Ibadah Sosial ala HMI KOMPERTA sebagai Upaya Perkuat Ukhuwah - Analisis - www.indonesiana.id
x

Andik Setyawan (PB)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Ibadah Sosial ala HMI KOMPERTA sebagai Upaya Perkuat Ukhuwah

    Kunjungan ke kediaman pengurus untuk jalin sillaturahmi, dan bakti sosial sebagai ibadah

    Dibaca : 1.717 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jember – Puluhan kader HMI Cabang Jember, Komisariat Pertanian beserta calon kader dan simpatisan melaksanakan kegiatan kunjungan ke kediaman salah seorang pengurus komisariat sebagai sarana menyambung tali silaturahmi. Setelah kunjungan tersebut kegiatan dilanjutkan dengan ibadah sosial yang diwujudkan dalam bentuk ngetrip dan baksos dimana dalam kegiatan ini para peserta melakukan tadabur alam secara bersama-sama dan memebersihkan sampah di sekitaran sebuah lokasi wisata alam. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama dan tenggang rasa antar kader HMI.

    Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, (01/03/2016) dilakukan para kader HMI di dua tempat, yaitu di rumah afif, pengurus organisasi mahasiswa tersebut. Lokasi ini digunakan sebagai ajang silaturhami dan cheking ahir sebelum dilaksanakannya bakti sosial. Kemudian dilanjutkan ke salah satu lokasi wisata alam pancer yang berada di Desa Puger. Lokasi tersebut tidak jauh dari lokasi pertama yang hanya membutuhkan sekitar 15 menit perjalanan dari tempat pertama.

    Kegiatan yang tidak biasa dilakukan oleh kalangan ormek ini dilakukan sebagai salah satu upaya para pengurus HMI Komperta sebagai liburan kader, disamping itu kegitan ini juga ditunjukkan untuk kembali membangkitkan ukhuwah antar anggota HMI. Narji, kordintor lapangan pada acara tersebut mengatakan bahwa “Menanggapi kritikan dan saran yang kami dapat dari para anggota dan beberapa mahasiswa simpatisan, kegiatan yang HMI lakukan selama ini adalah cenderung bersifat formal dan kebanyakan diisi dengan diskusi. Sedangkan bagi para mahasiswa sekarang ini diskusi dan acara yang bersifat formal dipandang terlalu membosankan, menaggapi kritikan tersebut maka kami memutuskan untuk melaksanakan suatu kegiatan yang lebih variatif, salah satunya adalah kegiatan ngetrip n bakti sosial ini”. Kegiatan tersebut disambut baik oleh para peserta trip dan baksos yang hadir dalam acara tersebut. Menurut May, Kader baru HMI, “Kegiatan ini bagus sekali, karena disamping saya bisa melepaskan kejenuhan di kegiatan perkuliahan saya sehari-hari dengan liburan semacam ini saya juga bisa turut berbakti kepada alam meskipun hanya sekedar membersihkan sampah di area wisata tersebut”. Dia menambahkan “meskipun acara bagus ini tidak dapat dilakukan secara rutin dengan tempo yang singkat, namun saya berharap akan banyak lagi kegiatan sosial dan lebih vaiatif oleh para pengurus HMI Komperta.

    Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa kabid (ketua bidang,red) dari kepengurusan HMI ini berlangsung lancar. Hida, Sekum HMI Komperta yang juga hadir dalam acara tersebut saat ditemui mengatakan, “ Alhamdulillah, kegiatan yang telah kita gagas beberapa hari sebelumnya ini diberikan ridho oleh Allah SWT. Sehingga acara ini dapat berlangsung dengan sukses dan lancar mulai dari tahap persiapan dikomisariat, silaturahmi di rumah Afif sampai dengan baksos di pantai pancer. Selain itu, kesuksesan acara ini juga tidak terlepas dari semangat dan kerja sama antar semua peserta, baik dari pengurus maupun anggota HMI Komperta,” Pungkasnya (Andik S.).

    Ikuti tulisan menarik Andik Setyawan (PB) lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.