x

Iklan

Iwan Sumantri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Bisakah Guru Menulis Setiap Hari Sebelum Masuk Kelas?

Karena sesungguhnya kita para guru punya waktu lebih setelah proses KBM. Jadikan menulis adalah kebutuhan kita.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pertanyaan dari judul yang saya tuliskan di atas sebenarnya bukan untuk pembaca, tetapi untuk diri saya sendiri selaku guru matematika di suatu SMP  Negeri di kabupaten Sukabumi. Pertanyaan itu selalu muncul dalam diri saya.

Saya mencoba berkomitmen kepada diri sendiri, apakah bisa berkomitmen menulis setiap hari sebelum mengajar di kelas? Banyak tantangan dan hambatan amat berat tentunya. Bisa dibayangkan sekarang ini administrasi guru yang harus dipersiapkan hampir segudang dan menumpuk, mulai dari mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, membuat skenario pembelajaran, pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas, evaluasi hasil belajar,memeriksa hasil pekerjaan siswa, meremidial siswa dan aktiftas lainnya yang wajib dilakukan para guru.

Saat Mendapat Bingkisan setelah jadi nara sumber di #TWC 5

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menulis Setiap Hari Sebelum Masuk Kelas sebenarnya bisa dilakukan oleh semua guru, selama punya keinginan dan niat untuk menulis. Yang jadi masalah adalah kita sering kali tak mampu mengalahkan diri sendiri. Segudang dan seribu alasan kita ciptakan, dan pada akhirnya kita tak mampu menulis hari itu. Padahal banyak hal dan momen yang bisa kita tuliskan setiap hari, mulai dari kita berngkat ke sekolah, berdemontrasi,berkreasi,tanya jawab didepan peserta didik dan hal lainnya yang bisa kita jadikan tema atau obyek untuk menulis sampai kita kembali kerumah.  Ibarat berinteraksi dengan FB/Twitter/WA/Telegram yang kita sukai, kita bisa berekspresi dan berinteraksi serta membuat status, agar orang lain me-Like atau berkomentar.

Untuk mampu menulis setiap hari sebelum masuk kelas tentu ada caranya. Ada langkah yang mudah yang bisa kita lakukan, yaitu harus gemar dan lahap dalam membaca. Setelah itu kita lakukan maka kita akan banyak dan mempermudah kita menulis. Yang menjadi masalah adalah sejauhmana aktifitas membaca yang bisa kita lakukan dengan baik. Karena menulis dan membaca merupakan satu aktifits rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Dan perlu diingat bahwa orang yang suka membaca belum tentu bisa menulis, tapi orang yang suka menulis sudah pasti membaca.

Omjay seorang guru yang rajin menulis, pernah mengatakan menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Untuk bisa menulis kuncinya adalah harus rajin membaca. Aktifitas membaca untuk sementara ini bagi para guru masih menjadi aktifitas yang kerap diabaikan, aktifitasnya hanya masih sebatas menyuruh dan memberikan perintah kepada para peserta didiknya, belum optimal memberikan teladan dan menjadi figur untuk gemar membaca pada diri guru.

Aktiftas Pembelajaran di kelas bisa jadi tu;isan juga

Namun demikian, menulis seharusnya menjadi aktivitas rutin yang harus dilakukan oleh seorang guru. Dengan menulis ada banyak pesan yang bisa kita sampaikan pada orang yang ada disekitar kita.

Buat kita para guru yang sering kali disibukan dengan hal-hal yang bukan menjadi kewajiban kita, maka kebiasaan menulis setiap hari sebelum masuk kelas harus menjadi pilihan yang utama, apalagi di era sekarang ini, guru dituntut untuk bisa berkarya agar kelak bisa mulya dalam hidupnya.

Menulis setiap hari sebelum masuk kelas rasanya tidaklah susah. Pekerjaan menulis sebenarnya pekerjaan mudah dan mengasyikan, bahkan menurut saya sangat mudah. Menulis menjadi susah manakala kita tak sering melakukannya atau jarang melakukannya. Seperti halnya kita mengajar dikelas, kita akan mudah dan hapal bagaimana cara menyampaikan materi pada peserta didik. Demikian juga dengan kegiatan tulis-menulis. Menulis akan lancar bagaikan air mengalir manakala kita telah terbiasa dan membiasakan meulis setiap hari. Menulis bisa kita lakukan setiap hari sebelum masuk kelas, kapan saja dan dimana saja asalkan membuat diri kita bisa menikmati serta bisa berbagi kepada orang lain. Ketika kita selesai menulis akan menjadi kenikmatan tersendiri, apalagi jika tulisan kita postingkan melalui dunia maya di blog atau web/portal seperti indonesiana ini dan banyak yang berkomentar, sungguh sangat menyenangkan, sehingga terjadi interaksi dan komunikasi antara penulis dengan pembacanya.

Bagi guru yang belum terbiasa menulis, masih ada waktu, mulailah menulis saat ini dan biasakanlah menulis setiap hari. Kebiasaan menulis setiap hari tak akan merugikan kita, tapi sebaliknya akan memberikan kebahagiaan yang tak bisa diukur dengan materi. Karena tulisan kita itu sangat mahal harganya. Karena dengan tulisan, bisa merubah seseorang untuk berbuat dan berekspresi hasil dari membacanya.

Jadi, saatnya kita menjawab pertanyaan diatas “Bisakah Guru Menulis Setiap Hari sebelum Masuk Kelas? Karena sesungguhnya kita para guru punya waktu lebih setelah mengajar,mendidik,melatih dan mengevaluasi peserta didik kita ! Kenapa waktu itu tidak kita gunakan untuk menulis dan menulis setiap harinya !

#menulisituasyik

Ikuti tulisan menarik Iwan Sumantri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler