Meningkatkan Minat Belajar menggunakan Game Wordwall dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Jumat, 4 Oktober 2024 17:47 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
Ilustrasi Game Online
Iklan

Dalam proses pembelajaran, siswa PPL INISNU Temanggung memperkenalkan game Wordwall kepada siswa kelas 4 MI Gemawang sebagai sarana untuk mempelajari penjumlahan materi dalam mata pelajaran bahasa Inggris.

Oleh Asih Fitriana

Pembelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Mempelajari bahasa asing tidak hanya membantu siswa untuk berkomunikasi dengan dunia luar, tetapi juga membuka peluang yang lebih luas di masa depan. Namun seringkali para siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran, terutama dalam hal penjumlahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) dari Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung telah mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik menggunakan game Wordwall.

Apa Itu Wordwall? 

Wordwall adalah platform yang menyediakan alat pembelajaran interaktif yang memungkinkan pendidik untuk membuat berbagai macam permainan dan kuis. Dengan interaksi yang intuitif, guru dapat membuat berbagai jenis aktivitas seperti kata campur aduk, mencocokkan pasangan, dan banyak lagi. Platform ini sangat fleksibel dan dapat diakses dengan mudah, baik di perangkat desktop maupun mobile.

Salah satu sekolah yang lokasi menjadi penerapan metode pembelajaran ini adalah MI Gemawang, yang bertempat di Gemawang, Temanggung, Jawa Tengah, dimana siswa PPL prodi PGMI INISNU Temanggung melakukan praktik lapangan mereka. Kelas 4 MI Gemawang menjadi fokus dalam pengembangan materi penjumlahan melalui game Wordwall. Game Wordwall sendiri merupakan aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui berbagai permainan yang menarik.

Dalam proses pembelajaran, siswa PPL INISNU Temanggung memperkenalkan game Wordwall kepada siswa kelas 4 MI Gemawang sebagai sarana untuk mempelajari penjumlahan materi dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Dengan menggunakan game ini, siswa diajak untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Mereka dapat bermain sambil belajar, sehingga proses pembelajaran tidak lagi terasa monoton dan membosankan.

Selain meningkatkan minat belajar siswa, penggunaan game Wordwall juga membantu dalam memperkuat pemahaman konsep penjumlahan dalam bahasa Inggris. Dengan berbagai fitur dan variasi permainan yang disediakan, siswa memiliki kesempatan untuk melatih kemampuan matematika dan bahasa Inggris mereka secara bersamaan. Hal ini juga dapat memperluas cakupan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, sehingga mereka dapat menguasainya dengan lebih baik.

Dampak positif dari penggunaan game Wordwall dalam pembelajaran di kelas 4 MI Gemawang juga dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Melalui metode yang lebih interaktif dan menyenangkan, siswa menjadi lebih antusias dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Mereka juga lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga pemahaman mereka terhadap penjumlahan materi dalam mapel bahasa Inggris meningkat secara signifikan.

Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan digital mereka. Dengan terbiasa menggunakan aplikasi pembelajaran seperti game Wordwall, siswa akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini akan memberi mereka keunggulan di masa depan ketika dihadapkan dengan tuntutan dunia kerja yang semakin digital.

Sebagai mahasiswa PPL, upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui inovasi dan kreativitas seperti penggunaan game Wordwall merupakan langkah yang sangat positif. Dengan terus mengembangkan metode pembelajaran yang menarik dan efektif, kami dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Semoga upaya ini dapat terus dilanjutkan dan memberikan dampak positif yang besar bagi dunia pendidikan.

Dengan demikian, mahasiswa PPL prodi PGMI INISNU Temanggung telah berhasil menunjukkan bahwa penggunaan game Wordwall dalam pembelajaran bahasa Inggris dan penjumlahan materi untuk kelas 4 di MI Gemawang dapat meningkatkan minat belajar siswa serta memperkaya pengalaman belajar mereka. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dan efektif di masa yang akan datang. Bagaimana menurut kamu

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Asih Fitriana

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah INISNU Temanggung

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler