaya penilaian dalam proses menemukan sosok inspiratif, SATU Indonesia Awards kembali menggandeng sosok inspiratif sebagai juri tamu untuk menjadi bagian dari dewan juri. Berikut ini adalah dewan juri pada 25th SATU Indonesia Awards 2024:

  1. Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
  2. Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia)
  3. Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta)
  4. Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan)
  5. Onno W. Purbo Ph.D (Pakar Teknologi Informasi)
  6. Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk)
  7. Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni)
  8. Billy Boen (Founder Young On Top)
  9. Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra)
  10. Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra)
  11. Raline Shah (Pegiat Seni)

Kamu salah satu generasi muda inspiratif yang memiliki inovasi di bidang lingkungan? Yuk kirim karyamu melalui link di sini.

Jangan lupa ikuti syarat dan ketentuan penerima apresiasi 15th SATU Indonesia Awards 2024,

  1. Program diinisiasi oleh individu atau kelompok
  2. Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran
  3. Kegiatan harus orisinal
  4. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun 
  5. Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra
  6. Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional
  7. Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputi environmental, social dan governance (ESG)
  8. Bukan karyawan Grup Astra atau Mitra SATU Indonesia Awards
  9. Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

Para penerima apresiasi akan mendapatkan dana bantuan kegiatan senilai 65 juta rupiah dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra. Pendaftaran sudah dibuka mulai 4 Maret - 4 Agustus 2024. Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui website www.astra.co.id.

Ikuti tulisan menarik Azmi Aziz lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler