x

Iklan

Djohan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Jusuf Kalla Resmikan Jembatan Sungai Batanghari, Jambi

Jembatan penghubung antara Kecamatan Danau Teluk dan Kecamatan Pelayangan dengan Kecamatan Pasar Kota Jambi diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Yusuf Kala, Sabtu (28/3-2015).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

JAMBI-Jembatan penghubung lima kelurahan di Kecamatan Danau Teluk dan Kecamatan Pelayangan dengan Kecamatan Pasar Kota Jambi diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Yusuf Kala, Sabtu (28/3-2015).

Selama puluhan tahun, puluhan ribu masyarakat penghuni di dua Kecamatan; terdiri dari Kecamatan Danau Teluk (Lima Kelurahan) dengan luas 15,70 Km dan Kecamatan Pelayangan (Enam Keluarahan) dengan luas 15,29 Km. Kalau mau Ke Kota Jambi, terpaksa meng gunakan perahu, dengan membayar Rp 1.500 per orang (Saat ini.)  

Jembatan pedestrian, terletak di atas Sungai Batanghari, Kota Jambi. Lokasi jembatan pedestrian ini berada didepan rumah Dinas Gubernur Jambi, Jalan Sultan Thaha, dan diujung jembatan terse but, terdapat bangunan menara Gentala Arasy, letaknya di seberang Kota Jambi,tepatnya di Desa Mudung Laut, Kecamatan Danau Teluk, Seberang Kota Jambi.   

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Diharapkan, dengan telah diresmikannya jembatan pedestrian oleh Wakil Presiden (wapres), Jusuf Kalla, dapat melegakan hati warga. Karena jembatan itu resmi, sudah bisa digunakan oleh masyarakat, untuk berlalu-lalang, termasuk untuk mengunjungi Menara Gentala Arasy”  papar Hendrizal. Protokol Pemerintah Provinsi Jambi.

Diatas menara Gentala Arasy, juga terdapat jam gadang (Besar.) Keberadaan Menara dan jemba tan ini diharapkan dapat menjadi objek wisata baru di Kota Jambi, maupun di Seberang Kota Jambi. karena menara tersebut dilengkapi museum mini tentang Islam dan sejarah Melayu Jambi,  jelas Hendrizal.

Jembatan yang  menelan biaya Rp 77 miliar ini dibangun sejak tahun 2013. Diperuntukkan, khusus bagi pejalan kaki. Karena lebar jembatan itu hanya bisa dijejer, untuk lima orang. Sementara itu. Terkait dengan kunjungan Wapres Jusuf  Kalla ke Provinsi Jambi, Untuk peng amanan kehadiran Wapres itu, tidak kurang dari 2.000 personel TNI dan polisi disiagakan di beberapa lokasi.  

“Pengamanan kami fokuskan dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, lokasi jembatan ped estrian dan rumah dinas gubernur Jambi, Jalan Sultan Thaha, dan lokasi menara Gentala Arasy di seberang Kota Jambi.” Jelas Kepala Penerangan Komando Rayon Militer (Korem) 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi, Mayor TNI Imam Syafii.

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus yang lebih dekat dengan panggilan HBA ini, dinilai pro rakyat. Pembangunan Jembatan pedestrian ini, merupakan ide HBA. Untuk menghidupkan jalur transportasi, Kecamatan Pelayangan, Kecamatan Danau teluk, dengan Kecamatan Kota Jambi. Dari ke terisoliran.

Gentala Arasy, sebuah menara setinggi 80 meter yang di dalamnya terdapat museum kebu dayaan Jambi. Museum tersebut berisi lebih dari 100 koleksi fakta peninggalan sejarah Jam bi masa lalu. Selain itu, ada juga fasilitas bioskop mini yang berisi bermacam tayangan buda ya di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini. Secara umum menara Gentala Arasy kuat dengan karakter Melayu dan Islamnya. Ini setidaknya terlihat dari arsitektur bangunannya.

Sebagai mana dikatakan HBA, kebaradaan jembatan dan Gentala Arasy ini juga akan diban tu promosinya oleh Kementerian Pariwisata, untuk meningkatkan potensi wisata Jambi. Jembatan pedestrian, berbentuk hurup liter “ S,” memiliki kontur meliuk, sehingga berbeda dengan jembatan pada umumnya. Tidak berlebihan jika jembatan ini disebut memiliki uns ur seni yang tinggi dan akan menjadi objek wisata yang menarik di kota Jambi.  

Diharapkan, dengan terciptanya wilayah Objek wisata ini, mampu untuk meningkatkan penghasilan Masyarakat Kecamatan Danau Teluk,yang terdiri dari Kelurahan/ Desa Ulu Gedong,  Kelurahan/Desa Olak Kemang, Kelurahan/Desa Tanjung Pasir, Kelurahan/Desa Tanjung Raden, Kelurahan/Desa Pasir Panjang, Kecamatan Pelayangan,terdiri dariKelura han ;  Kelurahan/Desa Arab Melayu, Kelura han/Desa Mudung Laut, Kelurahan/Desa Jelmu, Kelurahan/Desa Tengah, Kelurahan/Desa Tahtul Yaman,  Kelura han/Desa Tanjung Johor.

Dalam kunjungannya kali ini, Wapres dijadwalnkan akan meresmikan gentala Arasy yang berlo kasi di kampung Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi. Usai meresmikan Gentala Arasy dan jembatan pedestrian, Wapres melantik pengurus Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Prov insi Jambi, di Rumah dinas Gubernur Jambi. kedatangan JK akan didampingi istri tercinta, Mufi da Jusuf Kalla. Pada waktu yang bersamaan, ia akan berkunjung ke kantor Dekranasda Provinsi Jambi. Setelah itu, Mufida juga melantik pengurus pecinta anggrek indonesia untuk wilayah Provinsi Jambi. (Djohan)

Ikuti tulisan menarik Djohan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu