x

Mendagri Tjahjo Kumolo. TEMPO/Prima Mulia

Iklan

Agus Supriyatna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Rajinnya Mendagri, Makan Sop Kaki Pun Diinformasikan

Bagi para wartawan yang biasa meliput di Kementerian Dalam Negeri, memantau jadwal atau agenda kerja orang nomor satu di Kementerian itu mudah sekali.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi para wartawan yang biasa meliput di Kementerian Dalam Negeri, memantau jadwal atau agenda kerja orang nomor satu di Kementerian itu mudah sekali. Tak perlu nanya ke bagian humas atau protokol, jadwal kerja menteri dari hari per hari mudah di dapatkan. Dan, informasinya disampaikan langsung oleh Menteri Tjahjo. 

Biasanya, via layanan blackberry messenger (BBM), Tjahjo mengabarkan jadwal kerjanya dengan rinci. Informasi jadwal kerja kian mudah didapatkan, setelah Menteri Tjahjo bergabung jadi anggota grup BBM yang dibuat para wartawan yang biasa meliput di Kementerian Dalam Negeri. Maka lewat grup wartawan itulah, Menteri Tjahjo rajin menginformasikan kegiatannya. Melalui grup BBM itu pula, tanya jawab antara Menteri Tjahjo dengan para wartawan kerap dilakukan. Jadi tak perlu doorstop atau wawancara langsung. Ya, teknologi makin mempermudah kerja seseorang, termasuk wartawan. 
 
Contohnya, informasi jadwal kerja yang dikirimkan Tjahjo pada 14 September 2015. Di hari itu, dengan rinci Tjahjo menginformasikan kegiatannya dari jam ke jam. 
Pukul 08.00 Wib, Tjahjo mengabarkan ia akan hadir dalam apel bendera di kantor Litbang Kementerian Dalam Negeri di Jalan Kramat, Jakarta Pusat. Kemudian, pada pukul 10.00 Wib, Tjahjo menginformasikan dirinya bakal hadir di acara pengukuhan zona Integritas di kantor Kemendagri bersama Menpan, KPK, Ombudsman dan Kadin. Lalu, tengah harinya, pukul 12.00 Wib, Tjahjo menyampaikan ia akan menerima Gubernur Sumbar Jambi, dan Staaf Ahli Menteri. Dua jam setelah itu yakni pukul 14.00, Tjahjo meluncur ke Senayan, hadir dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR. 
 
Usai rapat, malam harinya, sekitar pukul 20.00 Wib, Tjahjo menginformasikan ia akan datang ke Sake Japan Jalan Senopati. Selanjutnya, pada pukul 22.00, di kediaman resmi Mendagri di Widya Chandra, Tjaho mengungkapkan ia akan menerima tamu dari Yogyakarta. Hanya tak dijelaskan, siapa tamu dari Yogyakarta tersebut. Apakah Pak Sultan atau siapa?  
 
Pada tanggal 15 September 2015, Tjahjo juga kembali menginformasikan kegiatannya. Katanya, pada pukul 11.30, dia akan makan sop kaki di sebuah rumah makan di daerah Kota. Pada pukul 13.30, Tjahjo memberitahu akan hadir memberi sambutan dalam acara pembukaan Munas II LIRA di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Selanjutnya pada sore hari, pukul 15.30, dia akan menghadap Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Dan pada pukul 16.30 Wib, katanya di akan menggelar konfrensi pers di kantor Pak Jusuf Kalla. 
 
Lalu pada petang harinya, pukul 17.00, Tjahjo menginformasikan, dirinya akan kedatangan tamu delegasi masyarakat, tokoh Papua dan tamu dari Bandung. Pada pukul 20.00, Tjahjo mengatakan, ia akan makan di Jalan Gondangdia. Selanjutnya, pada pukul 21.00, dia akan meluncur ke kawasan SCBD menyambangi kantor Bapak Iwan. Entah Pak Iwan siapa. 
 
Pada 16 September 2015, Tjahjo juga kembali mengirimkan pesan tentang jadwal kegiatannya di tanggal itu. Katanya, pukul 09.00 Wib, dia akan hadir di Rakornas Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Tjahjo juga menginformasikan, bahwa acara Rakor akan dihadiri pula oleh Menkopolhukam, Luhut Pandjaitan. Usai dari acara Rakor, Tjahjo mengabarkan, pada pukul 11.30 Wib, di akan hadir di diskusi ADEPSI yang juga digelar di Bidakara. 
 
Lalu, pada pukul 14.00, Tjahjo mengatakan ia akan ikut Rapat Kabinet bersama Presiden. Dan, pada pukul 15.30 Wib, ia masih di istana, karena mesti mengikuti Rapat Kabinet Terbatas II. Malam harinya, pukul 19.00 Wib, ia mengungkapkan akan mimpin rapat dengan Tim Ditjen Otda. 
 
Esok harinya, 17 September 2015, Tjahjo juga dengan rinci menginformasikan kegiatannya. Kata dia, pukul 09.30 Wib, ia akan hadir di acara penyampaian materi Pilkada pada Rapat Fraksi PDIP. Siang harinya, pukul 13.30, Tjahjo akan hadir di acara TOT Ditjen Desa bersama Menko PMK, Puan Maharani. 
 
Petang hari, pukul 17.00 Wib, Tjahjo menginformasikan, ia akan take off ke Batam dan bermalam di kota itu. Lalu, pada 18 September 2015, pukul 09.00 Wib, dia akan membuka cara RakorNas Camat di Ditjen Administrasi Kewilayahan yang digelar di Kepulauan Riau. Pulang ke Jakarta, pukul 11.30 Wib. 
 
Sampai di Jakarta, ia kembali harus bergegas ke Bandara. Pukul 17.30 Wib, katanya ia kembali mesti take off dari Jakarta ke Palu dan bermalam di Palu. 
 
Kemudian esok harinya, 19 September 2015, sekitar pukul 06.00 waktu setempat, Tjahjo mengabarkan akan melakukan perjalanan darat dari Palu menuju Parigi Montong. Di sana ia akan menghadiri acara Sail Tomini yang juga dihadiri Presiden. Usai menghadiri acara Sail Tomini, Tjahjo menginformasikan, ia pulang ke Palu lewat jalan darat. Pukul 16.00 Wib dari Palu, ia kembali terbang ke Jakarta. 
Tiba di Jakarta, pada pukul 20.00, Tjahjo mengungkapkan dirinya akan menghadiri undangan dari Wakil PM Malaysia di Hotel Ritz. Selanjutnya, pada 20 September 2015, sekitar pukul 10.00, ia akan menggelar pertemuan dengan Wakil PM Malaysia di Hotel Ritz. 
 
Demikian rajinnya Menteri Tjahjo yang mengabarkan kegiatannya dengan rinci. Sampai acara makan sop kaki pun, ia informasikan. 
 

Ikuti tulisan menarik Agus Supriyatna lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu